Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
549


Nggak terasa, akhir tahun sudah di depan mata. Beberapa dari kamu mungkin sudah cek daftar pencapaian tahun lalu dan berniat untuk bikin resolusi di tahun depan. Apakah itu benar?

Apakah kamu sudah punya resolusi dan mulai memikirkan visi, misi, dan hal-hal untuk bergerak maju dan mengalami pertumbuhan di tahun depan?

Sebelum kamu mengisi rencana kamu dan menulis impian, visi kamu maka ingatlah untuk menjalankan semuanya dengan memfilter melalui Firman Tuhan. Cek kembali dan doakan apakah  visi, impian dan kerinduan kamu itu adalah apa yang Allah kehendaki, dan apakah kamu sudah memandang Yesus sebagai teladan utama dalam membuat semua resolusi dan visi tersebut?

Sebelum melakukannya, cobalah untuk menjawab beberapa pertanyaan ini di dalam hati kamu dan memastikan apa yang sudah kamu tulis :

1. Apakah tujuan kamu bertentangan dengan Alkitab?

Tuhan nggak akan memimpin kamu untuk melawan FirmanNya. Jadi pikirkanlah setiap tujuan kamu dan jalankan sesuai dengan saringan FirmanNya.

Pikirkan, apakah tujuan kamu itu merugikan orang lain, mengambil keuntungan dari orang lain, menyakiti hati orang lain dan lain sebagainya maka pikirkanlah kembali.

Janganlah bertindak dengan cara yang tidak Alkitabiah. Serahkanlah tujuan kamu itu kepada Tuhan dan biarlah Dia yang mengerjakannya.

Berdirilah dengan teguh dalam batasan yang dibuat oleh Firman Allah.

2. Sudahkah kamu berdoa untuk tujuan kamu tersebut?

Kadang, setelah kita  menuliskan tujuan dan resolusi kita, kita menjadi lupa untuk mengkosultasikan dan berdoa kepada Tuhan. Kita melangkah sendiri, padahal betapa pentingnya kita membutuhkan Tuhan dalam mengarahkan jalan kita.

Jadi, setelah kamu menulis tujuan dan resolusi kamu tahun depan, baik itu tentang pekerjaan atau bisnis kamu maka bawalah itu kepada Tuhan di dalam doa. Berdoalah dan minta penyertaan Tuhan.

Bawalah terus menerus tujuan dan resolusi itu kepada Bapa. Percayalah bahwa Tuhan mampu dan berdaulat atas itu, dan jalanNya lebih hebat dari jalan kita sendiri.

Amsal 3:5 mengatakan, "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri."

3. Apakah kamu damai sejahtera atau justru merasa kacau ketika menetapkan tujuan tersebut?

Tahu nggak sih bahwa Tuhan adalah Allah yang penuh damai, keamanan dan kejelasan. Cara dan kehendakNya nggak pernah tersembunyi. Dia sudah memberikan Roh Kudus kepada kita sebagai  orang percaya, sehingga Roh Kudus memimpin, membimbing, dan mengajar kita.

Apakah kamu merasa damai sejahtera ketika menulis tujuanmu itu, atau justru kamu merasa cemas setiap kali kamu berjalan dan melangkah menuju tujuan tersebut. Jika demikian, maka luangkanlah waktumu untuk melihat kembali apakah tujuanmu itu adalah hal yang benar.

Perasaan kacau itu mungkin tanda-tanda tidak baik yang berasal dari Roh Kudus yang memimpin kamu.

1 Korintus 14:33, "Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera."

BACA JUGA : Menjadi Orang Yang Takut Akan Tuhan dan Berintegritas Dalam Dunia Pekerjaan. Ini Gunanya!

4. Siapakah yang akan mendapatkan kemuliaan jika kamu akhirnya mencapai tujuan tersebut?

Tujuan yang tercapai meruapakan sebuah kemenangan dan pantas di rayakan bukan? Nah, sebagai orang percaya, ketika kamu menulis resolusi, dan visi kamu di tahun depan, dan memikirkan kemenangannya, apakah itu untuk dirimu sendiri saja atau Tuhan?

Kita semua tentu menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi dan yang kita lakukan pasti melewati tangan Tuhan dan segalanya kita lakukan melalui kuasa ilahi-Nya bukan?

So, pikirkanlah apakah tujuan kita tersebut benar-benar memuliakan Tuhan pada akhirnya dan memberitakan kabar baik ke bangsa-bangsa atau tidak.

Mazmur 115:1, "Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu!"

Menetapkan sebuah tujuan dan menuliskan resolusi adalah hal yang baik, tapi perlu kita pikirkan apakah hal itu benar-benar untuk Tuhan atau hanya untuk diri sendiri. Jadi, selamat menentukan visi, resolusi dan impian kamu di tahun depan ya. Jangan lupa menjawab 4 pertanyaan di atas sebelum menulisnya. Semangat!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer

Evi 26 January 2020 - 06:57:18

Saya minta doa, akan operasi benjolan tiroid mingg.. more..

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7267

Banner solusi talks