Komunikasi Jadi Syarat Langgengnya Hubungan, Pastikan Kamu Punya 3 Hal Ini
Sumber: https://typeset-beta.imgix.net/elite-dai

Single / 14 August 2018

Kalangan Sendiri

Komunikasi Jadi Syarat Langgengnya Hubungan, Pastikan Kamu Punya 3 Hal Ini

Inta Official Writer
2124

"Untuk memulai sebuah hubungan, kamu perlu kesiapan, bukan karena kita kesepian, jangan cari pasangan sebagai pelarian," terang seorang teman saya. Pacaran merupakan hubungan yang serius sebelum akhirnya kita melangkah ke jenjang pernikahan.

Seperti yang kita tahu, komunikasi merupakan fondasi atau dasar dari setiap hubungan. Lewat komunikasi, kita bisa menjali kedekatan, juga bisa menjalin sebuah pertikaian. Itulah sebabnya penting buat kita untuk menjaga komunikasi yang sehat untuk menjaga hubungan kita dengan pasangan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengembangkan komunikasi yang sehat.

1. Selalu luangkan waktu untuk berkomunikasi

Mengenali pasangan membutuhkan waktu. Ada banyak pasangan yang gagal menjalani tahap pacaran karena kurangnya komunikasi yang mereka jalin. Mungkin baik kita atau pasangan punya kesibukan masing-masing. Namun, pastikan kita menjadwalkan waktu setiap harinya.

Menjadwalkan waktu tertentu untuk mengelola komunikasi bisa membangun sebuah hubungan menjadi semakin baik. Begitu pula saat kita punya sesuatu hal penting yang perlu dibicarakan. Cara ini dapat mencegah kesalahpahaman atau konflik berlangsung terlalu lama.

2. Utamakan hubungan

Kebanyakan dari kita berpikir kalau komunikasi yang baik terjalin saat kita membiarkan pasangan mengetahui apa yang kita pikirkan dan butuhkan. Padahal, banyak orang bercerita untuk dipahami, bukan hanya untuk didengar.

Belajar menjadi tempat yang nyaman sebagai pendengar maupun orang yang bercerita akan menguatkan hubungan kita dengan pasangan. Komunikasi yang seimbang antara menjadi pendengar dan pencerita menjadikan kita pribadi yang peka dan memberikan kenyamanan bagi orang lain. Dengan demikian, rasa percaya antara kita dan pasangan akan jadi lebih mudah untuk dibangun.

Baca juga: 

Meski Nampak Sepele, 4 Kebiasaan Ini Bikin Hubungan Kita Dengan Tuhan Menjauh, Lho

7 Cara Bangun Komunikasi Yang Dekat Dengan Anak. Terutama Anak Introvert!

3. Cari cara komunikasi terbaik bagi hubungan kita

Setiap orang tidaklah sama, sehingga kita pasti punya cara yang berbeda dalam berkomunikasi. Cara terbaik untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dalam hubungan harus dibangun adalah dengan bertanya dan mengetahui apa kebutuhan kita. Misalnya, kita menginginkan sebuah komunikasi yang lebih intense di pagi hari.

Ada mereka yang menyukai sebuah percakapan saat makan malam. Ada juga yang lebih suka diajak bicara dengan santai di ruang tamu. Untuk memahami cara ini memang perlu waktu. Namun saat kita mengetahui cara terbaiknya, komunikasi yang produktif bersama pasangan akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Melalui sebuah komunikasi, kita menyadari keadaan pasangan kita. Keinginan kita untuk menyampaikan keinginan sekaligus mengetahui keinginan orang lain merupakan seni dari komunikasi yang sehat itu sendiri.

Ingatkan pada diri sendiri kalau pasangan tidak bisa membaca pikiran kita, sehingga jangan pernah berharap kalau ia akan memahami kita tanpa mengutarakannya.  Lancarnya komunikasi merupakan syarat dari langgengnya sebuah hubungan. Kebiasaan berkomukasi dengan sehat harus kita jadikan prioritas bersama pasangan.

BACA JUGA : 

Biar Nggak Terdengar Ngomel, Yuk Komunikasikan Keinginan Pada Pasangan Lewat 4 Jurus Ini

Selain Komunikasi, Cara Ini Terbukti Selamatkan Pernikahan dari Kehancuran Loh!

Sumber : elitedaily
Halaman :
1

Ikuti Kami