Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
28661


Pengumuman dan pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 baru saja dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presden Ma'ruf Amin pada Rabu (23/10/2019) pagi ini. Ada wajah-wajah baru dan muda menduduki formasi para menteri pilihan Jokowi, namun ada juga yang bertahan dari kabinet sebelumnya. Diantara banyak menteri itu, ada lima orang yang beragama Kristen dan Katolik.

Mau tahu siapa saja mereka? Yuk kita lihat sosok mereka ini.

1. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Sepak terjang Luhut di pemerintahan bukanlah hal baru. Ia pernah menjadi menteri pada pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid, ia juga pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura.

Pada pemerintahan Presiden Jokowi periode lalu, Luhut sempat menjadi Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, kemudian ia ditunduk menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, dan pada Juli 2016 ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Jabatan ini tetap ia pegang di Kabinet Indonesia Maju ini.

Dalam biografinya yang dirilis oleh Merdeka.com dituliskan bahwa suami dari Devi boru Simatupang ini beragama Kristen. Luhut dan Devi dikaruniai empat orang anak, mereka adalah Paulina, David, Paulus dan Karri.

2.  Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly

Putra daerah Nias beragama Kristen Protestan, Yasonna Laoly kembali ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menkumham, melanjutkan tugas yang ia emban sebelumnya di Kabinet Kerja.

Laoly memulai karirnya sebagai pengacara di tahun 1978, kemudian ia pernah menjadi pembantu dekan di Fakultas Hukum Universitas HKBP Nommansen di tahun 1980-1983, hingga kemudian menjadi dekan di universitas yang sama. Hingga saat ini ia masih aktif menjadi dosen.

Di bidang politik, ia menjadi kader dari PDI Perjuangan. Selama ia menjabat sebagai Menteri Hukum dan Ham banyak tantangan yang dihadapinya, terutama terjadinya beberapa kerusuhan di beberapa lembaga pemasyarakatan, peredaran narkoba di balik penjara dan juga adanya lapas mewah yang dihuni para koruptor.

Salah satu kontroversi di akhir jabatannya adalah saat DPR RI mensahkan UU KPK dimana Yasonna Laoly mewakili pemerintah. Ia resmi mengundukan diri pada 1 Oktober 2019 lalu untuk menjadi anggota DPR periode 2019-2024. Namun kemudian Presiden Jokowi memanggilnya kembali untuk meneruskan jabatannya di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

3. Menteri Kesehatan Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)

Dokter militer yang dikenal karena terobosan pengobatan stroke melalui metode cuci otak ini, dr. Terawan kini ditunjuk oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Kesehatan. Menurut laman Keuskupanbogor.org, dr.Terawan yang memimpin RSPAD Gatot Subroto ini suka berdoa di kapel rumah sakit.

Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini sempat ditentang oleh Ikatan Dokter Indooonesia (IDI) bahkan diberikan saksi pemecatan dari organisasi tersebut karena dianggap melanggar kode etik, namun pemecatan ini ditunda setelah ada mediasi antara IDI, Kemenristek, Kemenkes dan dr.Terawan.

Sosok yang dikenal suka menyanyi ini adalah suami dari Ester Dahlia dan dikarunia seorang putra bernama Abraham Apriliawan.

4.  Menteri Sosial Juliari Batubara

Pria berdarah Batak ini pada pemilu 2019 lalu terpilih menjadi anggota DPR RI dari dapil Jawa Tengah I mewakil PDI Perjuangan. Walau demikian, saat mendapatkan panggilan dari Presiden Jokowi ia meresponinya dengan sigap dan langsung datang ke Istana Negara pada Senin (21/10/19) lalu.

Juliari ditunjuk untuk menjadi Menteri Sosial, dan menyatakan bahwa saat bertemu Jokowi ditugasi untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia dan juga respon cepat jika terjadi bencana alam. Menurut profil yang dirilis oleh laman DPR.go.id, Juliari beragama Kristen.

5. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate

Johnny G. Plate adalah politikus asal Partai Nasional Demokrat asal Nusa Tenggara Timur. Pria kelahiran Ruteng ini ditunjuk Jokowi untuk menjadi Menkominfo di Kabinet Indonesia Maju.

Suami dari Maria Ana ini pada periode 2014-2019 lalu merupakan anggota DPR RI yang duduk di Komisi XI membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan.

Johny yang merupakan lulusan Universitas Katolik Atma Jaya ini memulai karir dengan menjadi penguasaha alat-alat pertanian. Ia kemudian bersama rekan-rekannya mengembangkan usaha ke dunia penerbangan dan membawanya menduduki posisi sebagai komisari Indonesia Air Asia. Pria ini juga pernah menjadi aktivis di Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) yang membuatnya tertarik untuk terjun ke dunia politik.

Itulah 5 orang menteri yang beragama Kristen dan Katolik di Kabinet Indonesia Maju 2019-2024. Yuk kita dukung mereka, bahkan semua menteri yang ada tak pandang latar belakang suku atau agamanya. Doakan agar mereka diberikan hikmat dan kekuatan dalam mengemban tugas agar Indonesia menjadi semakin makmur dan maju.  

Baca juga : 

Ada Panggilan Dari Istana Untukmu, Apakah Kamu Mau Menerimanya?

Luhut Binsar Pandjaitan: Saya Tidak Salah Pilih Pacar Yang Akhirnya Jadi Istri!

Pesan Paskah Menkumham Yasonna Laoly Semangati Anak Muda, Ini Katanya

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Angelika Yenny 20 November 2019 - 20:45:53

Bagaimana kita memperkenalka n adanya aneka pelaya.. more..

0 Answer

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3