Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
617


Para pasangan muda mungkin berencana untuk punya satu rekening bank keuangan?

Dari beberapa alasan, kalian mungkin berpikiran kalau setelah menikah wajar bagi suami istri untuk mengelola keuangan bersama tanpa harus memisah-misahkan keuangan istri dan suami.

Namun terlepas dari alasan apapun yang pasangan ambil dalam hal mengelola keuangan, menyatukan rekening bank bisa saja sangat cocok dengan kalian tapi belum tentu cocok dengan pasangan lainnya.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian saat suami istri memutuskan untuk punya satu rekening bank.

Keuntungan Punya Satu Akun Bank

#1 Lebih fleksibel

Punya satu akun bank dengan pasangan membantu kalian untuk mengakses uang secara fleksible, khususnya saat dalam keadaan genting.

Kalaupun bank hanya menyediakan satu ATM saja, pasangan bisa saja mengaksesnya satu akun baik melalui mobile banking dan internet banking.

Tentunya dengan akses ini, bukan berarti pasangan bisa sembarangan menggunakan uang bersama. Karena itu dibutuhkan kesepakatan soal tujuan penggunaan uang. Misalnya, berapa banyak uang yang harus dipakai untuk makan atau belanja dan sebagainya.

#2 Membantu pasangan jika terjadi sesuatu

Punya satu akun bank bersama memungkinkan pasangan menikah terhindar dari masalah-masalah tak terduga. Misalnya, saat pasangan mendadak meninggal atau menghadapi masalah, suami atau istri bisa lebih cepat bertindak jika hal itu diperhadapkan dengan keuangan.

#3 Mempermudah pengontrolan keuangan

Salah satu keuntungan utama punya satu rekening bank dengan pasangan adalah untuk menghindari pengeluaran-pengeluaran yang gak terduga. Dengan satu rekening bersama akan memudahkan suami istri untuk mengontrol atau bahkan mengecek secara berkala uang yang mereka keluarkan setiap harinya.

Baca Juga:

Menikah Itu Tantangan, Biar Tetap Akur Suami Istri Perlu Miliki Hal Ini

Sebelum Alokasikan Uang Untuk yang Lain, Prioritaskan Dulu 5 Hal Ini Buat Keluarga

Kerugian Punya Satu Akun Bank

#1 Kehilangan kebebasan

Sebagian pasangan yang menerapkan pola ini justru merasa gak punya kebebasan sendiri dalam memakai uang. Kesepakatan mengikat pasangan untuk tidak bisa sembarangan menggunakan uang, kecuali harus mengkonfirmasikannya lebih dulu kepada pasangan. Dan saat pasangan gak memberikan ijin untuk memenuhi keinginannya, saat itulah masalahnya muncul.

#2 Kemungkinan dirugikan secara sepihak

Kerugian lain punya satu akun bank dengan pasangan adalah kemungkinan dirugikan secara sepihak. Hal ini bisa terjadi kalau-kalau suami istri sedang konflik dan pasangan memutuskan untuk menarik semua isi dalam rekening dan menutupnya.

Tentu saja kondisi ini cukup fatal.

#3 Harus berhadapan dengan hukum

Dalam kasus perceraian, punya satu akun rekening bank membuat pasangan kesulitan dalam mendapatkan haknya secara langsung, kecuali melalui proses hukum. Keduanya tentu saja harus sepakat untuk membagi rata keuangan yang ada sebagai tanggung jawab seorang suami kepada istri.

Tentu saja kita gak berharap hal-hal yang gak baik terjadi dalam pernikahan kita bukan? Karena itu apapun yang kalian putuskan dalam hal pengelolaan keuangan kalian, pikirkanlah baik-baik dan yang terpenting pupuklah lebih dulu kepercayaan masing-masing dalam pengelolaan keuangan rumah tangga.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Vyani via 28 March 2020 - 19:15:35

Apa bunyi dari hukum permintaan

0 Answer

Exel Erlely 28 March 2020 - 16:17:04

Makna mati muda

0 Answer

Lulu Alwafiyah 27 March 2020 - 20:37:27

Lurah Susan ditolak

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3