Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
651


Pada setiap agama atau kepercayaan, terdapat para martir yang rela mati demi mempertahankan kebenaran atau iman yang diyakininya. Kali ini, bersama dengan Senior Pastor GKPB MCD Lippo Cikarang, Thomas Endang, kita ungkap tuntas yuk soal martir ini.

Dalam Alkitab, kita kenal beberapa orang yang dikenal sebagai martir. Diantaranya adalah Habel, Ahimalek bin Ahitub, Zakharia bin Yoyada dan lainnya.

Pengertian martir

Menurut KBBI, martir merupakan orang yang rela menderita atau mati daripada menyerah karena mempertahankan agama atau kepercayaannya. Singkatnya, Pastor Thomas menjelaskan kalau martir berarti orang itu berani mati dalam memperjuangkan kebenaran, dalam hal ini, yaitu agama.

Pastor Thomas mengungkapkan kalau semua orang itu punya agama. "Bahkan kalau dikatakan saya tidak punya agama, tapi sedikitnya kan dia punya kepercayaan," terangnya.

Menjadi martir, apakah itu sebuah panggilan, atau pilihan?

Pastor Thomas berpendapat kalau martir itu bukanlah pilihan atau panggilan. "Kalau saya bilang panggilan atau pilihan itu bukan, tuh. Apalagi kita sebagai orang Kristen," jelasnya.

Mengutip dari Matius 5:10-12, "Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu."

Kita merupakan martir itu sendiri dan sikap kita seharusnya

Kita pasti sering berpikir kalau martir merupakan kematian. Kita harus rela bersusah-susah agar bisa menjadi martir. Padahal, Pastor Thomas mengingatkan kita kalau hari ini pun kita kaan mengalami kebahagiaan. "Kenapa? karene kita punya iman di dalam Yesus Kristus."

Martir berarti kita hidup di dalam kebenaran, seperti yang sudah diajarkan oleh Yesus Kristus. Jadi, kalau suatu waktu kita dipaksa untuk menyelewengkan kebenaran, maka mati pun kita mau.

Ketika sudah berpikir soal hal itu, maka ini bukan lagi soal pilihan atau panggilan. Tetapi inilah seharusnya bagaimana kita hidup. matius 10:33, "Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga."

Menjadi seorang Kristen seharusnya membuat kita mengetahui kalau mungkin kita akan dikatakan yang jelek-jelek atau dihina. Menjadi pengikut Kristus berarti kita harus bisa memikul salib. Karenanya, selama kita memegang kebenaran dan menghidupinya, maka kita merupakan martir itu sendiri.

Buat mereka yang berani, Pastor Thomas mengatakan, kalau kita sudah ditentukan untuk menjadi orang yang berbahagia kalau kita berani.

Dan mereka yang ditentukanNya dari semuka, mereka itu juga dipanggilNya. Mereka yang dipanggilNya, mereka itu juga dibernarkanNya. Mereka yang dibenarkanNya, mereka itu juga dimuliakanNya.

Kalau kamu mau nonton video lengkapnya, yuk klik gambar di atas. 

 

 

 

Sumber : JC CHANNEL


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Buyung Mahyuddin 27 February 2020 - 23:32:48

What did Astuti mother buy

0 Answer

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7267

Banner Mitra Februari 2020 (3)