Naomii Simbolon

Official Writer
1290


Membangun pertemanan itu sangatlah menyenangkan apalagi kalau kamu dan dia sama-sama tulus  tanpa syarat dan tanpa ketentuan. 

Namun, harus diakui bahwa kita sering membuat penilaian keliru. Orang yang selama ini kamu anggap sebagai teman baik malah menjadi orang yang selalu membuatmu berjalan di tempat.

Seperti racun gitu, padangan yang dia miliki sangat mempengaruhimu dan membuatmu nggak bisa menjadi orang yang lebih baik.

Anehnya, meski begitu kamu masih aja tetap berteman dengan mereka.

Tau nggak sih kalau ciri-ciri orang seperti itu sekilas sangat terlihat baik dan ideal, mereka akan menunjukkan wajah yang manis kepadamu, mereka juga akan berusaha ada bersamamu, bermain game, bercerita, jalan bersama dan menjadi sahabat serta keluarga.

Tapi tungguh dulu deh, jangan-jangan bukan dia yang seperti itu, apakah itu kamu? Yuk, silahkan cek disini dan berubah pelan-pelan ya!

1. Kamu nggak tahu gimana caranya lepas dari temanmu yang satu ini. Sudah ketergantungan kali ya!

Nggak cuma hubungan saja yang ketergantungan, tapi hubungan pertemanan juga loh.

Kadang ketika kita sudah bersahabat dengan seseorang, kemudian temanmu itu memutuskan pindah kosan, dan kamu tidak setuju. Bahkan kemana pun dia pergi, kamu tetap ikut.

Loh, kamu kan harus menjalani hidup, ngapain ikut-ikutan dia atau memaksakan dia untuk mengikuti kamu?

Tahu nggak sih kalau dia hanya teman saja, mereka nggak seharusnya mendefenisikan kamu seperti ini, hanya Tuhan yang ber-hak. Jadi lepaskan saja mereka dan biarkan mereka melanjutkan hubungan mereka tanpa kamu disisinya, dan berikan dia kesempatan untuk membangun pertemanan baru diluaran sana.

Toh kalian masih bisa komunikasi dan ketemuan meski tidak sesering makan es krim sebelum tidur seperti biasa yang kalian lakukan kan?

2. Kamu memiliki ambisi yang tinggi dan selalu ingin menang

Seperti yang kita tahu bahwa persahabatan itu seperti jalan dua arah. Tapi ketika satu orang mencoba untuk mengalahkan dan bersaing, maka itu bukan lagi sebuah persahabatan, itu seperti permainan basket di SMA.

Sebagai sahabat bersaing bisa saja, tapi jangan sampai menjatuhkan sahabatmu sendiri, karena itu benar-benar buruk dan tidak baik buat hubungan kalian. Justru saling mendukung kan satu sama lain.

3. Kamu selalu memberitahukan kebenaran yang membuatnya terluka

Ini salah satu ciri-cirinya. Orang yang toxic dalam pertemanan hanya akan melakukan hal seperti ini. Tidak masalah sih jika kamu mengatakan sesuatu yang benar, tapi kamu harus tau kapan harus mengatakannya kan?

Jangan memberitahukan kejujuran yang hanya membuatnya terluka, jika itu harus diucapkan, maka pilihkan kata-kata yang tepat dan waktu yang pas.

Karena terlalu jujur alias blak-blakan pun hanya akan membuat orang lain terluka.

BACA JUGA  : Menjadi Pria Kristen Yang Berkualitas Itu Nggak Cukup Modal Tampang, Tapi 4 Hal Ini!

4. Kamu tidak mau mengampuni, dan memaksa mereka minta maaf duluan

Sebagai manusia, kita memiliki karunia belajar yang sulit untuk dilalui melalui kegembiraan, dan kekacauan hidup ini.

Sering kali, ketika kita berantem dengan teman kita, kita nggak minta maaf malah membenarkan diri dan menyalahkan teman kita, atau kita pergi gitu saja dan memperluas permasalahan.

Keengganan kita melepaskan pengampunan akhirnya membuat hubungan kamu menjadi rusak dan teman kamu menjadi serba salah dan lelah.

Jadi, berlatihlah untuk melepaskan pengampunan, sehingga persahabatan tidak bergantung padamu. Kasihan temanmu jika harus menunduk mengharapkan pengampunanmu.

5. Kamu tidak memberikan orang lain dan dirimu sendiri ruang untuk bertumbuh dan berubah

Sanking klopnya kalian, sampai tak memberi ruang untuk bertumbuh dan berubah. Kalian sama-sama melakukan hal yang sama setiap hari dan selama bertahun-tahun.

Sebaiknya, berikanlah ruang buat dirimu sendiri untuk bertumbuh dan merenungkan diri. Berikan juga ruang buat sahabatmu dan jangan hanya kalian doang yang duduk bersama, nongkrong bersama dan lain sebagainya.

Jadi, itulah 5 hal harus kamu selidiki dari dirimu juga orang lain. Pastikan apakah kalian baik-baik saja, atau bagaimana? Belajarlah berubah dan bangunlah pertemanan yang sehat!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2