Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
506


Menjadi seorang cowok biasa dengan gaya rata-rata itu sih mudah, tapi kalau kamu ingin menjadi pria yang lebih disegani dan berkelas, dan hidup dalam takut akan Tuhan, tentunya harus ada kualitas-kualitas tertentu yang wajib kamu miliki.

Apalagi kamu kan orang Kristen dan pengikut Yesus. Kualitas-kualias yang kamu miliki nggak boleh sembarangan kualitas, dan tentunya harus berbeda dari orang lain.

Bagi beberapa pria sih apalagi sudah akrab dengan pergaulan dunia, ini adalah hal yang sangat ribet untuk dilakukan dan dimengerti, tapi percayalah bahwa menjadi pria nggak cukup hanya tampan dan kerja keras kemudian memiliki banyak uang untuk membiayai calon pasangan nanti, menjadi pria itu nggak cukup dengan kata manis yang bisa meluluhkan hati kekasihnya. Sama sekali nggak.

Nah, untuk memiliki kualitas di atas rata-rata itu sebenarnya gampang, Kita cukup mengadopsi sifat alami Yesus. Apa saja sih sifat alaminya Yesus? Ada yang tahu? Yap, kasih dan kasih itu ada di 1 Korintus 13.

Saya tidak memaksa untuk kita melakukan itu semua sekaligus, tapi setidaknya, cobalah adopsi salah satu seperti kelemahlembutan.

Yesus adalah Allah yang super lemah dan lembut. Ini adalah hal yang harus kita ikuti dengan baik. Nih, beberapa bukti dimana Yesus benar-benar Allah yang lembut sekali, dan tirulah caraNya ini!

1. Sekalipun kita penuh dosa dan meninggalkanNya, Dia tetap peduli dan menyambut kedatangan kita.

"Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia." (Lukas 15:20)

Sebagai manusia, disenggol dikit sama orang lain saja, kita bakalan marah banget dan langsung membalasnya.

Coba bayangkan bagaimana perasaan Yesus? Kita yang nakal, bandel, egois tapi Dia tetap saja mengasihi kita.

Sebelum saya lanjut, saya mau jelasin bahwa ayat di atas adalah perumpaan tentang anak yang hilang. Pernah dengar tentang itu kan?

Dan dalam kehidupan ini, kita pun kadang-kadang suka menghilang dari Tuhan. Setelah diberkati, kita hilang. Egois, jarang ke gereja, pergi ke diskotik, merokok dan lain sebagainya. Tapi, pas kita datang kembali, Tuhan tetap menyambut, Coba kalau kita melakukan hal itu kepada orangtua kita. Mungkin kita tidak disambut dengan pelukan, melainkan dengan makian dan kebencian.

Lihat, bapak yang di ayat tersebut meraih sifat-sifat Yesus yang penuh kasih, murah hati, tidak mudah marah lembut dan memeluknya langsung. Betapa indahnya ya.

Inilah yang harus kita adopsi dan memperlakukan sahabat, teman, musuh, adik dan pacar kita dengan lemah lembut dan penuh kasih.

2. Kelemahlembutan Tuhan sangat kontras dengan harapan budaya yang dibangun manusia

"Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda." (Matius 21:5)

Seperti yang sudah diramalkan sebelumnya oleh Yesaya dan Zakharia, Yesus datang ke Yerusalem dengan seekor keledai. Dia tidak menaiki kuda jantan atau kereta kuda yang mewah, yang cocok untuk seorang Raja.

Sebaliknya, ia justru memasuki Yerusalem dengan kerendahan hatinya, dan dengan cara yang sama dimana Dia memasuki dunia.

Inilah yang seharusnya kita lakukan. Kita tak perlu menyombongkan kekuatan yang ada pada kita, justru ketika kita merendahkan diri dan hati kita, disanalah Tuhan akan mengangkat kita.

Biarlah kita tetap rendah hati dengan apa yang kita punya. Jangan sesekali kita menyombongkan diri.

BACA JUGA  : Apakah Seorang LGBT Bisa Disebut Sebagai Orang Kristen Dan Masuk Ke Dalam Kerajaan Sorga?


3. Dia sangat peka dengan kesedihan kita, bahkan Dia sangat tersentuh dan kasihnya besar sekali atas kita.

"Dan Lazarus yang sakit itu adalah saudaranya. Kedua perempuan itu mengirim kabar kepada Yesus: "Tuhan, dia yang Engkau kasihi, sakit." (Yohanes 11:3)

Tentu, Maria dan Marta sudah melihat Yesus melalu banyak mukjizat sehingga iman mereka semakin bertumbuh dan semakin yakin untuk melakukan hal yang lain.

Akhirnya, dia datang menemui Yesus menceritakan bagaimana Lazarus jatuh sakit, dan tidak lama kemudian, Lazarus meninggal.

Maria dan Marta benar-benar hilang harapan, hingga akhirnya Yesus kembali dan melakukan mukjizat kepada Lazarus, yaitu membangkitkannya dari kematian.

Sebenarnya Tuhan itu sangat peka terhadap masalah kita. Ketika kita sakit, dan terluka, Dia sangat mengerti, masalahnya kita tidak penu iman mempercayainya. Kita mungkin memohon dan memanggilNya tapi kita tidak sepenuhnya percaya atas kesembuhan dariNya.

Inilah yang juga harus kita lakukan, bagaimana kita mulai peka dengan orang lain, memperhatikan dan berdoa bagi mereka.

4. Dia nggak pernah berubah sekalipun dia menderita

"Ketika Yesus melihat ibu-Nya dan murid yang dikasihi-Nya di sampingnya, berkatalah Ia kepada ibu-Nya: "Ibu, inilah, anakmu!" Kemudian kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Inilah ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu menerima dia di dalam rumahnya." (Yesaya 19:26-27)

Ketika kita menderita dan banyak masalah, kita akan menjadi orang yang super sensitif. Dimarahin sedikit, kita bisa marah balik, disinggung sedikit, kita cenderung mewek dan mengasihani diri sendiri.Kita yang tadinya lemah lembut, kini berubah menjadi orang yang berbeda.

Sementara Yesus, Dia tergantung di salib tapi Dia tidak pernah berubah. Dia tetap berpikir dengan positif dan tanpa pamrih kepada orang lain. Sekalipun penderitaanNya sangat parah, dan menyiksa banget, Dia tetap tidak berubah, Dia tetap lemah dan lembut.

Meskipun Dia ditelanjangi dan kehausan di kayu salib, Dia tetap memikirkan ibunya dan mendoakan orang yang menyakitinya.

Bukannya ini keren banget untuk di adopsi? Manis banget kan?

Menjadi pria atau mungkin menjadi wanita yang berkualitas itu nggak mudah, tapi setidaknya dengan menerapkan sifat alami Yesus yang lemah lembut ini, kita naik satu tingkat untuk terus bertumbuh. Bukan begitu?

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7262

Banner Mitra Desember week 2