Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
590


Pada tahun 2019 ini, salah satu minuman yang menjadi tren di beberapa negara Asia dan bahkan Amerika adalah buba tea atau bubble tea. Diperkirakan hingga 2025 nanti, bisnis bubble tea atau teh dengan berbagai perisai dengan isi tapioko berbentuk bulat-bulat  ini akan masih terus naik.

Bubble tea sendiri sebenarnya asalnya dari Taiwan dan muncul di tahun 1980an, lalu menyebar di berbagai negara Asia-Pasifik. Awalnya bubble tea hanyalah the hitam atau the hijau yang dicampur dengan susu, gula dengan bulatan-bulatan tapioca yang disajikan dengan es.

Dalam perkembangannya, muncul berbagai nama untuk the ini, mulai dari pearl milk tea, bubble milk tea, boba juice, boba tea atau bubble tea saja. Saat inipun topingnya bukan hanya bulat-bulatan tapioca, namun muncul bermacam-macam, mulai dari rumput laut atau agar-agar, pudding, cingcau, dan bahan-bahan lainnya.

Namun pertanyaannya, apakah bubble tea ini baik buat kesehatan kita, kan menggunakan teh?

Nah, untuk menjawab bertanyaan di atas, yuk kita baca sama-sama penelusuran Jawaban.com ini:

1# Teh ditambah gula berbahaya

Penambahan gula pada teh memang tidak membuat manfaat teh menjadi hilang, namun dampak dari gula itu sendiri bisa membahayakan tubuh manusia. Menurut Robert Lustig, seorang dokter dari Amerika menyatakan bahwa gula memiliki dampak adiktif sama seperti tembakau dan alcohol.

Gula sendiri menjadi sumber masalah obesitas dan juga diabetes yang menjadi epidemic di masa kini. Penelitian menyatakan bahwa gula yang kita konsumsi akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang membuat tubuh melepaskan insulin, hormone yang menyeimbangkan tingkat glukosa dalam darah. Jika kita mengkonsumsi gula dalam jumlah banyak dan sering, maka insulin yang dilepaskan dalam tubuh juga banyak, menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah.

Semakin banyak kita mengkonsumsi gula, maka lama-lama tubuh menjadi resisten terhadap insulin, inilah yang menyebabkan orang mengalami diabetes. Saat ini para peneliti menyimpulkan hal inilah yang menyebabkan ledakan jumlah penderita diabetes tipe 2  secara global.

2# Teh ditambah susu menghilangkan manfaat kesehatan dari teh

Teh bisa memberikan manfaat untuk kesehatan seperti mencegah serangan jantung, atau kanker. Namun berdasarkan sebuah riset di Jerman, menambahkan susu ke dalam teh akan mengungrangi atau bahkan menghilangkan manfaat tersebut.

“Karena susu tampaknya memodifikasi aktivitas biologis bahan-bahan the, kemungkinan efek anti-tumor pada teh juga terdampak,” demikian ungkap Verena Stangl, seorang profesor kardiology di Charite Hospital, Berlin.

Menegaskan hal ini, seorang ahli biologi molecular, Mario Lorenz menyatakan bahwa penambahan susu menghilangkan dampak biologi pada teh. Hal ini memperjelas mengapa di Inggris, sekalipun banyak yang minum teh, namun tidak terlindungi dari serangan penyakit jantung.

Jadi jika kita kembali kepada bubble tea atau buba tea, selain kandungan perisai dan gula yang tinggi, ditambah dengan susu, maka manfaat kesehatan teh sama sekali tidak ada pada minuman ini.

3# Bubble atau buba terbuat dari tapioko yang adalah karbo

Bubble, buba atau mutiara pada minuman bubble tea terbuat dari tapioka yang bahan dasarnya adalah singkong. Jadi kita bisa lihat bahwa bubble yang berbahan dasar singkong merupakan sumber karbohidrat yang tinggi, tidak memiliki banyak serat dan lebih cepat dicerna dan diserap tubuh. Pada akhirnya hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan berat badan.

Nah, melihat 3 dampak negatif bubble tea di atas maka akan lebih baik kamu mengurangi bahkan kalau bisa menghindari mengkonsumsinya lagi ya. Untuk memastikan kamu mendapatkan maksimal dari teh yang bisa menghindarkan kamu dari berbagai penyakit, maka pastikan minum teh tanpa tambahan apapun.

Beberapa manfaat yang kamu bisa dapat dari teh, diantaranya adalah : mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, menambah asupan anti-oksidan pada tubuh, membantu menurunkan berat badan, menguatkan tulang-tulang karena teh mengandung kalsium lebih banyak dari susu, selain juga mengandung zat besi, vitamin A dan K.

Nah, setelah kamu tahu manfaatnya di atas, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengkonsumsi teh dengan benar? Memang teh tanpa gula itu rasanya sedikit pahit, tapi kita harus ingat bahwa manfaatnya manis bagi tubuh kita ya. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3