Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
728


Beberapa hari lalu, seorang teman mengirim pesan singkat di sekitar jam 1 pagi, karena saya sudah tidur, tentu saja saya baru jawab setelah bangun. Saya tanya mengapa sudah lewat tengah malam masih menghubungi saya, dan dia jawab karena dia tidak bisa tidur. 

Apakah hal ini juga sering kamu alami, sulit tidur dengan berbagai pikiran yang muncul dan membuatmu lelah, dan bahkan merasa kuatir akan suatu hal? 

Kamu tidak sendiri kok, ada banyak orang mengalaminya. Seringkali banyak orang tidak bisa tidur karena sedang menghadapi masalah dan banyak kekuatiran yang membebani hati dan pikirannya. 

"Apa hubunganku dengan pacarku akan berujung kepada pernikahan ya?"

"Kenapa hubungan papa dan mama tidak membaik juga sih, sampai kapan mereka akan terus cekcok?"

"Kenapa kerjaan impianku belum kudapat juga ya?"

Masih banyak lagi pemikiran dan kuatir yang menyebabkan kita tidak bisa tidur, mungkin tentang orangtuamu, kebutuhan keuangan, hubungan cinta, atau bahkan karir atau studimu. Namun dalam kondisi yang sulit itu, marilah kita lakukan nasihat dari Rasul Petrus ini:

"Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu." 1 Petrus 5:7

Berserah pada Tuhan

Kebanyakan orang yang mengalami kekuatiran bahkan hingga kepada stress dan depresi, terjadi karena mereka mengandalkan kekuatan mereka sendiri dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya. 

Saat kita fokus kepada besarnya masalah dan melihat kepada diri sendiri, pasti kita akan menyadari betapa lemah dan tidak mampunya kita untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sedihnya lagi, secara alami respon kita sebagai manusia saat menghadapi masalah adalah mencoba menyelesaikannya sendiri, dengan cara dan kemampuan kita. 

Padahal respon kita seharusnya datang pada Tuhan. Dia bukanlah solusi terakhir ketika semua cara yang kita sudah coba telah gagal. Tuhan seharusnya adalah solusi pertama dan utama saat menghadapi masalah. 

Baca juga:
Obat Ampuh Pengusir Kekuatiran

Billy Graham: Serahkanlah Segala Kekuatiranmu Hanya Kepada Tuhan

Dalam Amsal 3:5-8 dituliskan:

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

Berserah dan mengandalkan Tuhan bukan hanya akan menolong kita mengatasi masalah, namun juga akan menyembuhkan tubuh kita dan menyegarkan tulang-tulang kita. Sebab jika kita dikuasai kekuatiran, hingga stress dan depresi, kesehatan kita pun akan menurun. Namun jika kita dipenuhi dengan iman dan sikap positif, pasti tubuh kita pun akan sehat. 

Apa yang harus dilakukan saat kekuatiran menyerang?

1# Berdoa 

Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. ~ Matius 11:28

Yesus menjanjikan kelegaan kepada setiap kita yang mau datang kepada-Nya, jadi kalau kamu sedang tidak bisa tidur karena dihantui oleh kekuatiran, maka berdoalah. Ceritakanlah masalahmu kepada Tuhan Yesus, mohonlah jamahan dan pertolongan dari-Nya. 

Yesus pernah memperingatkan, "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?”  (Matius 6:25).

Pada pasal ini, Tuhan Yesus memberikan ilustrasi, bahwa burung-burung di langit yang tidak menabur dan tidak menuai saja dipelihara Tuhan, demikian juga bunga bakung yang indah. Bukankah kita ini adalah anak-anak Allah? Bapa kita yang baik pasti tidak akan membiarkan kita kekurangan.

Bahkan sekalipun masalahmu bukan tentang keuangan, mungkin itu adalah masalah kesehatan atau hubungan, percayalah bahwa Tuhan adalah Allah yang hidup dan berdaulat dalam segala sesuatu, Dia sanggup menolongmu. 

2# Mengucap syukur

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. ~ Filipi 4:7

Jadi yang pertama harus dilakukan saat kamu kuatir adalah berdoa, setelah itu adalah mengucapkan syukur kepada Tuhan sekalipun kamu belum menerima apa yang kamu harapkan. Jika kita melakukan resep tersebut, ada janji Tuhan di Filipi 4:8, "Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus." 

Ya, damai sejahtera Tuhan akan memenuhi hati dan pikiran kita. 

Sangat penting bagi kita untuk mengembangkan kebiasaan untuk berdoa dan mengucap syukur ini, sehingga hal tersebut menjadi respon yang alami bagi kita saat menghadapi masalah atau serangan kekuatiran. 

3# Perkatakanlah Firman Tuhan

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. ~ Roma 10:17

Bagian ini juga sangat penting, yaitu membaca firman Tuhan dengan suara yang kuat hingga iman kita bertumbuh. Iman timbul dari pendengaran firman Kristus, jadi pastikan baca firman Tuhan setiap hari. 

Jangan biarkan kekuatiran membunuh imanmu (Matius 13:22), tapi teruslah fokus kepada Tuhan dan peganglah janji-janji Tuhan itu. 

Jika kamu merasa saat ini sedang di dera oleh kekuatiran, dan tidak bisa menghadapinya sendiri, yuk hubungi SAHABAT24 yang siap untuk mendengarkan masalahmu dan berdoa bagimu. Hubungi SMS/WA  atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240  bisa juga email ke [email protected]  atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI. Kami siap untuk membantumu. 


Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us