Lori

Official Writer
772


Usia remaja jadi masa bagi orangtua menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi dengan anak. Percaya atau gak, anak remaja yang tengah bertumbuh akan jauh lebih mudah terpengaruh lewat lingkungan pergaulannya. Karena itulah penting bagi orangtua untuk menemukan strategi terbaik untuk tetap mengontrol anak remajanya.

Salah satu masalah penting yang harus dibicarakan orangtua, khususnya ayah kepada putri remajanya adalah tentang pacaran yang benar.

Ada kalanya seorang ayah mungkin merasa kesulitan untuk menyampaikan nasihat kepada putrinya. Apalagi soal romansa. Bukannya didengarkan malah anak bisa saja salah paham dengan apa yang sang ayah sampaikan.

Tapi hambatan sebesar apapun itu, penting sekali bagi seorang ayah untuk menyampaikan kebenaran soal berpacaran yang benar.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan seorang ayah untuk mengingatkan putrinya soal cara berhubungan yang baik dengan kekasihnya.

1. Bicarakan tentang definisi yang benar soal menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis. Sampaikan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dan sesuai dengan firman Tuhan tentunya.

2. Perhatikan bahwa saat membicarakan hal ini, berhati-hatilah untuk menyampaikannya. Karena sifat anak remaja yang sensitif bisa mendorongnya untuk menolak mentah-mentah setiap nasihat yang disampaikan. Bicarakan tentang kenapa dia harus menjaga dirinya dan juga tubuhnya.

3. Berikan contoh yang benar soal hubungan pertemanan atau pacaran yang sehat.

4. Pujilah putri remajamu atas siapa diri mereka dan ingatkan bahwa dia adalah sosok terhormat sehingga tak satupun yang boleh melakukan tindakan tak semena-mena atas dia.

5. Saat putri remajamu keras kepala dan berpikir bahwa kekasihnya adalah satu-satunya orang paling tepat baginya. Sampaikanlah bahwa tak ada manusia yang sempurna. Sekalipun kekasihnya begitu mencintainya, tapi cinta yang terbesar itu tetap berasal dari ayah dan ibunya. Bahkan dia harus tahu bahwa ada Tuhan yang selalu mencintainya tanpa kenal alasan.

Baca Juga: Jadi Ayah Baru Emang Gak Mudah, Jadi Pelajarilah 12 Hal Ini Untuk Persiapanmu

Orangtua pasti akan merasa semakin cemas seiring anak tumbuh besar. Karena itulah orangtua harus sedini mungkin menyampaikan soal seks dan bagaimana anak menjaga dirinya dari pergaulan.

Orangtua perlu menjelaskan tanda-tanda hubungan yang tidak baik dan yang bisa melecehkannya secara fisik. Salah satunya perilaku mengekang, overprotektif, posesif, melecehkan secara fisik, melakukan tindakan tidak senonoh dan merendahkan.

Semua anak remaja perempuan perlu tahu bahwa mereka adalah sosok yang harus dihormati oleh lawan jenisnya. Mereka punya harga diri dan laki-laki harus menghargainya.

Karena itulah seandainya seorang pria ingin melakukan sesuatu secara seksual maupun verbal, remaja perempuan harus mengambil sikap tegas untuk berkata ‘Tidak’. Yakinkan putri remajamu bahwa pacaran yang sehat adalah ketika kekasihnya memperlakukannya sebagai seorang putri yang patut dilindungi dan dijaga, bukan untuk dirusak.

Sumber : Fatherly.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2