Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1320


Sikap positif adalah sebuah praktik yang harus dilakukan dengan sikap yang optimis. Misalnya, ketika segala sesuatu tidak berjalan seperti yang kita kehendaki, atau orang lain merespon buruk terhadap kita maka kita tidak merespon dengan cara yag buruk melainkan positif, kita berpikiran positif dan melihat dengan kaca mata positif.

Walaupun sebenarnya hal itu tidak mudah dilakukan, tapi bagaimana pun kita harus belajar melakukannya.

Pada mulanya, Tuhan menciptakan dunia yang indah ini sekalipun dosa mencemari dunia sekarang. Jadi, sekalipun sebenarnya ada banyak masalah di dunia ini, ada banyak hal yang terjadi, Tuhan sudah memberi kita hati yang luar biasa sehingga kita tetap menang dalam melewatinya.

Misalnya di Amsal 17:22, " Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." Dalam Firman ini, Tuhan sudah memberikan kita sebuah cara untuk tetap berjuang ditengah dunia yang mengerikan ini sehingga bisa menjadi berkat.

Cuma memang, aksinya sangat sulit untuk dilakukan ya, sehingga cara-cara dibawah ini mungkin bisa kamu lakukan  :

1. Dengarin musik sering-sering deh!

Musik bisa banget mengubah suasana hati kamu, mulai dari suasana yangs sedih menjadi ceria. Yah, kalau nggak ceria setidaknya membuat kamu puas menikmati situasimu sambil dengar musik.

Beberapa musik dipercaya bisa meningkatkan energi loh. Makanya banyak orang yang memutuskan untuk mendengarkan musik ketika mereka malas untuk beresin kamar, atau kelelahan dalam berlari. Nah, dengan mendengarkan musik, kamu bisa lebih semangat loh. Nggak cuma itu, musik juga bisa menenangkan hatimu ketika kamu stres.

Dalam Efesus 5:19, Firman Allah mengatakan, "Dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati."

Firman Tuhan ini sedang menyampaikan bahwa nyanyian mazmur dan nyanyian rohani bisa menyukakan hati Tuhan, krena memang Tuhan suka dengan musik dan penyembahan.

Dalam Mazmur  98:4, Dia memberitahu kita supaya membuat hatiNya girang lewat pujian. Nggak masalah seperti apa suaramu, tapi kuncinya selama kamu senang, dalam menyanyikan pujian itu, maka Tuhan pun akan senang.

Jadi, cobalah mendengarkan musik  dan belajar memainkan alat musik, supaya kamu bisa lebih positif dan juga memuji kebaikan Tuhan.

2. Bersyukur apapun kondisimu

Saya secara pribadi, mengucap syukur atas kebaikan Tuhan dalam hidup ku, atas orang-orang disekitarku, atas rumah tinggalku dan bapak kosanku, meskipun kadang ada saja yang membuatku kesal dari sikap mereka, tapi aku belajar mengucap syukur sebab melalui itu aku bisa bangkit kembali dan mampu merespon, serta melihat mereka dengan kaca mata yang berbeda.

Jadi, ambillah waktumu untuk bermeditasi dan bersyukur kepada kebaikan Tuhan, apapun itu dan sekecil apapun itu.

"Persembahkanlah syukur sebagai korban kepada Allah dan bayarlah nazarmu kepada Yang Mahatinggi! Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan engkau, dan engkau akan memuliakan Aku." Sela. (Matius 50:14-15)

Upayakanlah untuk mengucap syukur setiap pagi. Biasanya ketika saya sedang sedih, atau pekerjaan saya tampaknya berantakan atau saya merasa tertekan, dan lain sebagainya, saya akan pergi ke kamar mandi jika tidak memungkinkan berdoa secara pribadi. Saya akan berkaca, sambil menarik nafas dan berbicara kepada diri sendiri, "Tenang Naomi, Tuhan baik apapun kondisimu. Mungkin Tuhan sedang ajar sesuatu, bersyukur dan semua baik-baik saja. Aku mengasihi dia, dan aku tahu bahwa tidak ada manusia sempurna. Huf, terimakasih Tuhan."

Seperti itu, dan mungkin kamu bisa mencontohnya. Percayalah ini benar-benar mengubah dirimu dan kamu tak lagi dendam melainkan beroleh damai sejahtera.

BACA JUGA :

Ragu Dalam Menjalani Panggilan Tuhan? Mari Belajar Dari Gideon Ini!

3. Isi pikiran kamu dengan Kitab Suci

Tidak banyak orang yang suka membaca Firman Allah setiap hari. Apakah kamu suka membaca Alkitab? Sebagai orang Kristen, mau nggak mau kita harus membaca Alkitab, setidaknya sekali sehari.

Karena Alkitab adalah pelatih kehidupan yang luar biasa, sebabnya manfaatkanlah hadiah yang luar biasa ini dengan baik.

"Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita." (Ibrani 4:12)

Dengan mengisi firman Allah dalam pikiran kita, maka itu akan membantu kita berpikir fokus ke arah Tuhan dan akan menjauhkan kita dari pikiran negatif yaitu dosa.

4. Seringlah berdoa

Hey, doa adalah nafas orang percaya, tapi bukan berarti jika kamu nggak berdoa maka kamu akan mati secara fisik ya. Yang dimaksud disini adalah mati secara rohani, iman kepercayaan kita.

Jadi, pastikanlah untuk berdoa setiap hari meskipun kadang fisik kita begitu malas tapi lawanlah. Bicaralah kepada Tuhan setiap hari, baik itu di sore, pagi atau malam hari. Ajukan pertanyaan dan beri tahu Dia keinginan hatimu.

Yang paling penting, kamu harus bersedia mendengar perspektif baru darinya.

Kemudian, waspadailah orang-orang disekitar kamu yang mungkin membutuhkan doa atau bantuan dari kamu. Ketika kamu mengisi pikiran kamu dengan Firman Tuhan dan berdoa,  maka kamu akan cenderung melawan rasa kuatir atau pikiran negatif.

 

Jadi, itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan agar setiap hari memikirkan hal-hal yang positif. Semangat ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3