Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
675


Membangun pernikahan dengan dasar firman Tuhan jadi begitu penting di akhir-akhir ini. Karena begitu banyak tantangan dan godaan dunia yang justru membawa suami istri pada kehancuran hubungan.

Paling buruknya, pernikahan berujung perceraian, terjadi ketidakakuran dalam rumah tangga dan cinta yang dulu manis berubah pahit.

Kalau tak ingin menyaksikan pernikahanmu berakhir dengan cara yang tak menyenangkan ini, perkuat pernikahanmu dengan 10 ayat Alkitab ini. Bacalah dan jadikan ayat-ayat ini sebagai panduan untuk menjalankan pernikahanmu setiap hari.

1. 1 Yohanes 4: 9

Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.

Ini adalah salah satu ayat Alkitab yang perlu diketahui suami istri. Alkitab berkata bahwa suami istri harus mencintai pasangan mereka karena Tuhan sudah lebih dulu mengasihi mereka. Saat seorang suami benar-benar menunjukkan kasih yang tulus dan murni kepada pasangannya, maka sebuah pernikahan pasti akan tetap kuat sekalipun di tengah badai.

2. Efesus 4: 2-3

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera...

Tuhan mendesign sebuah pernikahan di atas nilai-nilai ilahi yaitu penuh kasih, lemah lembut, sabar dan rendah hati seorang dengan yang lain. Karena itu penting bagi suami istri untuk terus belajar membangun karakter di tengah kehidupan pernikahannya.

Gak ada pernikahan yang paling bahagia selain pernikahan yang dihiasi dengan sikap hormat dan memperlakukan satu sama lain dengan kasih.

3. 1 Yohanes 2: 15-17

Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.

Sebagai pasangan menikah, penting untuk memegang ayat ini. Karena memang tak sepantasnya pernikahanmu dibangun oleh standar dunia. Karena hanya ada satu standar yang menjadikannya berhasil yaitu firman Tuhan.

4. Maleakhi 2: 16

Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel--juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Di masa ini, pernikahan menjadi sangat biasa. Tentu saja hal ini bertentangan jauh dengan apa yang disampaikan di dalam ayat ini. Karena itu, sebelum kamu memutuskan menikah dan atau sebelum mengajukan perceraian, pikirkan ayat ini baik-baik.

5. Ibrani 13: 4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Banyak pernikahan rusak karena masalah dan juga perselingkuhan. Dan hal yang paling memalukan dari perselingkuhan adalah bukan hanya merusak pernikahan tapi juga menghancurkan masa depan anak-anak dan semua orang terdekatnya.

Bahkan jika ini adalah kesalahan masa lalumu, perselingkuhan itu pasti sedikit tidaknya akan mengubah kehangatan pernikahan. Karena itu, sebelum jatuh dalam dosa perzinahan, ambil komitmen untuk memegang janji setiamu hidup bersama sampai maut memisahkan.

6. Amsal 12: 4

Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.

Menjaga kehormatan suami adalah tugas seorang istri. Karena itulah, istri perlu menjaga kelakuannya di depan orang lain. Supaya dia tetap menjaga nama baik suaminya.

Jangan rusak pernikahanmu dengan mencemari nama baik pasanganmu.

7. Amsal 6: 25

Janganlah menginginkan kecantikannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya.

Godaan seksual benar-benar nyata di lingkungan masyarakat kita. Entah di kantor, di restoran, di jalanan dan sebagainya, bukan gak mungkin banyak penggoda yang mencoba mengalihkan pandangan pasangan menikah. Sehingga mereka tergoda dalam dosa.

Karena itu, khususnya bagi para suami, berhati-hatilah dengan matamu dan pikiranmu dalam memandang wanita lain.

8. Matius 6: 34

Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

Dalam pernikahan, tantangan yang dihadapi suami istri benar-benar berat. Bisa soal keuangan, anak, penyakit, keluarga dan sebagainya. Tapi saat pasangan menikah benar-benar membangun kehidupan pernikahan sejak awalnya bersama Tuhan, percayalah bahwa Dia akan menolong dalam berbagai kondisi yang terjadi. Hanya tetaplah berharap padanya dengan sepakat.

9. Efesus 5: 22 & Kolose 3: 19

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan..

Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Dua ayat ini menekankan bagaimana suami istri punya kewajiban masing-masing atas pasangannya. Istri bukan hanya tunduk kepada suami. Tapi suami juga harus mengasihi istrinya sepenuh hati. Saat keduanya mempraktikkan hal ini, bukan gak mustahil pernikahan akan diwarnai oleh sukacita dan damai sejahtera Tuhan.

10. Matius 6: 12

dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami

Gak ada manusia yang gak melakukan kesalahan. Begitu juga dengan suami istri. Bisa jadi suami melukai istri dengan tindakannya. Atau istri menyakiti suami dengan ucapannya. Apapun kesalahan pasangan, sudah jadi kewajiban untuk memberikan pengampunan. Karena di dalam pengampunanlah pemulihan akan terjadi.

Bukankah ayat-ayat ini membuka cara pandanganmu yang baru soal pernikahan? Jika kamu benar-benar merasa diberkati, bagikan ayat-ayat ini kepada pasangan terdekat yang kamu kenal.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7268

Banner Mitra Oktober Week 3