Lori

Official Writer
2161


Kehadiran media online semakin mempermudah masyarakat mendapatkan informasi. Meski di satu sisi hal ini dipandang positif, tapi di sisi lain rupaynya kemudahan informasi ini justru membuat masyarakat kurang kritis dalam menanggapi informasi yang diterimanya.

Realitanya, hal ini bahkan dialami oleh orang Kristen secara umum. Banyak orang Kristen yang terjebak dalam kebiasaan mudah mempercayai sesuatu yang dibaca atau didengar tanpa mencari tahu lebih dulu sumber informasi yang didapatnya.

Sadar atau tidak, banyak orang Kristen bahkan terjebak dalam perangkap aliran kepercayaan lain. Mengutip informasi dari situs yang salah dengan isi teologi yang menyimpang dari Alkitab tentunya sangat berbahaya. Tapi selama orang Kristen belum menyadarinya selama itulah mereka akan terus mengkonsumsi informasi yang justru merusak pandangannya soal firman Tuhan.

Percaya atau tidak, terdapat tiga website yang berisi begitu banyak artikel tentang kehidupan Kristen dan juga ayat-ayat Alkitab. Namun sebenarnya website-website ini adalah aliran kepercayaan lain yang jauh berbeda bahkan menyimpang dari Alkitab yang kita percayai. Apa saja itu?

1. jw.org – Saksi-Saksi Yehuwa

Pernah mendengar situs website ini? Atau barang kali pernah membukanya dan mengutip informasi dari situs ini?

JW adalah singkatan dari Jehovah’s Witnesses atau Saksi-Saksi Yehuwa. Ini adalah situs para pengikut yang mengaku dirinya Saksi-Saksi Yehuwa. Banyak kali mereka mengakui bahwa diri mereka adalah bagian dari denominasi Kristen, meski sebenarnya kekristenan justru menyebut JW sebagai sekte sesat.

Kenapa dianggap sekte sesat? Karena kelompok ini punya Alkitab sendiri yang berbeda dengan Alkitab yang digunakan oleh orang Kristen. Sekte ini bahkan tak percaya dengan doktrin Tri Tunggal karena dianggap tak sesuai dengan isi Alkitab mereka. Karena itulah mereka tak mengakui Yesus sebagai Juru Selamat dan anak Allah.

Situs Saksi-Saksi Yehuwa banyak menjebak orang Kristen karena isinya yang sama sekali persis sama dengan artikel dari website Kristen pada umumnya. Penggunaan kata-kata ‘Kehidupan Kristen’ atau ‘Kristen’ seringkali membuat orang Kristen terjebak, khususnya dari kalangan anak muda.

Baca Juga : Setelah HTI, Boni Hargens Minta Pemerintah Juga Bubarkan Sekte Saksi Yehova

2. churchofjesuschrist.org & LDS– Gereja Mormon

Sebelum mengganti namanya menjadi churchofjesuschrist.org, situs ini sebelumnya dikenal dengan nama lds.com.

Isinya kurang lebih mirip dengan jw.org. Bedanya, situs ini adalah milik dari aliran Mormon atau yang menyebut dirinya The Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints atau LDS.

Banyak yang mengira website ini sebagai website Kristen karena konten-kontennya yang menawarkan soal pelayanan Yesus dan juga kehidupan Kristen sesuai dengan Alkitab. Meskipun Mormon percaya Yesus, namun yang membuatnya berbeda dan tak masuk dalam kategori kekristenan adalah karena aliran ini punya tambahan isi Alkitab lain yang disebut dengan Kitab Mormon. Tentunya, hal ini bertentangan dengan isi Alkitab pada umumnya yang hanya terbagi dalam dua bagian yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

3. patheos.com – media online non-denominasi

Situs patheos adalah perusahaan media online non-denominasi, non-partisipan yang menyediakan informasi dan pandangan dari berbagai agama dan tak beragama.

Banyak orang Kristen yang berpikir kalau website ini adalah situs yang sepenuhnya berisi tentang kekristenan. Tapi sebenarnya, website ini jadi tempat yang terbuka bagi semua agama. Bisa dibilang persis mirip dengan aliran agnostik, dimana secara umum tidak menentang aliran agama apapun karena percaya bahwa Tuhan tidak bisa dimengerti secara akal.

Selain tiga website ini, bisa jadi ada beberapa situs lain yang tersebar di internet. Karena itu orang Kristen diajak untuk lebih kritis dan bijaksana dalam mengakses informasi dari internet.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7239

advertise with us