Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
339


Seberapa pentingkah musik  untuk Tuhan?

Sebelum kita membahas terlalu dalam mengenai musik dan fungsinya bagi kita, maka untuk pertama sekali kita harus membahas bagaimana Tuhan menciptakan musik dan seberapa pentingnya musik baginya.

Dalam Perjanjian Lama yakni Kejadian 4:21 Alkitab menuliskan, "Nama adiknya ialah Yubal; dialah yang menjadi bapa semua orang yang memainkan kecapi dan seruling."

Judul perikop di pasal ini adalah keturunan kain, Set dan Eros, yang  dimana  Alkitab sedang menuliskan dan menjelaskan keturunan yang Allah ciptakan berserta peranan masing-masing yang Tuhan sudah sediakan.

Sebelum manusia lahir ke muka bumi, Allah sudah menciptakan sebuah karunia dan peranan dalam hidup mereka, dan dalam hal ini untuk pertama sekali, musik diciptakannya melalui talenta yang diberikannya kepada Yubal, dan saya percaya, sejak dari Yubal memainkan kecapi dan seruling, ada banyak orang yang meniru dan dikembangkan sampai saat ini. 

Selain itu, Tuhan juga menyukai musik. Hal ini terbukti dalam Mazmur 1004:1-4 dimana Dia meminta kita untuk datang kehadapanNya dan berdoa dengan musik dan pujian.

Kesukaan Tuhan terhadap musik membuat manusia menjadi terkoneksi kepada-Nya melalui pujian seperti yang dilakukan Daud melalui Mazmur dan musiknya.

Selain penting bagi Tuhan, musik juga sangat penting bagi manusia, ini buktinya!

Musik adalah sinfoni kehidupan, yang menjadi bagian seni dan mewarnai kehidupan sehari-hari manusia di muka bumi ini. Tampaknya, tanpa musik hidup kita kurang berwarna ya, apalagi dikalangan sekarang ini. Tuhan saja suka dengan alunan musik, apalagi manusia.

Bayangin jika seseorang menciptakan sebuah lagu dengan musik yang indah untuk kamu, pasti sangat menyenangkan bukan? Nah, itulah buktinya bahwa musik sangat mempengaruhi kehidupan kita.

Dikutip dari Halodoc.com, sebuah studi yang dipublikasikan oleh Journal Of Positive Psychology, menemukan sebuah upbeat dalam musik yang bisa memperbaiki mood dan meningkatkan kebahagiaan manusia dalam 2 minggu loh.

Nggak hanya itu, jurnal PLOS ONE menerbitkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 mengenai musik dan menemukan bahwa musik yang ceria itu mampu menstimulasi kinerja otak lebih cepat dan juga bisa membantu orang untuk menunjukkan performa lebih baik pas lagi kerja, dalam arti musik berfungsi dengan baik sebagai irama yang menghentak dan menimbulkan semangat positif, jadi nggak heran kalau pagi-pagi orang suka memasang musik.

Selain untuk menyemangati kerja, musik juga bisa meningkatkan kreativitas kita, dan hal ini dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Applied Cognitive Psychology.

Dalam keadaan cemas dan stress sekalipun, musik juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berperan sebagai obat untuk mengatasinya. Saya percaya, beberapa dari kamu sudah pernah melakukannya.

Lalu rekomendasi musik apa yang cocok untuk kamu dengarkan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa musik memiliki peranan masing-masing dalam hari-hari kita, dan tergantung mood.

Karena musik bisa mempengaruhi pikiran dan hati kita, maka sebaiknya hindari sesering mungkin untuk mendengar lagu-lagu dengan lirik yang sangat galau. Ketika saya sendirian di rumah, beberapa kali saya sekedar iseng ingin mendengar satu baru dari artis favorit saya. Karena terlalu menikmati lirik demi lirik, lagu itu berhasil menghipnotis saya dan membuat saya menangis lantaran mengingat masa lalu yang timbul kembali karena liriknya.

Jadi sudah jelas sekali bahwa musik sangat berpengaruh, terutama liriknya.

1. Musik Klasik, Untuk Kamu yang Insomnia

Musik klasik bisa menjadi pilihan utama untuk kamu yang sulit untuk tidur. Ingat ya, jangan mendengarkan musik klasik yang memiliki lirik galau.

Dalam sebuah survey yang baru diterbitkan, ditemukan bahwa lebih dari 600 perserta mengaku menggunakan musik sebagai alat pembantu tidur mereka, dan kebanyakan dari mereka dianggap mendengarkan musik klasik.

Beberapa karya musik yang mereka dengarkan berasal dari Ed Sheeran, Coldplay, dan Brian Eno tetapi kebanyakan dari mereka tidur lebih cepat dan nyenyak karena mendengarkan lagi dari Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Frederic Chopin.

2. Musik Hymne, Untuk Kamu Yang Demensia dan Stroke

Salah satu penyakit yang  yang bisa disembuhkan lewat musik hymne adalah stroke. James Rodriguez merupakan saksi yang mengaku pulih total dari stroke setelah menjalani terapi musik. Dia mengaku sering mendengarkan lagu-lagu hymne rohani seperti lagu Amazing Grace dan lagu lainnya sampai akhirnya itu membuatnya sembuh dari penyakitnya.

3. Musik Pop Untuk Kamu Si Pekerja Keras

Musik pop adalah musik yang digemari hampir semua orang di belahan dunia ini. Nggak hanya ketika bersantai di rumah, bahkan ketika kerja pun musik ini pun menjadi pilihan utama, apalagi kalau kamu sedang mengejar deadline.

Pekerja yang mendengar musik pop sembari bekerja diketahui mampu menyelesaikan tugas pendataannya 58 kali perdetik lebih cepat dari pada nggak mendengarkan musik sama sekali.

Musik yang mampu memacu energi ini juga sangat membantu untuk memeriksa ejaan dengan cepat. Dan hasilnya bahkan akan jauh lebih baik ketika dipadukan dengan musik dansa karena mendorong pekerja terhindar dari kesalahan saat bekerja dibandingkan dengan tidak mendengar musik sama sekali.

Nah, setelah membaca artikel di atas, tampaknya kamu tidak akan pernah melewatkan harimu tanpa musik bukan? 
Sekali lagi, dengarkan musik yang liriknya membangun ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3