Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1032


Rata-rata ibadah minggu di gereja akan dimulai dengan lantunan beberapa lagu. Kalau di gereja protestan, biasanya akan membawakan lagu-lagu kidung jemaat dan di gereja Karismatik, biasanya akan menyanyikan lagu-lagu rohani yang umumnya kita dengar.

Pada umumnya, bagaimana pemimpin pujian (Worship Leader) membawakan ibadah dengan lagu-lagu pilihan sangat menentukan suasana ibadah. Dan hal ini gak lepas dari pemilihan lagu dari WL sendiri.

Supaya lagu-lagu di ibadah terkoneksi dengan kondisi atau situasi jemaat saat datang beribadah. Ada baiknya bagi setiap WL untuk melakukan persiapan pemilihan lagu dengan 7 cara ini:

1. Berdoalah Lebih Dulu

Pemilihan lagu adalah hal yang pertama dan yang terpenting. Sebelum kita memimpin pujian, ada baiknya WL untuk mengambil waktu untuk berdoa seminggu sebelum atau minimal tiga hari sebelum ibadah.

Mintalah Tuhan untuk lebih dulu memurnikan hati kita sebelum memimpin ibadah. Lalu luangkan pula waktu untuk berdoa bersama dengan tim sepanjang minggu itu.

Dengan cara inilah kita bisa mendapat pewahyuan tentang lagu apa yang harus kita bawakan di ibadah. Kalau perlu tanyakan pula seluruh tim, apakah Roh Kudus mengingatkan mereka tentang sebuah lagu.

2. Perbanyak Membaca Alkitab

Seorang WL berperan sebagai pemimpin untuk membawa jemaat mengalami hadirat Tuhan. Sekalipun dengan lagu-lagu terbaik, WL tak akan mampu membuat jemaat mengalami Tuhan kalau kita sendiri belum mengalaminya. Karena itulah penting sekali untuk mengambil waktu membaca Alkitab dan merenungkannya. Tanyakan Tuhan pesan apa yang Dia hendak sampaikan dalam ibadah.

3. Hati-hati Dengan Lagu Baru

Di masa ini, ada banyak band penyembahan rohani yang mengeluarkan lagu-lagu penyembahan baru. Tapi sekalipun begitu, seorang WL perlu berhati-hati. Kamu perlu memikirkan apakah lagu itu sesuai dengan gaya penyembahan di gerejamu dan apakah jemaat gerejamu nyaman menyanyikan lagu itu?

Jangan mencoba menyanyikan lagu baru yang terdengar keren dinyanyikan di gereja lain kalau ternyata gak cocok dinyanyikan di gerejamu.

4. Kenali Jemaat di Gerejamu

Minggu pagi adalah momen dimana jemaat bisa berkumpul bersama sebagai satu tubuh. Jadi, kalau memang membutuhkan momen keakraban, cobalah membuat ruang bagi setiap jemaat untuk saling berinteraksi. Pilih lagu yang bisa menghubungkan jemaat dan menikmati sukacita bersama, seperti lagu yang ceria, energik dan bisa diekspresikan dengan gerakan.

WL berperan untuk menciptakan suasana yang nyaman, akrab, ramah dan kekeluargaan. Dan saat musik mulai menghentak, pastikan jemaat terlibat untuk mengekspresikan dirinya.

Baca Juga :

Main HP dan Ngobrol Waktu Ibadah, Apakah Tuhan Marah?

Bukan Hanya Nyanyian Pujian, Tetapi Ini yang Sebenarnya Yesus Mau dari Kita Semua!

5. Rencanakan Jauh-jauh Hari

Tim penyembahan gereja bisa saja terjebak dengan jadwal minggu. Dan saat ada momen spesial seperti Paskah atau Natal, tim musik gak punya persiapan yang matang untuk tampil maksimal.

Jadi, akan sangat baik jika tim musik gereja bisa membuat jadwal dalam jangka panjang. Supaya penampilan untuk beberapa momen khusus bisa dipersiapkan dengan baik.

6. Pilih Lagu Berdasarkan Tema Ibadah

Nah, hal ini juga bisa sangat membantu WL dalam pemilihan lagu. Setiap minggunya, gereja pasti punya tema khotbah yang berbeda. Supaya lebih nyambung, akan jauh lebih baik kalau WL menanyakan tema khotbah ke pendeta baru kemudian memilih lagu sesuai dengan tema tersebut.

7. Teliti Dengan Pesan yang Disampaikan oleh Lagu

Sebelum memilih lagu untuk ibadah, alangkah baiknya WL lebih dulu memeriksa kembali pesan apa yang sedang disampaikan dari lagu yang hendak dibawakan. Ada banyak lagu rohani di luar sana yang tanpa kita sadari mengandung pesan yang cukup menggoyahkan iman. Kalau ternyata kata-kata atau pesannya bertentangan dengan teologi yang kita percayai, lebih baik tak membawakan lagu tersebut.

Jangan pernah mudah tergoda dengan melodinya.

Dengan mengikuti 7 cara pemilihan lagu di atas, percayalah ibadah yang kamu pimpin akan sangat memberkati jemaat yang hadir.

Sumber : Preaching.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sofely Charolina Sinaga 18 August 2019 - 12:44:15

Syalom saya sofely charolina sinaga mau sharing se.. more..

0 Answer

Natalia 17 August 2019 - 20:06:35

Marty

0 Answer

Ahi Soga 16 August 2019 - 05:13:20

Gerakan yang dominan di lakukan dalam sepak bola a.. more..

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7271

Banner Mitra Agustus Week 3