Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
494


Sebagian wilayah di Jawa mengalami blackout alias pemadaman listrik pada hari minggu hingga senin kemarin. Apakah kamu juga mengalaminya di wilayahmu?

Nah, mati listrik lebih dari 24 jam ini membuat banyak orang langsung panik nih. Beberapa temanku langsung pergi ke mal atau tempat perbelanjaan berharap mendapatkan udara dingin dan listrik untuk mengisi baterai smartphone mereka. Namun sampai disana, kondisinya tidak jauh beda, yaitu panas dan susah mendapatkan restoran atau café yang listriknya menyala atau menggunakan genset.

Rasanya stress berat kalau smartphone atau handphone kita ngga menyala, apalagi sinyal tidak stabil dan susah untuk mengakses berbagai sosial media. Apakah kamu merasakan hal ini?

Kalau kamu menjawab ya, bisa jadi kamu sudah mengalami ketergantungan atau kecanduan gadget loh.

Apa aja sih ciri-ciri orang yang kecanduan gadget?

1#  Mengalami sakaw kalau dalam 24 jam ngga bisa menggunakan gadgetnya

Sakaw kan buat pecandu narkoba aja! Mungkin kamu akan berkata begitu. Namun beberapa orang yang kecanduan gadget atau internet juga menunjukkan reaksi yang sama, yaitu withdrawal symptom.

Withdrawal symptom adalah gejala mental dan fisik yang dialami oleh seorang pecandu. Sebuah penelitian pada 2011 menyatakan bahwa mereka yang mengalami kecanduan gadget atau internet mengalami gejala kegelisahan dan bahkan depresi saat dijauhkan dari gadget selama 24 jam. Kegelisahan dan depresi ini adalah salah satu gejala sakaw tadi.

2# Tingkat toleransi yang meningkat

Artinya semakin lama, kamu butuh waktu lebih banyak untuk menggunakan gadget agar kamu merasa puas. Jika dulu cuma 10 menit saja cukup untuk memeriksa handphone, maka sekarang kamu butuh 20 atau bahkan satu jam untuk mengecek berbagai aplikasi yang ada di handphonemu.

Makin lama, waktu yang dihabiskan untuk gadget akan semakin besar, hingga pada akhirnya akan membuat orang tersebut tidak bisa lagi produktif.

3# Kehilangan semangat dan minat untuk aktifitas lainnya

Yang cukup ekstrim adalah orang yang kecanduan gadget akan kehilangan semangat dan bahkan meninggalkan aktivitas lainnya, seperti hobinya yang biasa ia lakukan. Contohnya, ia tidak lagi berolahraga dan memilih menghabiskan waktunya untuk main game di gadgetnya, dan lain sebagainya.

4# Tidak bisa konsentrasi, bahkan saat diajak ngobrol

Mereka yang sudah kecanduan gadget akan sulit konsentrasi melakukan aktifitas lain, selain bermain gadget. Bahkan saat bersama pacar atau keluarga, ia akan tetap main gadget. Kalaupun tidak, ia akan gelisah dan saat diajak ngobrol maka sebentar-sebentar akan memeriksa handphonenya atau sekedar melihat sosial medianya.

5# Takut ketinggalan info

Salah satu obsesi mereka yang kecanduan gadget adalah memeriksa sosial media, hal ini disebut tendensi FOMO (Fear Of Missing Out), atau takut ketinggalan info. Mereka yang mengalami FOMO berpikir bahwa dengan mereka update dengan postingan terbaru temannya akan membuat mereka juga berbagi apa yang orang itu alami.

Salah satu cirri FOMO yang lain alah keinginan untuk mengkomentari treat atau postingan yang lagi trending.

6# Dihantui oleh phantom cellphone syndrome

Apa kamu pernah merasakan handphone kamu bergetar atau berbunyi tapi waktu kamu periksa ternyata tidak ada pesan yang masuk? Inilah yang disebut phantom cellphone syndrome.

Sebuah studi di Indiana University dan Purdue University Fort Wayne menemukan bahwa 89% mahasiswa disana pernah mengalami perasaan handphone mereka bergetar atau berbunyi, padahal sebenarnya tidak tersebut. Ini adalah sebuah tingkat kecanduan yang sudah berbahaya, karena sudah masuk di tahap halusinasi

Wah, ternyata mengerikan ya gejala kecanduan gadget itu. Poin mana aja yang kamu alami dari 6 gejala kecanduan di atas?

Baca juga: 

Kecanduanmu Hanya akan Bisa Sembuh Jika Ikuti Langkah Ini

Kalau kamu sudah mengalami beberapa poin di atas, jangan diabaikan karena bisa berbahaya untuk kesehatan mental dan fisik kamu loh.

Kecanduan adalah bentuk penyembahan berhala

Selain itu, kecanduan adalah tanda bahwa hal tersebut sudah menjadi berhala dalam hidup seseorang, sehingga mengikat dan membuat pandangannya terpaut hanya pada objek tersebut. Penyembahan berhala adalah hal yang dilarang Tuhan dan menimbulkan kecemburuan Tuhan.

“Mereka membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah, mereka menimbulkan sakit hati-Ku dengan berhala mereka…” (Ulangan 32:21a).

Apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa lepas dari kecanduan gadget atau internet?

1# Ambillah waktu untuk hari sabat dari gadget atau internet (puasa gadget)

Seperti yang dilakukan oleh umat Yahudi pada hari Sabat, mereka akan memberikan satu hari itu untuk berdoa dan menyembah Tuhan dan tidak melakukan pekerjaan apapun, kita perlu melakukan hal ini seminggu sekali.

Ambillah satu hari, dimana kamu mematikan handphone-mu dan gunakan waktu untuk berdoa, menyembah Tuhan dan juga berkomunikasi secara tatap muka dan konsentrasi dengan keluargamu, sahabatmu dan bahkan mungkin pacarmu.

Mintalah maaf kepada mereka yang selama ini kamu abaikan karena kecanduan gadgetmu. Secara tidak sadar kamu mungkin sudah menyakiti hati mereka, dan membuat mereka merasa kamu tidak mengasihi mereka dengan tulus karena perhatianmu yang selalu terganggu saat bersama mereka.

2# Bangunlah sebuah kebiasaan yang lebih baik

Mulailah untuk mengatur kembali prioritas hidupmu, jangan jadikan handphone menjadi pusat hidupmu lagi. Jadikanlah Tuhan sebagai pusat hidupmu, mulailah aktifitasmu dengan Dia terlebih dahulu.

Setelah itu, buatlah jadwal kapan saja, untuk apa dan berapa lama kamu akan menggunakan handphone-mu. Mungkin terasa aneh pada awalnya, tapi untuk menjaga dirimu, hal ini perlu dilakukan. Atur jadwalmu untuk melakukan hal-hal lain juga, contohnya selain mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan kantormu, kamu juga sediakan waktu untuk hobimu, bertemu dengan keluarga, sahabat dan pacarmu.

Pastikan waktu-waktu yang kamu alokasikan tadi digunakan secara maksimal dan berkualitas, tidak diganggu oleh gadget atau sosial mediamu ya.

3# Pilih Aplikasi apa saja yang akan kamu gunakan

Saat ini terlalu banyak pilihan aplikasi yang kamu gunakan, pastikan kamu hanya meng-instal aplikasi yang benar-benar penting saja. Selain untuk menghemat ruang di handphone-mu, hal tersebut juga akan membantumu menggunakan apa yang penting dan perlu saja.

Pilih aplikasi mana yang paling penting untuk dinyalakan notifikasinya. Sisanya karena tidak terlalu penting kamu bisa mematikan notifikasinya. Tanpa gangguan notifikasi akan membuatmu lebih kreatif, produktif dan bahagia dalam menjalani hari karena konsentrasi kamu jadi tidak mudah teralihkan.

Rasul Paulus menuliskan dalam 1 Korintus 10:23 seperti ini, “Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.”

Jadi pastikan apa saja yang kamu lakukan dalam hidup ini, bahkan dalam menggunakan handphone-mu adalah sesuatu yang berguna dan membangun, bukan malah merusak kehidupanmu dan kehidupan orang-orang disekitarmu.

Nah, kejadian blackout kali ini semoga bisa memberikan pencerahan dan manfaat buat kita semua ya, terutama dalam bijak menggunakan handphone kita.

Selamat menjalani hari-hari yang lebih bahagia bersama dengan Tuhan Yesus. 

Baca juga:

Kecanduan Game Online

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7274

Banner Mitra September week 3