Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
702


Sebenarnya, perasaan sepi yang kita alami dimasa single ini adalah perasaan yang juga dialami oleh rata-rata orang.

Kadang, pikiran kita terlalu dini membentuk sebuah anggapan bahwa tidak satupun pria yang mau sama kita, dan tidak satu pun teman yang bisa membuat kita nyaman selalu.

Padahal sebenarnya tidak begitu, dan kamu harus tahu bahwa efek terburuk dari merasa kesepian adalah kematian.

Ya, karena ada banyak orang yang memutuskan untuk bunuh diri karena merasa kesepian, bahkan sudah berjuang bertahun-tahun mengisi kesepian, namun tidak juga berhasil. Entah itu tinggal bersama teman, entah itu mengisi waktu kosong dengan membaca buku , dan lain sebagainya, namun tampaknya tidak berhasil.

Dikutip dari Lifestyle.kompas.com, sebuah studi yang dilakukan oleh Office for National Statistics atau Badan Pusat Statistik di Inggris, dilaporkan bahwa sebanyak 10 persen orang Inggris berusia 16-24 tahun, merasakan kesepian 3 kali lebih parah daripada kesepian yang dialami oleh orang berusia 65 tahun ke atas. Dan rasa kesepian itu mulai menyusut ketika memasuki usia 35 tahun hingga 80 tahun.

Berarti anak muda yang berusia di bawah 30 adalah  orang yang rentan mengalami kesepian akut dong. Apakah kamu salah satunya?

Sebenarnya ada banyak hal yang membuat anak muda jaman sekarang kesepian, mungkin karena tidak menemukan orang yang bisa dipercaya, mungkin karena jaman yang begitu individual sehingga "lo ya elo dan gue ya gue" yang membuat kita sulit menemukan teman bercerita secara intim.

Dan tentu saja, uang, ketenaran, atau kesuksesan nggak akan bisa menyembuhkan masalah ini, tapi :

1. Berdoa atau didoakan

Menjadi sukses atau terkenal memang bukan sebuah masalah, tapi jika kamu merasa kesepian di masa single maka yang kamu butuhkan adalah doa.

Atau mencari orang yang bisa berdoa untuk kamu sebelum kamu mengakhiri kesepianmu dengan cara yang tragis. Misalnya, menghubungi SAHABAT 24 di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 atau mengirim pesan ke Instagram kita di @jawabancom

2. Mengetahui bahwa kamu tidak sendiri.

Selain itu, hal lain yang bisa menyembuhkan kamu dari perasaan kesepian adalah dengan mengetahui bahwa kamu nggak sendirian, meskipun mungkin kamu hidup sebatang kara di dunia tanpa keluarga.

Dan nggak cuma mengetahui itu, tapi kamu pun harus mulai menjalani hari-harimu dengan semangat bahwa masih ada harapan baru yang lebih indah di hari esok.

Dibutuhkan kerja keras untuk melakukan ini memang, tapi ingatkanlah dirimu setiap hari dan jangan gampang mempercayai kebohongan bahwa kamu sendirian, atau tidak ada orang yang peduli, kamu tidak punya keluarga, atau kamu adalah orang paling malang.

Ungkapan itu hanya kebohongan yang iblis ingin kamu percaya agar kamu tak berdaya dan tak bisa kembali kepada Allah.

BACA JUGA  :

Melawan Dunia Selfish Dari Kehidupan Ester. Perempuan Kristen Wajib Baca Nih!

3. Allah ada bersama kamu

Jika kamu tidak tahu harus bagaimana untuk menyadari bahwa kamu tidak sendirian, maka ketahuilah bahwa Allah ada bersama kamu, mataNya tertuju dan melihatmu, dan Dia menyediakan yang terbaik bagi kamu bahkan perihal pasangan hidupmu.

Ingat, Allah sudah mengirimkan Yesus untukmu, dan itu adalah caraNya yang ajaib untuk bersikeras meyakinkan bahwa Bapa di Sorga sangat mengasihi kamu dan selalu ada untukmu.

"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16)

Yap, Allah mengirimkan Yesus bersama dengan kamu, dan Dia akan selalu bersama-sama dengan kamu.

"Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita." (Matius 1:23)

Tapi kan, Yesus sudah mati dan itu adalah Firman sebelum Yesus lahir.

Ya, benar sekali! Tapi meskipun Yesus mati, bangkit dan naik ke Surga, Dia tetap berkata bahwa Dia tidak akan meninggalkan kita, Dia bahkan mengutus Roh Kudus diam dalam kita dan menemani kita.

"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya," (Yohanes 14:16)

Lihatlah, kamu tidak sendirian.

4. Baca Firman Allah

Jika kamu masih merasa kesepian, maka bacalah ayat-ayat Alkitab dibawah ini sambil terus berdoa dan bersyukur kepada Allah :

Yosua 1:9:

"Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."

Keluaran 14:14:

"TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."

Yeremia 29:11:

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

Itulah 4 hal yang harus kamu ingat ketika kamu kesepian. Kita semua ini membutuhkan Tuhan dan juga membutuhkan orang lain.

Jadi, jangan merasa kamu selalu sendiri dan sepi ya.

Sekali lagi, jika ada yang ingin kamu ceritakan dan sharingkan, atau kamu ingin di doakan maka hubungilah kami di SAHABAT24: SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240

 

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3