Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
714


Gak ada satu orang pun yang bisa melihat jadi apa dia di masa depan.

Uniknya, saat wawancara kerja kita suka ditanyai soal ‘Dimana kamu melihat dirimu 5 tahun kedepan?’ Pewawancara biasanya menanyakan pertanyaan ini untuk melihat ambisi kariermu.

Joseph Wessner, seorang asisten manajer umum Coughlin Printing Group di Watertown, New York mengatakan bahwa meskipun pertanyaan ini terdengar sangat ambigu, tapi yang diwawancara harus menjawab dengan jawaban yang pasti.

“Aku bisa tahu dari resume dan surat lamaranku jika kamu memiliki keterampilan dan pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi ini. Itu sebabnya aku berbicara kepadamu. Yang perlu aku tahu adalah apakah kamu cocok di dalam tim, visi dan budaya perusahaan kami?”

Pertanyaan ini akan membantumu untuk mengembangkan jawabannya.

Awali dengan menjelaskan tujuanmu yang selaras dengan perusahaan. Sehingga kamu bisa dengan mudah memilih beberapa poin dari misi perusahaan sesuai dengan tujuanmu. Setelah itu, sebutkan bagaimana kamu bisa mengembangkan diri di tahun-tahun ke depan bersama perusahaan.

“Kami ingin tahu, apakah orang-orang ini mau bekerja dan tidak punya obsesi yang melebihi perusahaan. Kami mau tahu apakah karyawan kami berusaha untuk tumbuh di dalam perusahaan,” kata Curtis Boyd, salah satu pendiri dan CEO Future Solutions Media, sebuah perusahaan agency di Los Angeles.

Saat kamu ditanyakan pertanyaan ini, cobalah untuk menjawab bahwa kamu punya cita-cita untuk mengelola tim sendiri dan membantu mengembangkan departemenmu.

Contohnya katakanlah, “Aku menghormati bagaimana perusahaan mengembangkan karyawannya, dan aku berharap bahwa dalam lima tahun, aku akan mengelola timku sendiri dan membantu memperluas departemenku.”

Baca Juga:

Biar Sukses di Dunia Kerja, Renungkan 3 Ayat Ini Setiap Hari

Pinjaman Online, Cara Cepat Dapatkan Uang Tapi Juga Bikin Trauma

Selain itu kamu juga bisa membeberkan jawabanmu dengan beberapa hal ini.

Tunjukkan besar ambisimu untuk bekerja di perusahaan itu

Pengusaha ingin tahu apakah karyawannya punya keinginan tumbuh dalam karirnya. Untuk itulah, kamu perlu mengembangkan dirimu dengan berbagai cara, diantaranya ikut pelatihan atau bekerja dengan cara yang kreatif.

Tapi perlu diingat, setiap pekerja pasti punya ambisi tertentu. Ada saja diantaranya yang mengutarakan ambisi yang terlalu berlebihan. Dan perusahaan tidak akan suka jika kamu menjawab bahwa kamu akan menjadi CEO atau bekerja di perusahaan yang lebih besar lima tahun ke depan.

Tunjukkan kalau kamu orang yang mau belajar

Banyak orang yang gak tahu persis apa yang hendak mereka lakukan lima tahun ke depan. Tapi kamu selalu bisa mengungkapkan keinginan untuk belajar dan mau bertumbuh.

Sampaikanlah beberapa hal yang mau kamu kembangkan setelah bekerja dengan perusahaan. Tunjukkan kalau kamu tertarik untuk tahu lebih banyak soal apa yang kamu kerjakan saat ini.

Contohnya, katakanlah “Aku berharap bisa menambah skill tentang akuntansi. Sehingga aku bisa melakukan lebih banyak hal dalam pekerjaan ini dan punya pemahaman lebih baik tentang ritme pekerjaan ini. Kalau bisa aku ingin bertemu dengan orang yang terakhir kali memegang posisi ini.”

Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang berpikiran luas

Dalam wawancara kerja, ada beberapa jebakan yang dipasang oleh pewawancara. Karena itu pastikan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang berpandangan luas. Bukan hanya itu, tapi juga solve problem. Sehingga pertanyaan sesulit apapun yang diajukan, kamu pasti akan bisa menjawabnya dengan bijak.

Jadi, sekalipun kamu gak bisa memastikan dimana dan menjadi apa kamu lima tahun ke depan. Dengan mengikuti tips di atas kamu bisa melewatinya dengan baik.

Sumber : Monster.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7266

advertise with us