Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
227


Yang suka main game pasti tau bahwa kekalahan adalah bagian dari permainan, ngga mungkin kamu bisa menang terus-terusan. Demikian juga dalam kehidupan, setiap area hidupmu pasti ada saat-saat dimana kamu akan mengalami kekalahan dan kadang juga kemenangan.

Kalau kamu pernah main game bareng teman, kamu pasti akan melihat berbagai respon saat orang mengalami kekalahan. Ada yang biasa saja, ada yang kesal, ada yang marah, atau bahkan ada nantangin untuk main lagi karena ngga terima dengan kekalahannya.

Bagaimana kamu merespon sebuah kekalahan dalam hidupmu, bahkan untuk sebuah kekalahan kecil seperti kalah saat main game?

Mengapa saya bertanya demikian? Karena respon kita terhadap hal-hal sepele seperti kalah main game adalah reaksi otomatis yang muncul dari sikap dan nilai-nilai yang telah tertanam hingga alam bawah sadar kita. Hal itu bisa memberikan gambaran bagaimana secara umum kita meresponi ketika kita menghadapi situasi kalah atau kegagalan.

Jika kamu bisa menghadapi kekalahan dengan lapang dada atau legowo, itu bagus. Namun jika kita lihat situasi di Indonesia beberapa waktu ini, ada orang-orang yang tidak bisa menerima kekalahan dan bahkan memaksakan bahwa dirinya harus menang, tentu saja jika seseorang bersikap seperti ini terus-menerus pada akhirnya akan berdampak kepada kesehatan mentalnya.

Nah, kita sebagai orang Kristen nih, terutama bagi para single yang biasanya sangat kompetitif, gimana sih seharusnya kita meresponi kekalahan dalam bidang apapun di hidup ini?

1# Berhenti sejenak untuk menerima kekalahan itu dan melakukan evaluasi

Ketika kamu mengalami kekalahan, tidak jarang kamu tidak bisa melihat situasi dan kondisimu dengan pikiran yang jernih dan obyektif. Untuk itu ambilah waktu untuk berhenti sejenak untuk mengeluarkan semua emosi yang kamu rasakan, mungkin itu kecewa, marah dan sedih.

Yang paling penting adalah jangan menyangkali kenyataan yang ada. Kamu harus menerima situasi itu apa adanya, sebab kekalahan bukanlah akhir segalanya. Jika kamu menyangkali kekalahan tersebut, kamu hanya akan membohongi dirimu sendiri.

Selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah melakukan evaluasi, apa yang bisa diperbaiki sehingga ke depan kamu bisa menjadi lebih baik lagi. Percayalah bahwa jika Tuhan mengijinkan kamu mengalami kekalahan dalam hal ini, Dia menginginkan kamu untuk menjadi lebih baik lagi. Segala sesuatu ada dalam kendalinya Tuhan, bahkan Ia memakai kekalahan terburukmu untuk merenda hari depanmu yang indah.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Roma 8:28

2# Tetaplah rendah hati dan berikan ucapan selamat kepada yang menang

Milikilah kerendahan hati yang adalah karakter Kristus, ucapkanlah selamat dengan tulus kepada pihak yang menang. Milikilah jiwa yang besar dengan berani mengakui kelebihan dan keberhasilan dari lawanmu.

Jangan biarkan egomu mengaburkan pikiran dan penilaianmu, dengan menyerang lawanmu dengan berbagai komentar negatif karena kemenangan tersebut. Kendalikan emosimu, dan tetaplah membangun hubungan yang baik dengan orang tersebut, bahkan jika mungkin, kamu bisa belajar dari dia, apa yang menjadi kelebihannya dan apa yang menjadi faktor utama membawanya kepada kemenangan.

Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmat ada pada orang yang rendah hati. ~ Amsal 11:2

3# Tetaplah positif dengan masa depanmu, buatlah rencana untuk langkah selanjutnya

Ada kata-kata bijaksana yang berkata, “Kekalahan adalah kemenangan yang tertunda.” Jadi, jangan berhenti karena sebuah kekalahan, miliki sikap yang positif terhadap masa depan dan juga mimpimu. Bukan tidak mungkin jika ke depan nanti kamu pada akhirnya bisa meraih kemenangan jika kamu tidak berhenti bekerja keras untuk mencapainya.

Jadi, buatlah rencana untuk mencapai impian itu kembali. Berlatihlah, belajarlah, dan bertumbuhlah dengan tekad yang kuat. Tunjukkan bahwa kamu bukan orang yang mudah patah semangat, jalankan setiap rencanamu itu dengan tekun.

Libatkan Tuhan dalam setiap rencanamu, mintalah bimbingan Roh Kudus dalam setiap langkah yang kamu buat. Katakanlah kepada Tuhan, “datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu..” atas hidupku. Ya, bukan rencanamu dan kehendakmu, tapi pastikan yang terjadi dalam hidupmu adalah rencana dan kehendak Tuhan.

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.  ~ Yesaya 55:8-9

Nah, tiga langkah tersebut jika kamu lakukan, percayalah bahwa kekalahan seburuk apapun bisa kamu lalui dengan baik.

Rasul Paulus menuliskan kepada jemaat di Roma, “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.” (Roma 8:37). Kemenangan kita ada di dalam Kristus, untuk itu milikilah sikap hidup dan cara pandang Kristus dalam segala situasi, termasuk saat menghadapi kekalahan. Biarlah Kristus dimuliakan melalui segala keadaan.

Apakah kamu saat ini mengalami kekalahan dalam hidup yang ngga bisa kamu hadapi sendiri? Yuk hubungi SAHABAT24, di SMS/WA  atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240  bisa juga email ke [email protected]  atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI. Kami siap untuk membantumu. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7272

Banner Mitra September week 3