Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
594


Para arkeolog Israel baru saja mengumumkan penemuan sebuah materai tanah liat berusia 2600 tahun. Materai ini sendiri dibubuhi dengan sebuah nama bertuliskan huruf Ibrani ‘Nathan-Melech, Hamba Raja'.

Tim arkeolog yakin jika materai yang disebut ‘bulla’ itu adalah milik dari pegawai istana Raja Yosia, Natan-Melekh, yang disebutkan dalam 2 Raja-raja 23: 11. Benda kuno ini memiliki ukuran satu sentimeter.

“Karena dia tidak menyebutkan nama belakangnya, hanya nama depan(nya), kita bisa memahami kalau dia adalah orang yang cukup terkenal di sini di Yerusalem selama pertengahan abad ke-7 SM, tepatnya di jaman pemerintahan Raja Yosia,” kata Anat Mender-Geberovich, salah satu arkeolog dari The Hebrew University, seperti dikutip dari Christianheadlines.com.

Dia menjelaskan, di masa itu seseorang yang terpandang di tengah masyarakat memang tak perlu mencantumkan garis keturunan keluarganya. Natan-Melekh sendiri dipastikan adalah sosok yang terpandang di masa itu.

Sementara, berdasarkan sejarahnya, materai tanah liat pada masa itu digunakan untuk menandatangani surat.

Para arkeolog menemukan materai ini di bawah reruntuhan bangunan di Kota Daud, Yerusalem.

“Puing-puing batu besar, balok kayu yang terbakar dan banyak pecahan tembikar hangus ditemukan di gedung itu, semua mengindikasikan kalau benda-benda itu selamat dari kebakaran hebat (masa perang saat itu),” demikian pernyataan yang disampaikan dalam siaran pers.

Baca Juga:

Penemuan Tembikar kuno, Buktikan Kebenaran Alkitab

Temuan Ini Yakinkan Arkeolog Kisah Bangsa Israel Sebrangi Sungai Yordan di Alkitab Benar

Sebagaimana diketahui, Yosia adalah salah satu raja bangsa Yehuda yang dikenal saleh dan baik hati. Dia memerintah setelah Raja Daud dan Salomo. Yosia menjadi raja di usia delapan tahun dan memerintah selama 31 tahun lamanya. Di bawah kepemimpinannyalah, Natan-Melekh bekerja sebagai pegawai istana.

Materai kuno bertuliskan nama Natan-Melekh ini, menurut Mender-Geberovich sebagai bentuk korelasi antara Raja Yosia dan Natan.

“Meskipun masih belum pasti apakah Natan-Melekh yang disebutkan dalam Alkitab sebenarnya adalah pemilik cap ini, tapi kita tidak bisa mengabaikan beberapa detail yang menghubungkan keduanya,” kata Mendel-Geberonich.

Tentu saja bulla ini bukan satu-satunya penemuan arkeolog yang membuktikan sejarah yang ditulis dalam Alkitab benar-benar terjadi. Terdapat sejumlah benda bersejarah yang ditemukan dalam penggalian di sekitar kota bersejarah di Yerusalem telah membuktikan sedikit demi sedikit kebenaran dari sejarah di dalam Alkitab.

Sumber : Christianheadlines.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7268

Banner Mitra November Week 2