Temuan Ini Yakinkan Arkeolog Kisah Bangsa Israel Sebrangi Sungai Yordan di Alkitab Benar

Temuan Ini Yakinkan Arkeolog Kisah Bangsa Israel Sebrangi Sungai Yordan di Alkitab Benar

Lori Official Writer
4170

Baru-baru ini tim arkeolog kembali mengumumkan penemukan terbaru mereka terkait situs yang terletak di dekat Sungai Yordan. Mereka meyakini temuan ini merupakan bukti sejarah dari perjalanan pengembaraan bangsa Israel dari Mesir.

Arkeologi Ralph K. Hawkins dan David Ben-Shlomo mengklaim penemuan berupa sisa-sisa bangunan nomaden itu pertama kali ditemukan di Lembah Sungai Yordan Khirbet el-Mastarah. Mereka meyakini bahwa hal ini berhubungan dengan kisah pengembaraan bangsa Ibrani seperti yang tertulis dalam kitab Keluaran.

“Kami belum membuktikan bahwa kamp-kamp ini berasal dari periode orang Israel awal, tapi hal itu mungkin saja. Kalau memang demikian, jejak ini mungkin cocok dengan kisah Alkitab tentang orang-orang Israel yang datang dari timur Sungai Yordan, kemudian menyeberangi Sungai Yordan dan kemudian memasuki daerah perbukitan Israel,” kata Ben-Shlomo, seperti dikutip dari Christiandaily.com, Selasa (25/9).

Baca Juga :

Penemuan Mumi Kuno Ini Diyakini Berkaitan dengan Keturunan Putra Nuh Loh!

Penemuan Ini Dukung Kebenaran Alkitab Soal Orang Kanaan

Temuan yang dilakukan pada musim panas 2017 ini telah mereka publikasikan dalam Ulasan Arkeologi Alkitabiah edisi Juli/Agustus 2018, dengan catatan bahwa reruntuhan itu identik dengan jejak dari Zaman Besi atau kehidupan di sekitar masa Keluaran. Hal ini dibuktikan dari temuan reruntuhan batu dan pecahan tembikar yang berasal dari Zaman Perunggu Akhir (1400-1200 SM) atau Zaman Besi (1200-1000).

“Pada akhir musim 2017, kami dikejutkan oleh gambaran menarik yang mulai muncul di Lembah Yordan, wilayah yang sampai saat ini tidak dikenal secara arkeologis. Dalam jarak hanya beberapa mil, kami mungkin bisa melihat evolusi Israel awal dari budaya skala domestik (di Khirbet el-Mastarah) ke budaya berskala politik (di Khirbet ‘Auja el-Foga yang diidentifikasi sebagai kota kuno Ataroth (Yosua 16: 5)),” demikian disampaikan Ben-Shalomo dan Hawkins.

Seperti diketahui, kitab Keluaran adalah bagian kitab kedua di dalam Perjanjian Lama yang masih mengundang beragam perdebatan akan keakuratan sejarahnya. Beberapa ahli alkitab mempertanyakan klaim soal kisah pegembaraan orang Israel awal dari Mesir selama periode itu. Tapi dengan temuan ini, diharapkan aka nada titik terang untuk mengungkapkan bahwa kisah itu bukanlah hayalan atau dogeng belaka. Tapi adalah sebuah kisah bersejarah yang konkrit dan terbukti.

Sumber : Christiandaily.com/Jawaban.com

Ikuti Kami