Begini Cara Gampang Terangkan Arti Paskah ke Anak Lewat Aktivitas Sederhana (Part 2)

Begini Cara Gampang Terangkan Arti Paskah ke Anak Lewat Aktivitas Sederhana (Part 2)

Lori Official Writer
1188

Dengan sikap polosnya, anak bisa mempertanyakan semua hal soal makna pernak pernik Paskah. Gak jauh beda saat mereka bertanya-tanya soal lampu kelap kelip Natal, pohon terang, bayi dalam palungan dan sebagainya.

Di artikel bagian pertama, kita sudah bahas soal cara ajarkan anak soal Paskah lewat sebutir telur. Nah, kalau ternyata orangtua masih kesulitan menjelaskan Paskah ke anak dengan cara itu. Jangan takut! Masih ada banyak cara yang bisa kamu terapkan.

Di artikel kali ini, penulis kasih beberapa cara sederhana ini.

1) Ajak anak baca kisah Alkitab bersama-sama

Belilah Alkitab bergambar khusus untuk anak. Lalu mulai ajarkan anak soal Paskah dari kisah Yesus. Aktivitas ini akan memungkinkan orangtua dan anak membangun percakapan yang solid.

Misalnya, waktu anak bertanya soal hubungan telur dengan Paskah atau kenapa Yesus harus mati? Cobalah untuk memakai bahasa sederhana untuk menjelaskannya.

2) Ajak anak ke ibadah Paskah

Dengan menyaksikan dan mengalami sendiri, anak akan menemukan semua jawaban dari pertanyaannya. Sebelum anak mulai bertanya tentang banyak hal yang dia gak ngerti, akan lebih baik dia menemukan sendiri jawabannya.

Nah, momen Paskah bulan ini adalah waktu yang tepat untuk semua orangtua mengajarkan anka soal makna Paskah. Ajaklah anak untuk ikut ibadah atau perayaan Paskah di gereja.

Pelan-pelan, perkenalkanlah anak soal semua hal yang identik dengan Paskah. Contohnya, kenapa ada telur Paskah. Apa fungsinya kelinci di hari Paskah. Atau kenapa Yesus bisa bangkit dari kubur padahal Dia sudah mati?

Baca Juga :

Begini Cara Gampang Terangkan Arti Paskah ke Anak Lewat Sebutir Telur (Part 1)

Nggak Cuma Senang Dapet Telur Paskah, Anak Perlu Tahu Empat Hal Ini Soal Paskah

3) Nonton film Paskah

Ada banyak tayangan film Paskah khusus untuk anak yang tersedia. Tayangan animasi Alkitab Superbook juga menyediakan seri film Paskah untuk anak loh. Film ini bisa jadi bahan yang disarankan untuk ditonton oleh anak di momen Paskah ini.

Jadi, ajaklah anak nonton salah satu film soal Paskh. Lalu mulailah menjelaskan arti Paskah melalui film itu.

Sebagai orangtua Kristen, kita memang berkewajiban untuk memperkenalkan pribadi Yesus kepada anak-anak kita. Tapi supaya anak mau mengenal dan mengasihi Tuhan, sangat penting bagi orangtua untuk lebih dulu mengerti tentang makna pengorbanan Yesus di kayu salib. Karena dengan itulah, orangtua akan lebih mudah memberi pemahaman kepada anak.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Ikuti Kami