Share this article :

Nggak Cuma Senang Dapet Telur Paskah, Anak Perlu Tahu Empat Hal Ini Soal Paskah

 Thu March 30th, 2017
 1285

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Contributor
 

Nggak Cuma Senang Dapet Telur Paskah, Anak Perlu Tahu Empat Hal Ini Soal Paskah Sumber : Jawaban.com

Masa paskah adalah momen sakral bagi umat Kristiani selain Natal. Di masa ini, kita belajar bahwa paskah adalah soal kemenangan dan keselamatan yang diberikan oleh Yesus kepada semua umat manusia. Karena itulah penting sekali bagi semua umat Kristiani untuk memahami pentingnya makna paskah ini.

Paskah memang menjadi perayaan yang menyenangkan dan semua orang menikmatinya, termasuk anak-anak. Ornamen paskah mulai dari telur paskah atau pragmen penyaliban Yesus membuat semua orang bersemangat. Tak cuman hanya menikmati keseruannya, kita juga patut menjadikan momen paskah ini sebagai waktu yang tepat untuk mengajarkan anak-anak soal empat hal penting ini:

1. Kisah Penebusan

Di masa-masa menjelang paskah, bagikanlah soal kisah penciptaan dan kejatuhan. Setelah itu bagikan soal janji-janji Allah yang dituliskan dalam Perjanjian Lama dan nubuatan tentang Mesias yang tertulis dalam Yesaya 53. Ceritakanlah perjalanan kisah kelahiran Yesus, pembaptisan dan pelayanan-Nya. Lalu satu minggu sebelum paskah, ajarkanlah anak soal perjalanan terakhir Yesus sebelum disalibkan. Itulah momen dimana Yesus menyelesaikan tugas-Nya dibumi untuk menggenapi janji penebusan dosa manusia.

2. Kisah Kebangkitan

Peristiwa kebangkitan Yesus dari kubur adalah puncak terpenting dari keyakinan kekristenan. Dalam surat Paulus, dia menekankan soal pentingnya makna kebangkitan Yesus. Katanya, “Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.” (1 Korintus 15: 16-19)

Karena itu, ajarlah anak-anak soal pentingnya kebangkitan Yesus bagi keselamatannya. Berilah pemahaman bahwa kebangkitan Yesus terjadi karena dia adalah Anak Allah yang sempurna. Kubur dan kematian tidak bisa menahan-Nya untuk mengalahkan dosa dan kematian. Selain itu, kebangkitan-Nya menjamin kebangkitan tubuh masa depan kita.

3. Yesus Sebagai Pusat dari Perayaan Paskah

Setiap kali merayakan paskah, akan banyak kegiatan atau acara-acara seru yang dibuat oleh gereja ataupun sejumlah lembaga gereja. Beragam ornamen pasakah pun bermunculan, salah satunya telur paskah. Nah, supaya anak tak hanya tahu kalau paskah itu soal telur dan perlombaan saja, ada baiknya menceritakan kepada mereka bahwa paskah itu bicara soal pengorbanan Yesus. Ajarkan anak bahwa paskah harusnya dipusatkan hanya kepada Yesus dan sebagai momen untuk bersyukur karena dibebaskan dari hukuman dosa.

4. Paskah Bicara Soal Teladan Yesus

Paskah adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak soal ketaatan sempurna Yesus kepada Bapa-Nya. Karena itulah, sebagai anak-anak Allah kita harus hidup meneladani Yesus. Saat kita melakukan seperti apa yang sudah Yesus lakukan, kita akan melihat Yesus hidup di dalam kita. Inilah kebenaran yang diwariskan Yesus kepada orang-orang yang percaya kepada-Nya.

Yesus adalah korban yang sempurna di kayu salib dan Dia hanya akan melakukannya sekali untuk selamanya demi menyelamatkan kita dari dosa. Itulah makna perayaan paskah yang sesungguhnya yang patut kita sampaikan kepada anak. 

Sumber : Desiringgod.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Charles Rosidi 29 May 2017 - 08:33:47
Untuk pekerjaan dengan banyaknya masalah yang haru... more..

Febby Makatumpias 28 May 2017 - 18:51:27
Syalom, selamat malam. Saya baru disini, saya ingi... more..

Gare HogPok 23 May 2017 - 10:28:16
Selamat pagi dan salam Sejahtera bagi kita semua. ... more..

Tato' Tambing 22 May 2017 - 09:09:32
Syallom selamat pagi, mohon di doakan untuk hubung... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Berkorban Karena Cinta
Berkorban Karena Cinta
Salah satu kerinduan terbesar Daud adalah membangun Bait Suci. Meskipun yang membangunnya adalah Sal...