Kesepian Jadi Masalah Terbesar Kesehatan Mental Milenial, Franklin Graham Beri Solusi Ini
Sumber: Pexels.com

Internasional / 13 March 2019

Kalangan Sendiri

Kesepian Jadi Masalah Terbesar Kesehatan Mental Milenial, Franklin Graham Beri Solusi Ini

Puji Astuti Official Writer
2544

Sebuah penelitian dilakukan terhadap anak-anak muda Amerika, disimpulkan bahwa internet dan sosial media berhubungan dengan epidemi rasa kesepian dan berkontribusi pada masalah mental seperti depresi dan kegelisahan yang banyak di derita para milenial dan generasi Z.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti terlalu lama melihat kehidupan orang lain yang sepertinya sempurna saat ditampilkan di sosial media, atau terlalu banyak melihat diri sendiri, akan menggiring anak-anak muda itu merasa rendah diri atau terabaikan. Perasaan seperti itu bisa menjadi buruk menjadi depresi berat.

Hasil penelitian dari Pew Research Center menunjukkan bahwa anak-anak remaja Amerika melihat teman-temannya banyak yang mengalami depresi dan kegelisahan. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah masalah akademis, keuangan, dan masa depan, namun penampilan diri dan penerimaan dari sekitar juga berperan besar.

“Sebanyak 3 dari 10 anak menyatakan mereka merasakan tekanan untuk tampil bagus (29%) dan agar bisa diterima dilingkungan sosial (28%),” demikian kutipan  hasil penelitian tersebut.

Bukan hanya dikalangan remaja, menurut survey The Cigna Health Insurance Company pada tahun 2018 lalu kepada lebih dari 20.000 orang dewasa di Amerika, hampir setengannya mengakui dirinya merasa kesepian (46%) dan terabaikan (47%). Tetapi generasi Z (usia 18-22 tahun) lah yang paling merasa kesepian dalam survey ini.

Menurut terapis berlisensi Dr.Linda Mintle kepada CBN News, hal ini disebabkan oleh hubungan di sosial media tidak memberikan keuntungan seperti hubungan dengan seseorang secara tatap muka langsung.

“Mereka butuh dalam hubungan yang nyata, muka dengan muka, keintiman,” demikian jelas Dr.Mintle.

Baca juga:
Peneliti Bocorkan Instagram Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental, Ini 3 Alasannya!

Super Receh, Tapi Nyatanya Ini 3 Hal Yang Bikin Para Milenial Bangkrut!

“Ada banyak penelitian yang mendukung hal ini, dalam komunitas kamu menemukan hubungan dengan orang lain yang mendukungmu dalam banyak hal. Mereka butuh sesuatu yang lebih dari hubungan yang dangkal yang sering kita dapati di online,” tegas Dr.Mintle.

Namun disisi lain, penginjil Franklin Graham menyatakan bahwa ada satu hubungan yang paling dibutuhkan oleh semua orang, untuk mengisi rasa kesepian dan kekosongan dalam hidup kita.

“Tidak peduli seberapa banyak teman yang kita punya, hati kita akan tetap merasa kosong, mendambakan, yang hanya bisa diisi dengan hubungan bersama Tuhan melalui Putra-Nya, Yesus Kristus, demikian ungkap Franklin Graham melalui akun Facebooknya.

“Jika kamu  datang pada-Nya dengan pertobatan atas dosa-dosamu dan iman, Dia akan langsung masuk dalam hatimu. Dia tidak akan meninggalkanmu atau melupakanmu. Kamu bisa berbicara pada-Nya kapan sa, dari mana saja, dalam situasi apapun. Dalam dunia yang gelap dan sepi ini, Dia mengasihimu dengan kasih yang kekal dan tidak akan mengecewakanmu,” demikian tambahnya.

Apakah kamu juga sedang bergumul dengan rasa kesepian, depresi dan kegelisahan? Jika benar, maka kamu bisa hubungi Sahabat24 untuk mengenal dan mengalami Yesus agar mengalami kebebasan. Yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA  atau telp di 1-500-224  dan 0811 9914 240  bisa juga email ke [email protected]  atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI. Kami siap untuk membantumu.

Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami