Peneliti Bocorkan Instagram Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental, Ini 3 Alasannya!
Sumber: Lifewire.com

Single / 23 October 2018

Kalangan Sendiri

Peneliti Bocorkan Instagram Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental, Ini 3 Alasannya!

Inta Official Writer
1836

Tahun 2017 kemarin, Royal Society for Public Health (RSPH) London, Inggris mencoba untuk mencari tahu sosial media mana yang paling berdampak buruk atau baik bagi kesehatan mental. Dalam penelitian yang bertajuk #Statusofmine, ada 5 platform media sosial yang dijadikan sebagai obyek penelitian.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 1.479 berusia 14-25 tahun di seluruh Inggris dan dilakukan dari Februari hingga Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan kalau Youtube berada dalam posisi teratas yang memberi dampak positif bagi penggunanya.

Kemudian di nomor dua ada Twitter, dilanjutkan Facebook dan Snapchat, terakhir ada Instagram yang dinyatakan sebagai platform sosial media yang paling berdampak negatif bagi para penggunanya. Nah, berikut adalah beberapa hal yang menjadikan Instagram mendapat nilai terendah untuk kesehatan dan kesejahteraan mental.

1. Menjadikan kita tinggi hati

Salah satu dampak buruk dari Instagram adalah karena kebiasaan pamer yang sering dilakukan oleh para pengguna Instagram. Dilansir dari Hipwee, dalam hasil survey tersebut menuliskan, “Sering melihat teman atau orang yang selalu bepergian atau bersenang-senang, bisa membuat orang muda merasa ketinggalan karena orang lain seperti sedang menikmati hidup. Perasaan ini akan membuat mereka selalu membandingkan dan merasa merana.”

Buat orang yang eksis di Instagram, melihat seseorang yang kayaknya punya barang lebih 'wah' atau rajin jalan-jalan bisa membuat ketergantungan karena kebutuhan akan eksistesi diri. Beberapa dari orang juga punya kecenderungan merasa ketinggalan jaman saat tidak bisa mengikut trend, sehingga membuat dirinya kehilangan kepercayaan dirinya.

2. Waktu yang dipakai untuk bermain Instagram sering menyita waktu tidur pengguna

Masih dari peneliti yang sama, mereka meneliti sejumlah orang di Inggris dan menyatakan kalau kurang tidur bisa menyebabkan sepertiga orang merasa depresi dan lebih dari setengahnya menjadi stres. Jadi, mulai sekarang, kita harus bisa memperhatikan pola tidur kita. Jangan sampai kita kurang tidur karena keasyikan bermain Instagram ini.

3. Membuat orang lain kehilangan gambar dan citra tubuhnya sendiri

Setiap kita pasti cenderung ingin mengunggah foto terbaik kita di Instagram, kan? Karena kecenderungan ini, tanpa sadar kita jadi sering mengkritisi diri kita sendiri. Kita pengin punya hidung seperti si A, pengin punya perut langsing seperti si B, atau bahkan sampai terdorong untuk mengubah penampilannya total lewat operasi plastik.

Layaknya sebuah iklan, orang-orang di Instagram rasanya punya standar kecantikannya tersendiri. Padahal, kita sebagai orang percaya pasti sudah menyadari kalau setiap orang terlahir sempurna di mata Tuhan. Karena Tuhan sendiri lho, yang menenun kita sejak dalam kandungan.

Nah, lewat survey di atas, kita belajar untuk bisa menggunakan platform sosial media dengan wajar. Kalau dikiranya Instagram justru sering bikin kita membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, iri hati atau malah jadi tukang kritisi orang lain, ada baiknya kita berhenti sejenak untuk menggunakan media sosial ini.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami