Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
1265


Sebuah band black metal dilarang melakukan konser di Singapura karena lagu-lagunya dianggap anti-Kristen. Pelarangan tersebut dibuat oleh Info-Communications Media dan Development Authority (IMDA) hanya beberapa jam sebelum pertunjukan akan dilakukan.

Grup band Waitan itu dibentuk pada tahun 1998 di Swedia, dan grup ini menjadi terkenal karena pandangan  Setanisme Theistik mereka.

“Saya melihat liriknya – ada empat huruf pada kata Yesus Kristus, pada Kekristenan, pada agama, menyalahgunakan lambang salib – segala sesuatu yang sudah keluar batas dimana saya tidak bisa melihat bagaimana kami bisa menyetujui (konser-red) itu,” demikian pernyataan Menteri Dalam Negeri Singapura K Shanmugam, pada Sabtu (09 Maret 2019) lalu.

Watain dijadwalkan tampil di Singapura Kamis lalu, tetapi konser mereka dilarang oleh Infocomm Media dan Development Authority (IMDA), setelah lembaga itu mendapat peringatan tentang “kekuatiran akan keamanan” dari Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga:

Perjalanan Iman Gitaris Band Metal Korn Brian 'Head' Welch Yang Cadas

Di Hadapan Para Pemimpin Komunitas Muslim Singapura, Pendeta ini Meminta Maaf

Sikap Menteri Dalam Negeri ini dibuat setelah ada keluhan dari pendeta-pendeta Kristen.

“Para pendeta Kristen, ketika mereka berbicara dengan saya berkata,’Kamu sangat, sangat keras ketika berhadapan dengan anti-Muslim, pesan anti-islam,’” demikian Shanmugam menjelaskan sambil mengacu pada dilarangnya kartun dari Denmark yang anti-Islam dan buku berjudul “Satanic Verses” tulisan Salman Rushdie.

Para pendeta itu menyatakan pada Shamugan bahwa lirik-lirik lagu grup band ini lebih parah dari kedua hal itu.

“Apa yang dikatakan oleh orang-orang ini (band Watain-red) justru lebih buruk, ini (apa yang dikatakan-red) ratusan kali lebih buruk tentang Kekristenan – bagaimana Anda bisa membiarkan saja?” demikian keluhan para pemimpin gereja yang sampai ke Menteri Dalam Negeri Singapura.

Mengakui adanya kebenaran dalam pernyataan para pemimpin gereja itu, Menteri Dalam Negeri membuat pendekatan berbeda dalam kasus ini. Walau demikian, ia menyatakan bahwa tidak semua band yang liriknya menentang Kekristenan akan dilarang.

Menurut Menteri Dalam Negeri banyak orang dalam komunitas multi kultur tidak mengerti bahwa konser tersebut anti-Kristen dan bahkan liriknya mengajak untuk membakar gereja. Ia pun menyoroti foto viral anak muda Melayu yang berfoto dengan band tersebut dengan mengacungkan jari tengah. Ia kuatir selanjutnya akan ada kelompok Kristen yang melakukan aksi balasan.

Untuk itu ia mengajak untuk mengedukasi anak muda tentang pentingnya memperlakukan orang lain seperti kamu harap dirimu diperlakukan.  Ia pun menegaskan jika ada konser sejenis yang anti-Islam, hal itu pun akan dilarang. Ia pun mengajak orang-orang Muslim Melayu membayangkan bagaimana perasaan mereka jika saat itu ada sekelompok etnis China yang berfoto mengacungkan jari tengah sebagai protes larangan konser tersebut.

“Jadi kita harus mengirimkan pesan bahwa ini bukanlah cara berpikir komunitas Muslim. Ini adalah pendukung grup black metal, mereka bukanlah komunitas mainstream,” demikian tegas Shanmugam.

Serupa dengan Indonesia, Singapura adalah negeri dengan komunitas multi etnis, budaya dan agama. Tentu saling menghormati dan menjaga kesatuan dalam kebhinekaan sangatlah penting. 

Sumber : Channelnewsasia.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3