Ini Tiga Keuntungan Pakai Podcast Untuk Memulai Bisnis
Sumber: Rialto Mobile Marketing

Finance / 4 March 2019

Kalangan Sendiri

Ini Tiga Keuntungan Pakai Podcast Untuk Memulai Bisnis

Lori Official Writer
4120

Kata podcast mungkin masih cukup asing buat sebagian besar dari kita. Tapi di era digital ini, masa depan podcast tampaknya cukup baik bukan hanya sebagai alat untuk publikasi pribadi, tapi juga jadi strategi marketing yang baik bagi bisnis.

Seperti diketahui, podcast adalah rekaman asli audio atau video, rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan atau acara lain. Podcast ini sendiri biasanya ditampilkan per episode. Yang paling menarik, media penyiaran ini bisa menjangkau semua orang secara efektif dan gratis.

Nah, melihat potensi digital ke depan yang semakin dibutuhkan oleh semua orang. Platform seperti aplikasi pemutaran lagu atau penyiaranpun menyediakan podcast sebagai alat yang jauh lebih efektif untuk mendapatkan informasi lebih setelah Youtube.

Hanya dengan lewat ponsel pintar yang ada di tangan, semua orang bisa mengakses beragam informasi sesuai dengan kebutuhannya. Dan salah satunya adalah kebutuhan akan informasi seputar bisnis.

Peralihan fungsi podcast dari media untuk memanjakan diri dengan menikmati suara sendiri pun membawa media ini menjadi lahan untuk berbisnis. Salah satunya adalah dengan memproduksi acara bincang-bincang digital seputar bisnis. Hal ini dianggap sebagai taktik pemasaran yang sangat efektif saat ini.

Ada tiga keuntungan kepada para pengusaha perlu memakai podcast dalam pemasaran bisnisnya.

1. Podcast bisa jadi media efektif untuk menjaring konsumen

Hosting podcast bisa membantu para pengusaha untuk menemukan audiens baru dan terjaring dalam bisnis. Hal ini menjadi mungkin karena podcast menyediakan layanan berlangganan dan memudahkan pendengar untuk membangun hubungan dengan para pendengar yang loyal.

Lewat podcast, para pengusaha juga bisa meningkatkan pengunjung ke website karena seringnya pendengar pasti akan mencari website resmi sebuah perusahaan yang membuat mereka merasa tertarik dan mencari informasi yang lebih banyak terkait siaran yang mereka dengar.

2. Podcast bisa jadi sumber pendapatan tambahan bagi perusahaan

Menurut Biro Periklanan Interaktif, industri podcasting mencapai rekor 314 juta dolar AS dalam pendapatannya selama 2017. Hasil ini 86 persen jauh meningkat dibanding pendapatan di tahun 2016. Pertumbuhan yang baik ini masih diperkirakan terus naik dan akan mencapai angka 659 juta dolar AS pada tahun 2020 mendatang.

Jika podcast sebuah perusahaan benar-benar bertumbuh dengan baik, sangat memungkinkan untuk memonetisasinya dalam bentuk konten bersponsor, bermerk resmi, dan iklan berbayar. Dari sinilah perusahaan bisa mendapatkan pendapatan tambahan selain dari penjualan yang dilakukan secara konvensional.

Baca Juga :

Suka Ngeluh Uang Kaum Millenial Habis Buat Beli Makanan? Ini Sebabnya…

Menurutmu Siapa yang Paling Tuhan Berkati: Yang Kerja Keras atau Yang Cuma Berdoa?

3. Podcast bisa jadi media untuk menjual brand perusahaan

Kalau kamu sedang membangun sebuah perusahaan yang masih benar-benar baru, cobalah untuk memperkenalkannya lewat podcast. Ini adalah salah satu media yang bisa membangun fondasi brand sebuah perusahaan. Dengan jangkauan yang sangat luas, brand perusahaanmu akan bisa didengar dan dikenal oleh orang-orang secara luas.

Tertarik mencoba yang satu ini? Cobalah dengarkan beberapa podcast bisnsi Kristen seperti Startup Camp, God Centered Success, Brand You Podcast, Goal Digger. Atau podcast bisnis Indonesia seperti Kajian Bisnis Online, Indigo Creative Nation dan Appscoast.

Sumber : Entrepreneur.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami