Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
431


Tuhan bisa mengubah hidup dan keadaan seseorang secara ajaib. Tapi hal itu hanya akan terjadi kalau kita berperan aktif di dalamnya.

Logikanya, seorang gelandangan tak bisa hanya berharap Tuhan memberkati hidupnya tanpa melakukan apa-apa. Tapi sebaliknya, seseorang yang bekerja keras gak akan mendapat apa-apa kalau melakukannya tanpa Tuhan.

Pernah gak sih kamu mendengar debat antara dua kubu yang berbeda pemikiran soal berkat? Satu kubu percaya kalau dengan bekerja keraslah berkat Tuhan akan dicurahkan. Sementara di kubu lain meyakini kalau hanya dengan percaya saja maka Tuhan akan memenuhi semua kebutuhan kita.

Kubu yang mana yang paling kamu anggap benar?

Jawaban yang paling tepat berdasarkan pola pikir ilahi adalah bahwa kita tidak bisa berharap saja Tuhan akan memberkati kita kalau kita tidak mau bekerja keras. Tapi kita juga tidak akan mendapat apa-apa kalau kerja keras kita tidak menyertakan Tuhan.

Baca Juga :

Sukses Yang Kita Terima, Dari Hasil Kerja Keras Atau Karunia Tuhan?

Jadi Sukses Nggak Melulu Butuh Kerja Keras, Pastikan Kita Pakai 3 Cara Mudah Ini, Ya!

Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh Nehemia. Saat memimpin pembangunan tembok Yerusalem, dia memerintahkan para tukang bangunan untuk tetap membangun sembari berjaga-jaga. 

"Tetapi kami berdoa kepada Allah kami, dan mengadakan penjagaan terhadap mereka siang dan malam karena sikap mereka." (Nehemia 4: 9)

Di dunia ini, kita harus melakukan kedua-duanya secara seimbang. Kita harus bekerja keras sembari percaya kalau Tuhan akan mendengarkan doa-doa kita. Saat kita terlalu tergantung pada satu hal maka hal lainnya juga akan terdampak.

Bukan berarti Tuhan perlu kita bergerak lebih dulu supaya Dia bisa memindahkan gunung atau menjawab doa-doa kita yang lemah lembut dan begitu teduh. Dia adalah Tuhan yang punya kuasa. Dialah pencipta matahari, bintang-bintang, gunung-gunung dan lautan. Dia juga yang memenuhi semua bumi dengan keindahan, misteri dan segala jenis makhluk hidup. Sebenarnya, kalau bisa dibilang, Dia gak butuh kita untuk melakukan apa-apa.

Tapi Tuhan sendiri punya tujuan mulia atas setiap hidup kita. Dia membentuk kita dengan pemikiran rumit yang membuat kita mengambil pilihan kita sendiri. Kita diciptakan bukan hanya untuk bisa menjalankan kehendakNya tapi juga untuk memberikan kontribusi kita kepada dunia.

Setiap kita akan mengerjakan pekerjaan yang berbeda-beda. Dan hal ini pekerjaan kita bisa berubah-ubah tergantung pada musim kehidupan kita masing-masing.

Bisa jadi pekerjaanmu di musim ini adalah untuk membayar pinjaman dan kartu kreditmu. Akan ada kerja keras dan iman yang dibutuhkan untuk melakukannya. Kita pasti tidak hanya berdoa supaya pinjaman kita segera selesai atau tak ingin membayarnya sendirian. Jadi, kita butuh Bapa Surgawi kita dan mencari cara untuk melunasi utang kartu kredit kita.

Atau mungkin kita sudah mulai digelisahkan untuk mencari pekerjaan yang baru. Kita tidak akan pernah pergi kemana-mana kalau kita hanya menunggu kesempatan untuk pekerjaan yang baru. Kita perlu mencari pekerjaan di luar sana dan bertanya kepada Tuhan peluang pekerjaan apa yang Tuhan sediakan untuk kita. Usaha pencarian kita juga membutuhkan doa, perenungan Alkitab dan berinteraksi dengan komunitas lain.

Tuhan sendiri tidak berharap kalau kita yang memindahkan gunung kita sendiri. Kita tidak akan mampu karena kita bukan seorang pencipta alam semesta. Dia juga tidak menginginkan kita hanya berdoa tanpa melakukan apa-apa.

Karena itu, bergeraklah dan minta dukungan dari Tuhan. Mari bekerja keras sembari mencari kehendak Tuhan. Karena dengan melakukan dua cara inilah keadaan kita bisa diubah secara radikal.

"Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan." (2 Tesalonika 3: 10) 

Sumber : Stewardship.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

chrisnanto agung 22 March 2019 - 08:05:07

sidney mohede

0 Answer

Maria Meliany 21 March 2019 - 19:19:51

The child want the little to go back to it mom

0 Answer

Maria Meliany 21 March 2019 - 19:19:51

The child want the little to go back to it mom

0 Answer


Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Richard 18 February 2019 - 20:46:28
Tolong Doakan agar hutang saya dapat berkurang.

Banner Mitra Week 3


7247

Banner Mitra Maret Week 2