Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Menerima Bantuan dan Dukungan dari Orang Lain, Salah Satu Cara Belajar Rendah Hati Sumber : CBN.com

3 February 2019

February 2019
MonTueWedThuFriSatSun
123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728
 775
[Daily Devotional]

Menerima Bantuan dan Dukungan dari Orang Lain, Salah Satu Cara Belajar Rendah Hati

Keluaran 17: 10-13

Lalu Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek; tetapi Musa, Harun dan Hur telah naik ke puncak bukit. Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek. Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam. Demikianlah Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.  

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 34; Kisah Para Rasul 6; Keluaran 17-18

Saya memiliki pengakuan: Saya tidak sempurna. Sulit dipercaya, bukan? Apa yang saya tulis di bawah ini merendahkan, tetapi saya menaruhnya untuk dilihat dunia.

Tanggung jawab saya termasuk bekerja berjam-jam di rumah untuk memberikan penghasilan bagi keluarga saya, merawat suami saya, menangani masalah putra saya yang sedang berlangsung, melakukan semua belanja dan mengangkat barang berat, memasak, mengkoordinasikan banyak janji medis, bergulat dengan pekerjaan administrasi yang tidak pernah berakhir, membuat keputusan hidup yang penting, mengatur kebutuhan kesehatan saya sendiri (ketika saya dapat menyesuaikannya), berusaha untuk membuat dunia berputar, dan ... dan ... dan ... Sejujurnya adalah saya tidak bisa melakukan semuanya. Saya lelah.

Kadang-kadang saya berjuang hanya untuk mengangkat kepala saya saja, namun saya malu ketika pengunjung melihat kekacauan saya dan tumpukan panci dan wajan yang tidak dicuci di meja. Saya tidak ingin mereka tahu saya yang sebenarnya — seseorang yang memiliki kekurangan. Saya akui bahwa kadang-kadang saya kesulitan membiarkan orang masuk ke dalam hidup saya karena ada perasaan gila bahwa saya akan dihakimi atas apa yang belum saya lakukan.

Ya, saya tahu itu adalah pemikiran yang salah — berpikir bahwa saya dapat mengatasi setelah bertahun-tahun pencobaan dan tidak memiliki jalan lain selain mengandalkan bantuan orang lain. Saya akhirnya memahami kenyataan ini: Saya tidak bisa bertahan hidup tanpa dukungan dan bantuan orang lain.

Bahkan Musa tidak bisa. Ketika Yosua berperang melawan Amalek, Musa berdiri di puncak bukit dengan tangan terangkat dalam doa. Sementara tangannya terangkat tinggi, orang Israel menang. Tetapi ketika Musa berjuang dan lengannya turun karena kelelahan, musuh mengalahkan mereka. Harun dan Hur membawa sebuah batu dan mendorong Musa untuk duduk, dan mereka berdiri di sisinya untuk memegang tangannya sampai matahari terbenam. Karena dukungan mereka, pertempuran yang diawasi Musa dimenangkan.

Demikian juga kita bisa menghadapi pertempuran kita dengan bantuan orang lain.

Dalam banyak kesempatan teman, keluarga, dan anggota gereja datang berdampingan untuk menjaga saya agar tidak jatuh. Saya pernah menjalani operasi kandung empedu darurat yang memerlukan perawatan di rumah sakit selama tujuh hari hanya tiga minggu setelah putri saya lahir. Saya tidak bisa menggendongnya selama tujuh minggu. Saya juga memiliki seorang putra berusia dua puluh bulan di rumah. Itu akan menjadi situasi yang mustahil tanpa adanya bantuan orang lain.

Setelah kecelakaan yang kami alami dengan seorang  sopir yang mabuk, teman-teman dan kenalan datang ke toko buku Kristen dan usaha kami. Mereka melakukan beberapa pekerjaan,menjaga anak-anak, menjalankan tugas, dan mengawasi saya.

Selama masa-masa sulit dengan masalah kesehatan dan rawat inap suami saya, teman saya Jennifer merawat saya, dan teman saya Nancy merawat ketiga anak kami.

Baru-baru ini dengan perawatan kanker saya, banyak orang telah menopang keluarga kami melalui hadiah uang, makanan, pekerjaan di halaman, proyek rumah, doa, dan dorongan semangat.

Apakah menerima bantuan berarti saya lemah? Bahwa Musa lemah? Bahwa kamu lemah? Tidak. Itu berarti Tuhan menyediakan apa yang kita butuhkan untuk membuat kita tetap kuat. Ini pesan yang patut diingat.

Tuhan yang penuh kasih, terima kasih atas dukungan dan bantuan dari orang-orang yang peduli. Jika saya harus menghadapi pertempuran sendirian, saya tidak tahu bagaimana saya akan bertahan. Terima kasih telah mengetahui siapa yang saya butuhkan dan apa yang saya butuhkan dan kapan ketika saya membutuhkannya. Kamu sangat baik padaku. Saya suka berpikir bahwa saya bisa melakukan semuanya, dan saya merasa frustrasi ketika saya tidak bisa, tetapi kenyataannya adalah tidak ada yang bisa melakukannya. Engkau menciptakan kami untuk bersahabat dan bersekutu dan untuk saling menjunjung tinggi. Bahkan Musa menjadi lelah dan membutuhkan bantuan. Terima kasih telah mengingatkan saya bahwa menerima bantuan bukan berarti saya lemah. Itu karena Engkau sangat mencintaiku sehingga  membuatku kuat melalui kehadiran orang lain.

Pernyataan Kekuatan: Tuhan membuat saya kuat melalui bantuan orang lain. Saya akan dengan senang hati menerima dukungan mereka.

Refleksi dan Tanggapan: Bagaimana sikapmu saat harus menerima bantuan dari orang lain? Pertempuran apa yang kamu hadapi sehingga kamu tidak bisa selamat jika tanpa bantuan orang lain? Bagaimana rasanya saat kamu mendapat dukungan mereka? Apakah ada seseorang yang mungkin membutuhkan bantuan kamu hari ini?

Renungan ini adalah kutipan dari  buku berjudul “The Power to Be, © 2018 Twila Belk. Digunakan atas izin BroadStreet Publishing.

Sumber : Diterjemahkan dari CBN.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

agung setiawan 21 August 2019 - 14:27:12

Sebuah mesin yang bekerja menurut daur carnot men.. more..

0 Answer

George 21 August 2019 - 06:36:40

Puasa daniel yang benar

0 Answer

dewan toro 21 August 2019 - 06:27:14

Saben omah kudu duwe .... Uwuh

0 Answer


Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

andre s 10 May 2019 - 15:07:50
Teman2 Mohon di Doakan saya memiliki kebiasaan kec... more..

Banner Mitra Agustus Week 3


7274

Banner Mitra Agustus Week 3