Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
855


Karena itu, jika ada orang di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; hal-hal lama telah berlalu; lihatlah, semua hal telah menjadi baru. (2 Korintus 5:17)


Di hari kedua doa puasa 21 hari kami di awal bulan ini, ada cerita menarik yang membuat kami berapi-api berdoa untuk seorang pemuda yang merupakan salah satu anggota youth gereja kami.

Ceritanya, dia mulai membagikan apa yang didapatkannya dari sesi dua di hari kedua itu. Tanpa disangka-sangka pemuda ini justru menceritakan tentang dosa masa lalu yang membuatnya merasa begitu menyesal (untuk detail masalah yang dialaminya sangat dirahasiakan demi privasi yang bersangkutan). Dia takut kalau-kalau dosa itu membuatnya tak diampuni oleh Tuhan.

Saat sendiri di rumah, dia mengaku kadang punya pikiran untuk bunuh diri karena tak tahan dengan pikiran-pikiran yang seakan mengintimidasinya terkait dosa masa lalu tersebut.

Di satu sisi, sebagai anggota youth dia percaya kalau Tuhan Yesus sudah mengampuninya. Namun di sisi lain, muncul pikiran negatif yang membuatnya merasa begitu takut dengan kematian.

Pada intinya, kami mulai mengerti bahwa masalah yang sedang dialami pemuda ini adalah depresi dan tekanan besar yang timbul dari pengalaman masa lalu yang masih belum selesai.

Kami tahu bahwa yang dibutuhkan pemuda ini saat itu adalah membuka hati untuk mau dibaharui oleh Tuhan. Beban yang dia pikul membuat kami bertindak bersama untuk menolongnya. Setidaknya, kami bisa berpegangan tangan dan melepaskan doa dan perkataan firman atas dia. Tahukah kamu apa yang terjadi, sesuatu terjadi atas diri pemuda itu. Ada banyak perkataan firman, peneguhan, nubuatan dan penglihatan yang membuat bebannya terangkat. Dengan hati terbuka dia menerima perkataan yang disampaikan Yesus bahwa dia tidak sama lagi. Dia adalah manusia baru dan yang lama sudah berlalu .

Apakah kamu pernah merasa diintimidasi atau di bayang-bayang oleh masa lalu? Yang membuatmu menjadi pribadi yang penuh penyesalan, merasa tak diampuni, tak layak dihadapan Tuhan dan putus asa?

Lepas dari bayang-bayang masa lalu memang gak mudah. Tapi pasti bisa!

Ilustrasi tentang proses perubahan ini bisa kita lihat dari sebuah tayangan serial televisi Fixer Upper, dimana pasangan suami istri Chip dan Joanna Gaines yang merupakan tuan rumahnya sedang memilih rumah tua di Texas bagian Tengah. Itu adalah awal baru pernikahan mereka. Hal ini umum bagi pasangan muda yang baru mendapat rumah pertama mereka. Atau juga bagi pasangan pensiunan yang mencari tempat baru.

Baca Juga :

Seseorang Akan Menguji Imanmu Hari Ini, Apakah Kamu Siap?

7 Kunci Supaya Hidupmu Berdampak Besar Bagi Dunia dan Kerajaan Allah

Joanna, sang perancang, membuat rencana yang luar biasa, dan suaminya, Chip, pembangun, mengimplementasikannya. Ketika mereka merenovasi rumah tua itu, sulit dipercaya kalau rumah tua itu kini kelihatan baru.

Apakah kamu pernah berpikir bisa memiliki kehidupan yang baru seperti rumah tua itu? Apakah kamu pernah berpikir ingin menjalani hidupmu dengan langkah yang baru? Atau mungkin dalam pernikahanmu, mungkin dalam hubungan dengan keluarga, dengan teman atau dengan Tuhan?

2 Korintus 5:17 adalah jalan satu-satunya untuk membebaskanmu dari masa lalumu yang buruk.

“Jika ada orang di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; hal-hal lama telah berlalu; lihatlah, segala sesuatu telah menjadi baru ”.

Seperti diterjemahkan oleh J.B. Phillips, “Karena jika seseorang ada di dalam Kristus ia menjadi orang yang sama sekali baru — masa lalu telah selesai dan berlalu, semuanya telah menjadi segar dan baru.”

Tuhan Yesus bisa melakukan itu dalam hidupmu. Mungkin kamu merasa, "Hidupku kacau. Masa depanku rusak. Hidupku berantakan." Tapi semua masalah itu bisa jadi baru dan segar di dalam Yesus Kristus.


Di 1 Yohanes 1: 7 dikatakan, “Tetapi jika kita hidup dalam terang seperti Dia di dalam terang, kita memiliki persekutuan satu sama lain, dan darah Yesus Kristus, Anak-Nya, menyucikan kita dari segala dosa”

Perhatikan ayat ini menyebut semua dosa, bukan hanya satu jenis dosa saja.

Kamu juga bisa memulai awal yang baru dalam hidupmu. Kamu bisa memulainya sekarang. Tak peduli masalah apa yang sudah kamu lalui di tahun-tahun sebelumnya. Itu semua sudah diselesaikan  dengan darah Yesus di kayu salib. Kamu tak perlu lagi merasa dilumpuhkan oleh masa lalumu. Taruhlah semua beban itu di bawah kakimu dan perkataan bahwa kamu sudah dimerdekakan dengan kuasa darah Kristus.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3