Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
712


Dalam dunia kebencanaan, seperti misalnya saat menghadapi bencana gempa, kita diajarkan soal cara melindungi diri. Atau saat kita sedang terapung di lautan, kita harus tahu cara untuk bisa  survive di atas lautan sembari mencari pertolongan. Dan hal ini juga berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari. Seperti saat kita menghadapi suatu masalah, kita tentu saja butuh teknik yang tepat untuk menghadapinya bukan? Salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasinya biasanya adalah dengan respon kita yang benar.

Kita butuh respon yang tepat ketika kita:

  • Dilukai oleh orang lain
  • Dikritik
  • Tersinggung
  • Frustrasi karena ulah orang lain

Sebenarnya kita bisa bebas memilih untuk merespon hal-hal di atas dengan respon apapun. Tapi sebagai orang Kristen, firman Tuhan mengajarkan kita untuk memgambil tindakan yang benar untuk menghadapinya. Apakah kita mau memilih respon seperti yang diambil Adam dan Hawa dimana mereka saling menuduh dan berpura-pura seperti dalam Kejadian 3? Atau akankah kita meresponinya dengan pertobatan dan iman dari hati kita?

Kita adalah orang berdosa yang hidup di antara orang berdosa. Kita adalah orang yang akan selalu menghadapi gesekan dengan orang lain. Saat seseorang menyakitimu hari ini, yang paling kita butuhkan adalah mencari TTuhan untuk menguatkan kita menahan rasa sakit itu.

Hari ini, seseorang bisa melakukan kesalahan terhadap kamu. Tapi maukah kamu meresponinya dengan kebenaran? Apakah kamu mau berdamai dan mau mengampuni dia seperti yang diperintahkan Tuhan?

Atau mungkin kamulah yang merugikan atau melukai hati orang lain. Saat menyadari hal itu, maukah kamu mengakuinya dengan cara pandang firman Tuhan? Atau apakah kamu justru berdalih dan berpura-pura tak mengakui kesalahan itu? Atau mungkin kamu mulai menjadikan dirimu sebagai korban dengan mengasihani diri sendiri?

Kolose 2: 6 berkata, “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.”. Saat kita menerima Yesus lewat pertobatan dan iman, maka kita pun harus melakukan hal yang sama kepada orang lain. Dengan kata lain, inilah cara kita untuk mengenal Yesus lebih dekat (Efesus 5: 20) dan ‘membuat kita menjadi pribadi yang baru’.

Jadi, hal yang paling penting yang memang harus dipelajari dan direnungkan oleh orang-orang percaya adalah bagaimana menanggapi berbagai situasi yang akan mereka hadapi dengan caranya Tuhan.

Kita adalah orang berdosa yang hidup di dunia. Kita mungkin disakiti, dikhianati, fristrasi, sombong, jengkel, suka menghakimi, dan sebagainya. Kita pasti akan mengalaminya. Tapi apakah kita mau dilatih untuk menjadi pengikut Yesus yang meresponi setiap hal itu dengan pertobatan dan iman?

Cara sederhana yang bisa kita lakukan setiap pagi untuk membuat kita memiliki respon yang benar adalah dengan mempersiapkan diri kita dengan latihan rohani. Misalnya, bayangkan kamu berada di sebuah restoran. Saat berada di sana, kamu mendapati kalau WiFi nya lambat dan makanannya dingin. Meskipun kamu tergoda untuk melayangkan komplain atas pelayanan restoran itu, tapi kamu memilih untuk menyampaikan terima kasih atas pelayanan mereka dan menawarkan doa untuk restoran itu. Bisa jadi langkah itu justru membuat pihak restoran mulai menyadari kekurangan dari pelayanan mereka.

Cara ini bukan saja membuatmu menjadi pribadi yang panjang sabar, tetapi juga menjadikanmu sebagai saluran berkat bagi orang lain. Dan hal ini membuat kita mampu memuliakan Tuhan di tengah masalah yang kita hadapi.

Hari ini, kita mungkin akan berhadapan dengan berbagai macam masalah dengan orang lain. Ingatlah untuk memperbaiki respon pun lebih dulu. Taatilah firman Tuhan dengan menjadi pribadi yang rendah hati dan sabar akan seorang dengan yang lain.

Sumber : Christianity.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Carmel Lita 19 April 2019 - 14:19:30

Mohon doanya untuk ayah kami Ignatius Budi agar bi.. more..

0 Answer

fuamu 18 April 2019 - 14:26:35

bila pohon tumbang ke selatan atau ke utara

0 Answer

luh purnami 17 April 2019 - 18:30:26

Ketut sweda

0 Answer


Kalvin Kristianto 24 March 2019 - 06:35:58
Shaloom, Minta doa-doanya saudara sekalian, terunt... more..

Leonardo Leo 15 March 2019 - 09:48:08
Mohon bantuan doanya agar setiap usaha untuk melun... more..

Dian Parluhutan 9 March 2019 - 11:10:41
shalom Semua, mohon doa untuk terobosan Tuhan su... more..

2 March 2019 - 16:26:58
Mohon doanya agar Tuhan memberikan hati yang lebih... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7244

Mision Trip