Makin Menjalar, Kominfo Hadirkan Miss Lambe Hoaks Untuk Perangi Berita Bohong

Makin Menjalar, Kominfo Hadirkan Miss Lambe Hoaks Untuk Perangi Berita Bohong

Inta Official Writer
801

Hoaks yang menyebar bisa merugikan berbagai pihak. Menanggapi hal ini, kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis 'Lambe Hoaks' untuk memerangi berita-berita bohong yang ada.

Program ini merupakan sebuah audio visual yang membahas isu-isu hoaks yang sedang marak dibicarakan di internet.

 "Lambe Hoaks akan ditayangkan rutin setiap minggu melalui saluran media utama GPR TV dan akun resmi media sosial Kementerian Kominfo,”  kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu di Jakarta, Kamis (24/01/2019), dikutip dari Katadata.com.

Dengan persona Miss Lambe Hoaks yang menjadi sorotan, dirinya akan memaparkan 10 isu-isu hoaks yang paling banyak dibicarakan. Isu tersebut merupakan hasil temuan dari Tim Aduan Konten Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo.

Seperti yang diketahui, setiap harinya, Kementrian Kominfo memang banyak menerima informasi aduan konten hoaks. Distribusi penerimaan isu hoaks ini terbagi jadi tiga jalur: mesin pelacak, aduan masyarakat dan laporan atau surat edaran dari instansi atau lembaga pemerintahan itu diverifikasi untuk dikaji kebenarannya.

Pihak Kominfo juga menegaskan kalau mereka mengurangi penyebaran hoaks guna mencegah perpecahan yang bisa terjadi. Hoaks sendiri dinilai berpotensi menimbulkan dampak perpecahan bangsa. Selama ini,  pemerintah telah berupaya pemerintah menyampaikan berbagai klarifikasi kepada masyarakat.

“Agar masyarakat makin sadar bahwa hoaks ini berbahaya, jadi kami kemas dengan cara yang lebih menarik,” kata Ferdinandus.

Miss Lambe Hoaks juga sudah mulai bercakap dalam eposode pertamanya yang menampilkan su gelombang tsunami, ijazah palsu Presiden Jokowi, hingga isu bahayanya makan bakso sambil minum es karena bisa memicu kanker. Kontennya bisa dilihat melalui akun sosial media Miss Lambe Hoaks.

Sebagai orang percaya, kita memang sudah seharusnya menguji setiap hal yang diterima. Hal ini sesuai dalam 1 Tesalonika 5:21, "Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik."

Untuk itu, biasakan untuk membaca terlebih dahulu berita yang kita konsumsi. Setiap berita hoaks yang berhenti di kita bisa berarti banyak, lho. Mulai jadi netizan pintar, yuk.

 

Sumber : katadata
Halaman :
1

Ikuti Kami