Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
188


Bulan liburan Natal dan Tahun Baru adalah waktu yang paling pas untuk meluangkan waktu bermalas-malasan di sofa sembari nonton. Kamu berpikir kalau kesibukan dan kelelahan yang sudah kamu lewati sepanjang tahun akan terbalas dengan bersantai-santai ria dan bahkan menghabiskan sepanjang hari dengan tidur.

Tapi jangan buru-buru senang dulu. Mungkin dengan tahu alasan ini, kamu bakal mikir ulang lagi rencana menyenangkan itu sejenak.

Para pakar mengatakan kalau tidur yang baik bisa kita peroleh selama 7-8 jam per hari. Tapi melebihi dari porsi tersebut, rupanya aktivitas tidur justru hanya akan merugikan kita loh.

Menurut ahli fisiologi Andrea Houston, tidur berlebihan bisa menyebabkan efek negatif pada ritme sirkandian kita atau jam internal tubuh kita yang membuat kita merasa berenergi dan mengantuk di sepanjang waktu.

“Tidur berlebihan bisa berdampak pada produksi dan pelepasan serotonin dan melatonin, hormon yang mengontrol hal-hal seperti suasana hati, nafsu makan dan siklus tidur dan bangun kita,” kata Houston.

Baca Juga :

Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bantu Usir Hidung Meler dan Batuk Kamu

7 Rahasia Jaga Kesehatan dari Mereka yang Jarang Sakit. Patut Kamu Tahu…

Dalam kondisi ini, kita akan merasa kurang sehat dan bahkan menyebabkan masalah yang lebih besar dalam jangka waktu yang panjang, seperti depresi, penyakit jantung dan diabetes.

Dr. Nerina Ramlakhan, seorang ahli tidur dari Silentnight.co.uk, juga mengatakan kalau terlalu banyak tidur juga bisa mendorong kebiasaan hidup yang buruk, dimana kita akan mengalami kehilangan gairah dalam hidup.

“Jika kamu terlalu banyak tidur, kamu cenderung tidak berolahraga secara teratur dan makan dengan sehat,” katanya.

Bagi kamu yang suka tidur sampai siang, mungkin hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling memainkan peran adalah kondisi kesehatan mental kita.

“Masalah kesehatan mental dapat berdampak besar pada tidur, karena kurang motivasi dan tujuan bersama dengan suasana hati yang rendah, bisa membuat lebih sulit untuk bangun dari tempat tidur,” ucapnya lagi.

Dia juga mengaku, kalau momen Natal juga bisa jadi saat yang mneyedihkan bagi sebagian orang. Dimana ada banyak orang yang mengalami tekanan untuk bisa merasakan kebahagiaan sehingga hal ini menyebabkan semangat hidupnya menjadi rendah. “Banyak orang mencoba untuk melepaskan diri dari perasaan ini dengan tidur berlebihan,” katanya.

Selain itu, alasan kita bisa bangun kesiangan selama Natal bisa terjadi karena perubahan rutinitas. Kurang tidur dan pola tidur yang tidak teratur bisa jadi faktor penyebab utamanya. Lalu bisa juga karena pola makan yang berlebihan dan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol yang merugikan kesehatan.

"Alkohol bisa mempengaruhi arsitektur tidur kita, menyebabkan kita memiliki lebih sedikit tidur REM, tahap tidur nyenyak. Ini akan membuat kita merasa ngantuk dan kita akan berjuang untuk berkonsentrasi di hari berikutnya,” terang Houston.

Supaya tidak terjebak dengan masalah tidur ini, menghindari rencana untuk tidur berlebihan adalah cara terbaik supaya tubuh tetap fit sampai kembali menyambut hari baru untuk bekerja di bulan Januari mendatang. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan selama liburan ini, diantaranya:

1. Buat beberapa tujuan yang jelas. Kalau kamu menyusun resolusi Tahun Baru, sekaranglah saatnya untuk menindaklajutinya. Mungkin hal ini bisa berupa kesehatan, kebugaran atau mungkin liburan yang menyenangkan.

2. Buat rencana yang jelas. Mudah sekali untuk terjebak dalam kebiasaan Natal yang kurang produktif. Akibatnya, kita akan menjadi bosan dan menghabiskan terlalu banyak waktu di depan televisi. Supaya kamu tak terjebak dalam kondisi tak menyenangkan ini, buatlah perencanaan yang matang dan terstruktur dan pastikan energimu bisa terkumpul kembali dengan maksimal.

3. Jaga suasana hatimu. Kamu bisa menjaganya dengan berolahraga yang cukup untuk mengurangi terjadinya perubahan hormon dan berujung pada munculnya depresi dan stress yang berkepanjangan. Cobalah perlu ke luar setiap pagi dan nikmati udara luar nan segar dan sinar matahari yang sehat.

Sumber : Irishexaminer.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us