Lori

Official Writer
926


Di akhir tahun yang dibarengi dengan musim penghujan ini, sistem kekebalan tubuh kita bisa jadi lebih rentan terserang sakit pilek, flu dan infeksi penyakit lainnya.

Kalau tak mau gampang jatuh sakit, ada baiknya belajar menjaga kesehatan dari mereka yang jarang sakit. Rahasianya bahkan terbilang sederhana. Berikut 7 diantaranya:

1. Sering tidur siang

Kurang tidur hanya akan menyebabkan penambahan berat badan dan penurunan sistem kekebalan tubuh, dan peningkatan hormon pemicu stres.

Gene Stone dalam bukunya The Secrets of People Who Never Sick, Mednick menyampaikan bahwa mendapatkan tidur siang sangat bermanfaat menurunkan serangan pilek atau flu. Jam tidur siang yang terbaik bagi kesehatan adalah sekitar jam satu dan tiga sore.

2. Menjauhi kebiasaan minum di malam hari

Ada banyak orang yang keliru dan percaya kalau minum alkohol sebelum tidur akan membuat mereka jauh lebih nyenyak. Faktanya, minum alkohol justru hanya akan mengganggu siklus tidur dan mengganggu kualitas tidur seseorang. Dengan menghindari minum alkohol di malam hari, tubuh akan terhindar dari serangan kuman berbahaya yang disebabkan oleh kandungan yang terdapat di dalam minuman keras.

3. Terbiasa minum teh

Minum the hangat bisa menstimulasi folikel rambut di hidung, mempermudah mengusir kuman bersarang di hidung. Mungkin kamu berpikir kalau minum obat adalah salah satu pilihan untuk meningkatkan kesehatan, tapi sayangnya hal itu gak jauh lebih baik dari membiasakan diri menikmati segelas teh hangat di pagi dan sore hari.

4. Sebisa mungkin tak mau menyentuh wajah

Berhentilah menyentuh wajah kalau tak ingin terserang penyakit. Setiap kali kamu menaruh tangan di wajah, ingatlah kalau kamu ibarat memindahkan kuman berbahaya ke hidung dan mulutmu. Apalagi kalau tanganmu dalam kondisi kotor selepas memencet tombol lift atau memegang benda-benda kotor lainnya.

5. Gemar menyantap makanan kaya protein

Gak heran mereka yang menyantap makanan kaya protein akan jauh lebih sehat dan jarang sakit. Hal ini terjadi karena makanan kaya protein berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cobalah untuk memasukkan makanan yang kaya protein selama setiap makan supaya kamu tak rentan terserang sakit di musim penghujan ini.

6. Selalu menjaga kebersihan tangan

Tangan bisa jadi media penularan penyakit. Apalagi jika seseorang melakukan aktivitas yang berkaitan dengan berbagai benda-benda kotor. Karena itulah, sangat penting untuk tetap menjaga tangan dalam kondisi bersih. Setidaknya kantongilah tissue basah atau hands sanitizer setiap bepergian untuk mempermudahmu menjaga kebersihan tangan kalau-kalau tak menemukan toilet terdekat.

7. Suka menikmati udara bebas

Kalau kamu adalah orang yang gak suka menikmati udara bebas di luar ruangan. Mulai hari ini, cobalah pergi keluar dan jalan-jalan sebentar. Nikmati udara segar dan bebas di luar setelah bangun pagi. Kamu akan merasakan adanya perbedaan terhadap sistem kekebalan tubuhmu.

Buat kamu yang tak mau jatuh sakit di musim liburan ini, ada baiknya mulai menerapkan tips kesehatan di atas ya. Jangan sampai kejadian dulu loh baru mulai mau jaga kesehatan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2