Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
398


Memutuskan menikah muda memang perlu dipikirkan matang-matang. Karena itulah banyak orang takut melangkah ke jenjang ini saat mereka masih berusia sekitar 25 ke bawah. Alasannya banyak, mulai dari menganggap dirinya masih belum cukup umur sampai belum punya kondisi keuangan yang stabil.

Ada juga sejumlah alasan-asalan masuk akal kenapa banyak orang mengurungkan niat untuk nikah muda.

1. Belum siap untuk dewasa sebelum waktunya

Bagaimanapun menikah akan mengubah hidup seseorang sepenuhnya. Saat sudah punya pasangan, suami atau istri harus mulai belajar mengemban tanggung jawab. Mereka juga harus siap menjadi dua insan yang berpikir jauh lebih dewasa dalam mengurus setiap hal dalam rumah tangga mereka.

Jadi, pastinya membayangkan soal hidup bersama sama dengan orang lain, kebanyakan anak muda belum merasa siap menikah dini.

2. Belum punya banyak pengalaman soal hubungan

Mereka yang berusia 20-an berpikir kalau di usia-usia itulah mereka perlu bergaul dan menikmati pacaran masa muda. Jadi, tak pernah terbersit dibenak untuk segera menjalin hubungan yang serius dan segera melangkah ke pernikahan.

3. Takut dengan kata ‘menikah’

Ada banyak anak muda yang merasa takut dan ngeri saat mendengar kata ‘menikah’. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh trauma dari keluarga maupun cerita pasangan yang sudah menikah. Karena itulah mereka berpikir kalau menikah di usia muda adalah sebuah bencana yang akan mereka alami seumur hidup.

Sebenarnya ini adalah masalah waktu dan pehaman saja. Seiring mereka bertumbuh semakin dewasa, mereka akan paham kalau sebenarnya pernikahan itu dirancang oleh Tuhan dengan tujuan yang baik dan indah.

Baca Juga :

Pesan Cinta dari Yohanes 3: 16 yang Harus Diketahui Setiap Pasangan Menikah

Ini Alasan Kenapa Pasangan Menikah Harus Selalu Kenakan Cincin Pernikahannya

4. Kondisi ekonomi yang belum stabil

Salah satu masalah besar yang akan berpengaruh besar dalam pernikahan adalah masalah ekonomi dan keuangan. Jadi, gak heran kalau banyak orang muda berpikir belum siap menikah karena kondisi keuangan mereka yang belum stabil. Apakah itu soal pekerjaan yang belum menetap atau pendapatan yang belum baik.

5. Tak siap menghadapi beragam masalah dalam pernikahan

Pasangan menikah harus siap berkorban dan belajar dewasa satu sama lain. Tapi justru hal inilah yang dianggap cukup rumit dilakukan dalam pernikahan. Banyak yang belum siap untuk bisa menerima pasangannya apa adanya. Dan ini adalah dilema yang bahkan orang-orang yang siap menikah pun tetap hadapi.

Menikah memang adalah pilihan. Dan tak sedikit dari mereka yang memilih menikah muda berhasil dalam pernikahannya. Karena itu, berdoalah dan minta tuntunan Tuhan supaya kamu bisa membawa hidupmu ke jalur yang Tuhan mau saja. Karena menikah hanya bicara waktu dan kalau kamu memang rindu untuk menikah kelak, persiapkanlah dirimu sejak dari sekarang.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us