Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
605


Alkitab memang tak memberitahukan kapan tanggal tepatnya Yesus lahir. Tapi sampai saat ini kita selalu merayakan kelahiranNya setiap tangal 25 Desember.

Di Lukas 3: 23, kita diberitahukan kalau Yesus baru memulai pelayanan-Nya saat berusia 30 tahun. Daniel memberitahu kita kalau tahun pengurapan Kristus akan berlangsung selama tujuh kali 69 tahun atau setara 483 tahun, setelah dekrit yang dikirimkan Ezra ke Yerusalem pada tahun 458 SM (Daniel 9: 25).

Dari perhitungan matematikanya, Daniel memperkirakan Yesus memulai pelayanannya di tahun 26 M. Tahun ini didukung oleh dua tanggal dari Kitab Suci. Yohanes Pembaptis memulai pelayanannya pada tahun ke-15 Tiberius, 25 April (Lukas 3:1) dan Yesus membersihkan bait suci untuk pertama kalinya 46 tahun setelah Herodes merenovasi bait itu pada sekitar abad ke-20 SM (Yohanes 2: 20). Dari sinilah disimpulkan kalau Yesus memulai pelayananNya di usia 30 tahun.

Baca Juga :

4 Tokoh Alkitab Yang Bernubuat Tentang Yesus

Kamu Harus Tahu, Inilah Makna Natal yang Sesungguhnya!

Yesus juga diyakini lahir di musim semi atau musim gugur tahun itu sesuai dengan isi Alkitab yang berkaitan dengan kelahiran Yohanes Pembaptis. Ayah Yohanes, Zakharia adalah anggota dari ordo imam Abia (Lukas 1: 5) yang menurut sumbernya bahwa dia melayani di Bait Suci pada bulan Mei dan November. Malaikat Gabriel menampakkan diri pada Zakharia di bait suci, dan saat dia pulang ke rumah istrinya Elizabeth diperkirakan mengandung Yohanes Pembaptis pada bulan Juni atau Desember, yang akan lahir 9 bulan kemudian tepat di bulan Maret atau September.

Kita tahu kalau Yohanes Pembaptis enam bulan lebih tua dari Yesus (Lukas 1: 26). Jadi bisa dihitung kalau Yesus kemungkinan lahir pada bulan September atau Maret tahun 5 SM.

Untuk memastikan waktu kelahiran Yesus, para ahli kemudian mengandalkan perhitungan astronomi dan sejarah. Saat kelahiran Yesus kita tahu betul kemunculan bintang terang yang menghantarkan orang Majus kepada tempat kelahiran Yesus saat itu. Orang-orang Majus ini bahkan diperkirakan adalah murid-murid Daniel yang bijaksana (Daniel 2: 48). Orang Majus ini pun melakukan perjalanan                                                                                                   untuk menyaksikan bayi Yesus (Matius 2: 1-2).Ketika bintang itu muncul, orang China diperkirakan juga menyaksikannya pada musikm semi tahun 5 SM.

Terhitung dari usia janin Yohanes Pembaptis, dipastikan kalau Maria mengandung pada bulan September tahun 6 SM dan lahir pada bulan Maret tahun 5 SM.

Dari hasil perbincangan Raja Herodes dengan orang Majus itu, ditemukan kalau tanda-tanda alam seperti matahari, bulan dan bintang yang muncul saat kelahiran Yesus sudah dimulai sejak jaman Zakharia pada tahun 7 SM. Orang Majus pun menyampaikan kalau tanda alam ini berkaitan dengan kelahiran sang Mesias yang dinantikan. Karena itulah Raja Herodes memerintahkan untuk membunuh semua anak di bawah dua tahun di Betlehem.

Yosefus memberitahu kita kalau di perayaan Paskah terjadi gerhana bulan dan di akhir tahun itulah Raja Herodes meninggal. Gerhana bulan itu terjadi pada 23 Maret tahun 5 SM. Bulan darah di musim semi tahun 5 SM muncul bersamaan dengan munculnya bintang Betlehem. Hal ini semakin menguatkan perhitungan kelahiran Yesus jatuh pada 23 Maret.

Terlepas dari kapan tanggal kelahiran Yesus yang sebenarnya, semua umat Kristiani di seluruh dunia terus merayakan Natal pada 25 Desember. Dalam perjalanannya, perayaan Advent menjadi salah satu peringatan penting menjelang kelahiran Yesus. Karena hal itu dipercaya sebagai masa ketika tanda-tanda alam seperti bintang dan bulan terjadi.

Orang-orang Romawi Kuno sampai saat ini merayakan Advent beberapa minggu sebelum perayaan besar kelahiran Yesus. Hal ini pun dikaitkan dengan tanda-tanda alam yang mengikuti sebelum kelahiran Yesus.

Sumber : Charismamag.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:04:20

Gembala yang baik

0 Answer

Mery Purangga 18 January 2019 - 04:02:13

Perceraian

0 Answer

Usui_ Takumi 17 January 2019 - 10:23:18

Di bayar utang pada pelanggan rp.200000 pengaruh t.. more..

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7223

advertise with us