Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
3644


Pertanyaan seputar keberadaan Taman Eden ini juga ternyata sudah ada sejak dulu, lho. Di bawah ini merupakan ulasan tentang pendapat dan pandangan mengenai keberadaan Taman Eden. Pada Kejadian 2:13, Sungai Gihon disebutkan mengelilingi tanah Kush, dimana banyak orang yang kemudian beranggapan kalau Gihon terletak di Etiopia.

Namun, kalau Taman Eden memang benar-benar berada di dekat sumber-sumber sungai Tigris dan Efrat, maka pencerita asli di Tanah Kanaan seharusnya sudah mengidentifikasikan lokasinya di sekitar Pegunungan Taurus atau dalam bahasa Turkinya adalah Toros Daglari yang merupakan jajaran gunung di selatan Turki.

Pegunungan Turki membagi wilayah pesisir Mediterania Turki Selatan dari pusat Dataran tinggi Anatolia. Sistem ini terbentang sepanjang kurva dari Danau Egir Dir di barat ke hulu Efrat dan Tigris sungai di timur. Ini adalah bagian dari sabut Alpide di Eurasia.

Pandangan soal ini yang paling umum dipegang oleh John Calvin, sementara pada masa-masa terakhir oleh Friedrich Delitzch. Pandangan tersebut berisi bahwa jika Taman Eden terletak di suatu tempat di Mesopotamia selatan, maka Pison dan Gihon merupakan sungai galian yang menghubungkan Tigris dan Efrat, dimana ini merupakan anak-anak sungai yang menghubungkan keduanya.

Baca juga: Fakta Alkitab: Keberadaan Taman Eden Ada Di Dunia Ini, Benarkah? (Part 1)

Dalam suatu teori lain, Pison merupakan badan sungai dari Teluk Persia ke Laut Merah yang mengelilingi Jazirah Arab. Teori-teori ini mempradalilkan bahwa ke-empat cabang sungai dalam Kejadian 2:10 adalah anak-anak sungai yang bersatu dalam satu aliran utama yang kemudian bermuara di Teluk Persia.

Kejadian air bah pada masa Nuh boleh jadi menimbulkan kerusakan hebat terhadap topografi di daerah Timur. Sehingga tidak memungkinkan kita untuk menentukan lokasi geografis pada zaman purba berdasarkan keadaan yang sekarang.

Tentu saja, jalur-jalur sungai saat ini pastilah telah banyak berubah. Bahkan, beberapa sungai mungkin saja telah hilang sama sekali. Berkaitan dengan Sungai Pison dalam Kejadian 2:11, kita mendapatkan informasi bahwa sungai ini mengalir di tanah Hawila, dimana menurut data Alkitab yang lain, Hawila terletak di daerah Arabia.

Daerah ini menjadi salah satu batasan dari tempat tinggal keturunan Isamel dalam Kejadian 2:18. Saul pernah mengalahkan bangsa Amalek dan menangkap rajanya, yaitu Raja Agag di daerah ini (1 Samuel 15:7).

Berdasarkan semua data yang ada di atas, para ahli mencoba menduga posisi persis dari Taman Eden. Salah satu pandangan yang sekarang cukup populer adalah yang menempatkan Taman Eden di dekat Teluk Persia. Berdasarkan posisi geografis bumi sekarang ini, di Teluk Persialah tiga sungai yang telah kita bahas tadi bertemu.

Seandainya Sungai Pison adalah Teluk Persia itu sendiri, maka kita akan mendapatkan semua sungai di Kejadian 2:10-14 bertemu jadi satu di daerah ini. Walaupun pandangain ini tampak meyakinkan, kita masih belum bisa menerima dengan kepastian yang penuh.

Pandangan di atas menggambarkan keempat sungai di Kejadian 2:10-14 mengalir dan bertemu menuju Taman Eden, dimana gambaran ini tentu bertentangan dengan Kejadian 2:10, dimana setiap sungai yang mengalir tersebut berasal dari Eden.

Karena semua sungai pasti bermuara ke laut, Taman Eden tampaknya tidak mungkin terletak di dekat teluk, karena awal dari keempat sungai itu ada di Taman Eden. Jika memang air bah meliputi seluruh dunia seperti diisyaratkan oleh berita Alkitab, maka ciri-ciri geografis yang akan membantu dalam penjabaran tempat letak Eden harus sudah berubah. Mengingat adanya kemungkinan tersebut, tempat letaknya Eden tetap tidak diketahui .

 

 

Sumber : jc channel

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7276

Banner Mitra September week 3