5 Alasan Kenapa Gereja Itu Berperan Penting Bagi Kehidupan Pernikahan
Sumber: Shutterstock.com

Marriage / 21 November 2018

Kalangan Sendiri

5 Alasan Kenapa Gereja Itu Berperan Penting Bagi Kehidupan Pernikahan

Lori Official Writer
13306

Dalam artikel yang Jawaban.com bagikan berjudul Istri yang Nggak Gereja Bareng Suami CenderungHidupnya Tidak Bahagia?, banyak diantara pembaca yang mengaku tetap bahagia meskipun pasangan mereka jarang atau tak pernah pergi ke gereja. Tapi benarkah jika kebahagiaan pasangan Kristen tidak ditentukan oleh kehidupan rohani mereka?

Dalam sebuah artikel yang diambil dari Crosswalk.com, penulis tertarik membahas soal peran gereja dan kehidupan rohani pasangan menikah terhadap kebahagiaan pasangan menikah. Dalam artikel tersebut dijabarkan 5 peran penting gereja baik bagi pernikahan, diantaranya:

1. Gereja jadi tempat untuk berbagi pengalaman

Gereja menjadi tempat dimana banyak pasangan menikah bisa saling berbagi pengalaman. Karena biasanya setiap gereja punya persekutuan tumbuh bersama yang dibagi sesuai dengan usia dan kebutuhan, mulai dari remaja, pemuda, dan pasangan menikah. Setidaknya komunitas ini bisa kumpul bersama sekali dalam seminggu, sesuai dengan kesediaan waktu dari masing-masing pasangan.

2. Gereja jadi tempat untuk saling mendukung pasangan menikah

Kita semua tau kalau setiap orang punya kesibukannya sendiri. Tapi di tengah kesibukan itu, banyak orang yang benar-benar butuh momen untuk bisa berbagi bersama dengan cara yang mendalam. Di dalam gereja setidaknya mereka yang sedang menghadapi masalah dalam kehidupan pernikahannya bisa berbagi dengan seseorang yang kerohaniannya lebih baik dan bisa dipercaya.

3. Gereja jadi tempat pasangan menikah bisa melayani bersama

Rasul Paulus sering menulis tentang pengalaman dan isi hatinya dengan orang-orang sepelayanannya. Hal serupa juga ditawarkan oleh gereja bagi pasangan suami istri, dimana keduanya bisa saling mendukung dalam pelayanan. Misalnya, suami ambil bagian dalam pelayanan kaum pria dan istri ambil bagian dalam pelayanan sekolah minggu. Dengan ini, keduanya bisa melangkah bersama dalam menjalankan visi Tuhan sehingga hubungan keduanya bisa semakin kuat.

Baca Juga : ‘Get Married, Get Healthy’, Benarkah Pernikahan Bikin Kamu Lebih Sehat? 

4. Gereja menawarkan dukungan doa

Saat salah seorang pasangan di gereja mengalami musibah atau kemalangan, maka semua anggota atau jemaat gereja akan menjadi pendukung setia. Mereka bisa jadi sahabat setia yang memberikan dukungan setidaknya dengan doa.

5. Gereja menjadi tempat saling bertumbuh secara rohani

Gereja adalah tempat bagi pasangan menikah bisa belajar lebih dalam tentang kebenaran firman Tuhan. Ada orang berkata, “menyembah Tuhan bersama-sama adalah cara terbaik untuk menjaga mata rohani kedua pasangan untuk melihat ke arah yang sama”. Seiring dengan keintiman keduanya kepada Tuhan, hidup mereka pun akan semakin bertumbuh dan dipenuhi kasih, kesabaran, pengendalian diri, sukacita serta mudah mengampuni.

Sebagai pasangan yang sudah menikah, menurut kalian apakah gereja benar-benar sudah maksimal menjalankan perannya untuk merangkul pasangan-pasangan menikah di gereja kalian? Atau apakah kalian sudah mendapatkan manfaat yang baik bagi pernikahan kalian dari gereja?


Terakan komentar di kolom komentar jika hendak menanggapi artikel ini. Terima kasih! 

Sumber : Crosswalk.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami