Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
872


Setelah kehilangan suami, Rut mungkin sempat tak lagi kepikiran akan membangun sebuah biduk rumah tangga yang baru. Bisa jadi karena dia tak ingin lagi mengalami kegagalan yang sama.

Di tengah duka cita yang melanda keluarganya dan juga mertuanya Naomi. Rut hanya punya satu-satunya tujuan atas hidupnya yaitu setia merawat mertuanya itu kemanapun dan dimanapun dia berada.

Memang Rut adalah orang Moab, yang kita tahu hampir semua keturunan Moab tidak percaya kepada Tuhan.

Tapi kehadiran Naomi membawa dampak besar bagi hidup Rut. Di Rut 1: 16, dia mengatakan, “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku..”

Satu-satunya keinginan Rut dalam hidup setelah kehilangan suaminya adalah menjadi berguna bagi mertuanya.

Karena itulah sosok Rut dipandang menjadi salah satu wanita yang begitu diteladani di sepanjang kisah Alkitab.

Baca Juga : Menikah Setelah Pasangan Meninggal Dunia, Boleh Gak Sih Menurut Alkitab?

Ada 3 karakter yang dimiliki Rut yang membuatnya pantas disebut istri teladan, diantaranya:

1. Setia

Di berbagai budaya, sangat umum kalau seorang menantu perempuan punya hak untuk meninggalkan mertuanya ketika suaminya meninggal atau menikah lagi. Bahkan Naomi sendirilah yang meminta hal itu kepada kedua menantu perempuannya setelah anak-anaknya meninggal.

Sayangnya, Rut mendesak Naomi untuk tidak mengusir dia. Melainkan menginjinkannya untuk ikut bersama dia punya ke tanah Yehuda.

Nilai seorang perempuan ditentukan dari kesetiaannya. Dan hal inilah yang dimiliki Rut. Bukan hanya setia kepada suami selama dia masih hidup, tapi setelah mengecap status janda pun Rut menunjukkan kesetiaannya kepada mertuanya itu. Tak ada nilai yang lebih tinggi dari kesetiaan yang dicari oleh seorang pria dari wanita. Dan hal inilah yang dilihat Boas dari Rut.

2. Pekerja Keras

Karena Naomi sudah berusia lanjut, maka dia pun berinisiatif untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dengan bekerja. Tanpa rasa malu, Rut pergi ke ladang gandum dan meminta sisa-sisa gandum yang ada di ladang untuk dikumpulkan dan dibawa pulang.

Meskipun dia mendapat belas kasihan dari pemilik ladang yaitu Boas, Rut tetap tak mau duduk diam. Dia sibuk bekerja dan menyaksikan bagaimana Tuhan bekerja di balik kerja keras itu.

Seorang pria mencari wanita yang punya tekad kuat untuk bekerja dan peduli dengan orang-orang terdekat yang dicintainya. Rut bukanlah tipe wanita yang suka menggoda pria lain sekalipun dia adalah wanita berparas cantik. Dia justru sibuk bekerja keras untuk mendapatkan cukup uang untuk menghidupi ibu mertuanya.

3. Mau berterima kasih

Setelah Boas mengamati Rut, dia kemudian mendekatinya dan menunjukkan belas kasihan dan kebaikan kepadanya.

Kebaikan itu pun disambung Rut dengan sikap yang penuh rasa terima kasih. Dan hal inilah yang membuatnya menyadari bahwa Boas adalah sosok pria yang tepat.

Jadi, sangat mudah bagi seorang wanita seperti Rut untuk tahu persis apakah pria yang datang kepadanya adalah pria yang tepat atau tidak. Begitu sebaliknya, pria pun tahu wanita yang tepat melalui sikap penerimaannya.

Cara Rut menanggapi Boas menunjukkan bagaimana perasaannya tentang Boas. “Lalu sujudlah Rut menyembah dengan mukanya sampai ke tanah dan berkata kepadanya: "Mengapakah aku mendapat belas kasihan dari padamu, sehingga tuan memperhatikan aku, padahal aku ini seorang asing?” (Rut 2: 10)

Tentu saja Boas begitu mengagumi sikap wanita itu. Dia juga mengagumi kesetiaan dan dedikasinya kepada ibu mertuanya. Jadi, percayalah bahwa Tuhan akan mengirimkanmu seorang suami yang tepat kalau kamu mau belajar menjadi seperti Rut.

Dan tahukah kamu bagaimana akhir dari kisah Rut? Wanita asal Moab ini akhirnya menikahi pria kaya raya yang akan membebaskan Rut dan Naomi dari kehidupan kritis mereka.

Tuhan memberkati rumah tangga Rut dan Boas dan mengaruniakan mereka seorang putra bernama Obed, yang merupakan bagian dari garis keturunan Yesus Kristus. Bukankah hidup Rut dipakai Tuhan dengan begitu menakjubkan?

Kalau kamu mau mengalami akhir kisah yang manis seperti Rut, mulai hari ini jadilah istri yang setia, pekerja keras dan mau berterima kasih. Jangan pernah membuat suamimu merasa menyesal karena sudah menikahi seorang wanita yang hanya bisa menggerutu, marah, dan yang kebiasaanya menghabiskan uang saja. Biarkan suami, anak dan bahkan orang lain yang mengenalmu mengaku kagum atas nilai-nilai yang ada dalam dirimu.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7220

advertise with us