Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
3149


Seorang wanita yang ditinggal meninggal dunia oleh suaminya tiga tahun silam menyampaikan rasa duka yang masih menyelimuti hatinya. “Kematian menyisakan rasa sakit yang tak bisa disembuhkan. Aku kehilangan suamiku tiga tahun lalu karena kecelakaan mobil. Sejak saat itu, hidup kami tak lagi sama. Dia meninggalkanku dengan empat anak yang selalu merindukannya. Dia adalah satu-satunya sumber kebahagiaanku. Dia adalah ayah yang bekerja keras dan suami yang luar biasa,” katanya.

Dengan usia yang masih terbilang muda, pemikiran untuk menikah kembali masih terus terlintas. Tapi di sisi lain, dia mengaku tak akan bisa menemukan sosok pria yang seperti suaminya.

“Aku tak berpikir bisa jatuh cinta lagi dengan pria lain. Satu-satunya hal yang jadi fokusku adalah membesarkan anak-anakku dan membahagiakan mereka. Hidup sebagai janda memang sulit, tapi aku adalah wanita yang kuat dan terus berjuang untuk menghadapi kehidupan ini,” terangnya.

Ada banyak wanita yang ditinggal meninggal oleh suaminya. Setelah kembali hidup sendiri, sebagian diantaranya memutuskan untuk menikah kembali dan sebagian lainnya memilih hidup menjanda.

Di dalam Alkitab, menikah kembali setelah pasangan meninggal dunia pernah disampaikan oleh Paulus sedikitnya sebanyak dua kali. Salah satunya disebutkan dalam Roma 7: 2-3, “Sebab seorang isteri terikat oleh hukum kepada suaminya selama suaminya itu hidup. Akan tetapi apabila suaminya itu mati, bebaslah ia dari hukum yang mengikatnya kepada suaminya itu.Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi isteri laki-laki lain.”

Paulus juga menyampaikan hal serupa di 1 Korintus 7: 39, “Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya.”

Baca Juga :

Duka Saat Pasangan Meninggal, Sisi Lain Dari Cinta

Kisah Haru Suami Istri yang Menikah Kembali Setelah Kecelakaan Tragis

Apakah hal ini menunjukkan bahwa Tuhan mengijinkan para janda/duda (yang ditinggal meninggal oleh pasangan) menikah kembali? Alkitab memang kebanyakan membahas soal janda dibanding duda. Di 1 Timotius 5: 11-16, Paulus justru lebih menyarankan janda-janda muda untuk menikah lagi daripada mereka harus terperangkap dengan keinginan daging yang menjerumuskan. Di 1 Korintus 7: 39 Paulus menyarankan menikah kembali sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi para janda muda.

Dalam banyak kasus, Alkitab membahas soal nasib janda. Hal ini bisa disebabkan karena budaya hidup orang Yahudi dimana perempuan harus memiliki seorang pelindung semasa hidupnya. Sementara laki-laki dianggap sosok yang kuat.

Alasan lain kenapa Paulus mendorong untuk para janda menikah lagi disebabkan karena di masa itu seorang janda tak mampu menghidupi dirinya dan anak-anaknya tanpa suami (2 Raja-raja 4: 1-7). Menikah kembali dianggap sebagai cara utama bagi janda untuk mendapatkan perlindungan dan mampu membesarkan anak-anaknya.

Alasan ketiga, kenapa janda diijinkan menikah kembali adalah untuk melanjutkan garis keturunan keluarga suami. Dalam budaya Yahudi, wanita yang suaminya meninggal tanpa memiliki anak harus menikah kembali setidaknya kepada saudara laki-laki suaminya dan mendapatkan keturunan.

Tapi bagaimana pun hal ini juga tentu saja berlaku kepada duda yang ditinggal mati oleh istri.  Sama seperti kata Paulus bahwa selama seorang istri terikat hukum kepada suaminya, selama suaminya hidup, maka mereka tak boleh menikah lagi. Hal serupa juga bisa berlaku kepada para duda. Pernikahan kembali diijinkan apabila ikatan suami istri dipatahkan oleh kematian. Pernikahan kembali bebas dilakukan oleh janda dan duda asal dilakukan sesuai dengan perintah Tuhan yaitu menjadi satu tubuh dan tak akan bisa diceraikan oleh manusia (Kejadian 2: 24; Matius 19: 5-6).

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rolansius Lantur 22 September 2018 - 21:44:57

bagaimana kita menemukan ketegangan dalam diri Pau.. more..

0 Answer

Rinanda Damanik 20 September 2018 - 23:46:41

Syalom saat ini saya sangar butuh dukungan doa, Tu.. more..

0 Answer

Farrel Riandsa 20 September 2018 - 19:10:16

dampak jika bertanggung jawab?

0 Answer


Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Goldha Mofu 30 August 2018 - 06:51:51
Kiranya Tuhan Yesus memberikan jawaban dan jalan k... more..

Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Banner Mitra Week 4


7196

advertise with us