Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
411


Suatu kali seorang anggota keluarga terdekat ataupun teman dekatmu meminjam sejumlah uang darimu karena keperluan yang mendesak. Dia memohon supaya dipinjamin dengan iming-iming bakal mengembalikannya dalam waktu cepat. Karena merasa segan menolak, lalu kamupun memberikannya dan percaya saja kalau dia pasti akan membayarnya kemudian.

Sialnya, setelah berbulan-bulan temanmu itu bahkan tak pernah menampakkan dirinya di hadapanmu. Janjinya untuk mengembalikan uangmu sama sekali gak pernah kejadian. Tapi karena hubungan kekeluargamu ataupun pertemananmu, kamu seakan merasa segan untuk menagihnya dan membiarkan saja dengan harapan dia mengingatnya dan mengembalikan uangmu.

Yang pernah berada dalam posisi ini pastilah akan merasa kesal sendiri. Apalagi kalau jumlah uang yang dipinjam terbilang besar. Kamu pasti bakal merasa cemas dan mulai was-was soal cara untuk mengingatkannya.

Saat dalam kondisi ini, kamu pantas melakukan 5 cara ini.

1. Mengingatkan secara halus

Kita juga tak bisa berprasangka buruk. Ada saja orang yang pelupa. Bisa jadi dia adalah salah satunya. Nah, dengan pemikiran inilah kamu bisa mengambil tindakan untuk mengingatkan dia lebih dulu. Mungkin kamu bisa mengingatkannya lewat pesan singkat, email atau membuat janji ketemu. Kalau dia adalah tipe orang yang sensitif, berhati-hatilah untuk memilih kata-kata yang tepat. Mungkin kamu bisa mengingatkannya dengan lelucon atau dengan menceritakan situasimu yang sedang terdesak soal uang.

2. Tawarkan pilihan pembayaran yang dia sanggup lakukan

Kalau ternyata dia gak mengembalikan utangnya karena belum mampu, kamu bisa menawarkan pilihan pembayaran. Misalnya, meminta dia membayarnya dengan cara menyicil atau membayarnya sebagian. Hal ini bukan saja membuatmu tahu soal kondisi keuangannya, tapi dia juga akan lebih terbantu dan tidak lagi merasa tertekan karena utangnya.

Baca Juga :

Tuhan Mau Orang Kristen Berinvestasi dengan 5 Prinsip Alkitab Ini, Yuk Jadi Berkat!

Tuhan Mau Orang Kristen Berinvestasi dengan 5 Prinsip Alkitab Ini, Yuk Jadi Berkat!

3. Jaminkan dengan barang miliknya

Kedengarannya agak seperti rentenir. Tapi cara ini bisa kamu lakukan kalau ternyata sipeminjam uangmu itu ternyata adalah orang yang kurang bertanggung jawab dan tak berniat untuk membayar utangnya. Nah, sebelum terlambat kamulah yang harus lebih dulu tegas kepadanya. Kalau perlu jaminkan uangmu dengan barang berharga miliknya. Selama dia belum membayarkan utangnya, maka barang itu akan jadi hakmu.

4. Kunjungilah dia secara langsung

Mungkin selama ini dia menghindar karena dia tahu kamu sudah menunggu dia untuk membayarkan utangnya. Kalau dia tak menanggapi email, pesan atau panggilanmu, mau gak mau kamu harus menemuinya secara langsung. Bersikaplah ramah dan baik saat kalian bertemu. Tunjukkan padanya kalau dia tak bisa menghindar dari kewajibannya untuk mengembalikan uangmu.

5. Ikhlaskanlah

Sebagai orang percaya, ada banyak dari kita yang pada akhirnya memilih cara kelima ini. Kebanyakan hal ini diambil karena alasan belas kasihan. Apalagi kalau teman atau keluarga yang berutang ke kita dalam kondisi sulit. Seenggaknya kita harus belajar mengikhlaskan uang pinjaman itu sebagai pemberian cuma-cuma.

Sekarang kamu bisa memilih cara mana yang bisa kamu lakukan. Daripada bersungut-sungut sendiri dan berprasangka negatif soal dia, mending melakukan salah satu langkah di atas, bukan?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us