Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
830


Belakangan ini ada banyak pengusaha Kristen yang jatuh dalam bisnis investasi yang merugikan. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi juga gak jadi berkat buat banyak orang.

Padahal sebagai orang Kristen, kita harusnya jadi berkat bukan? Karena itulah Alkitab mengajarkan kita untuk selalu mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan cara pikirnya Tuhan. Bukan cara pikir kita sendiri. Tentu saja Tuhan bekerja bukan hanya dalam urusan rumah tangga kita saja, tapi juga dalam urusan pekerjaan ataupun bisnis kita.

Jadi pertanyaannya, apakah kamu pernah berdiskusi lebih dulu dengan Tuhan sebelum memutuskan akan berinvestasi di sebuah bidang yang kamu geluti?

Tampaknya mungkin kedengaran terlalu Kristen sekali ya. Tapi tahukah kamu kalau Tuhan sendiri punya begitu banyak kunci sukses yang bisa kita terapkan saat kita menjalankan sebuah investasi.

Apakah kamu mau tahu apa saja yang Tuhan mau kamu pahami dan renungkan sebelum menjalankan bisnis mu? Ada 5 ayat Alkitab yang bicara soal cara mengelola investasi yang alkitabiah.

1. Investasi harus untuk tujuan menyenangkan hati Tuhan

“Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” (1 Korintus 10: 31)

Ayat di atas mengingatkan kita bahwa tujuan utama kita untuk berinvestasi untuk memuliakan Tuhan saja. Kenapa? Karena kemuliaan Tuhan jauh melampaui aspek finansial dari sebuah investasi dan bahkan melampaui aspek moralitas dan etika. Berinvestasi demi kemuliaan Tuhan artinya kita harus menjalankannya lebih dari sekadar mencari keuntungan pribadi.

2. Berlaku benar selama menjalani investasi

“Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak tanpa keadilan. “(Amsal 16: 8)

Tak peduli dengan cara apapun, yang penting investasi harus menghasilkan laba sebanyak-banyaknya. Ini adalah prinsip investasi yang ditawarkan dunia. Dan orang Kristen bahkan sudah terkontaminasi dengan prinsip ini.

Sering kali ayat Alkitab dalam Matius 25 yang bicara soal perumpamaan tentang Talenta dijadikan sebagai tameng. Padahal perumpamaan ini sama sekali tak diperuntukkan untuk hal itu. Perumpamaan soal talenta ini justru mengajarkan kita soal bagaimana Tuhan berharap agar kita memakai segala sesuatu yang Dia sudah berikan kepada kita sesuai dengan nilai-nilai-Nya dan kehendak-Nya. Tuhan sama sekali tak peduli dengan jumlah uang yang kita hasilkan di dunia. Dia lebih peduli dengan bagaimana kita menghasilkan uang itu (Amsal 16: 8). Walaupun menghasilkan laba yang besar juga baik, tapi perlu digarisbawahi soal bagaimana kita menghasilkannya.

Apakah kamu menginvestasikan uang mu dengan cara yang salah dan merugikan orang lain, atau didapat dari bisnis haram seperti parktik aborsi, pronografi, perdagangan manusia atau penipuan-penipuan yang merugikan banyak orang. Tentu saja Tuhan tidak sudi menerima hasil investasi kita yang didapat dengan cara yang kotor.

3. Bijak memilih investasi yang tepat

“Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.” (Efesus 5: 11)

Hampir mirip dengan poin kedua. Alkitab mengingatkan kita, sebagai investor, untuk tidak terlibat dalam sebuah investasi yang bertentangan dengan firman Tuhan.

Menginvestasikan uangmu di dalam investasi yang tidak benar tidak akan pernah menghasilkan. Hal ini bukan hanya soal pilihanmu atau prinsipmu semata, tapi semua orang Kristen diperintahkan untuk melakukannya.

Baca Juga :

Percayalah Promosi Itu Datangnya Dari Tuhan! Asal Lakukan Saja 3 Hal Ini

Buat yang Bergaji 3 Jutaan, Kamu Bisa Kog Nabung Sejutaan per Bulan Kalau Lakuin 3 Hal Ini

4. Tuhan berkenan atas hasil investasi yang benar

“Janganlah kaubawa upah sundal atau uang semburit ke dalam rumah TUHAN, Allahmu, untuk menepati salah satu nazar, sebab keduanya itu adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu." (Ulangan 23: 18)

Semua investor Kristen harus tahu bahwa Tuhan gak hanya benci dengan uang yang didapat dari bisnis haram. Tapi bagi Tuhan uang itu hanya akan jadi jerat dosa. Karena itulah Tuhan melarang uang yang diperoleh dari dosa untuk dipersembahkan ke rumah Tuhan dan diberikan sebagai persembahan. Hal ini bukan bicara soal jumlahnya, tapi soal kebenaranNya.

5. Jadikanlah investasi sebagai hadiah yang menyenangkan hati Tuhan

“Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.” (Matius 25: 21)

Ayat ini adalah satu-satunya penyemangat bagi kita dalam menjalankan investasi. Kenapa? Karena Tuhan akan sangat disenangkan ketika kita mempersembahkan hasil kerja keras yang kita lakukan dengan benar. Tuhan senang kepada mereka yang setia menaati perintah Tuhan. Kesetiaan Tuhan tidak diukur lewat uang, tapi lewat seberapa taat kita melakukan firmanNya.

Jadi, kalau kamu mau bisnismu diberkati berinvestasilah dengan cara yang adil dan di dalam investasi yang berdampak bagi kehidupan banyak orang.

“Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini. Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.” (1 Yohanes 4: 17-19)

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:06:32

peran roh kudus dalam kehidupan manusia

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us