Ini Alasan Kenapa Orang Jepang Punya Toilet Tercanggih dan Terbersih di Dunia
Sumber: Medium.com

Health / 24 October 2018

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Kenapa Orang Jepang Punya Toilet Tercanggih dan Terbersih di Dunia

Lori Official Writer
3037

Sebagian negara, termasuk Indonesia adalah negara yang terbilang cukup abai dengan kebersihan toilet umumnya. Penulis sendiri punya banyak pengalaman gak mengenakkan saat masuk ke toilet-toilet umum di Indonesia. Meski kebanyakan toilet ditagih biaya pemakaian, namun banyak diantaranya yang justru abai dengan kebersihannya. Ada begitu banyak sampah, lantai dan airnya yang kotor dan bahkan tercium bau-bau yang tak mengenakkan.

Hal ini berbeda jauh dengan kondisi toilet di Jepang. Sebagai salah satu negara tujuan wisata favorit, pemerintah Jepang sadar betul bahwa toilet adalah salah satu fasilitas yang bisa menarik perhatian wisatawan domestic maupun mancanegara. Karena itulah hampir semua toilet di Jepang bersih dan terawat sehingga para wisatawan jauh lebih nyaman dan betah tinggal di negara ini. Yang paling menarik adalah tak satupun toilet di sana yang mengenakan bayaran.

Rata-rata wilayah yang sering dikunjungi wisatawan akan menyediakan toilet yang bukan hanya nyaman saja, tapi juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Termasuk toilet di dalam bus dan kereta jarak jauh.

Pentingnya keberadaan toilet bersih dan fungsional di berbagai tempat di Jepang mendorong negara ini menyediakan fasilitas toilet sesuai dengan kebutuhan penggunanya.  Mulai dari toilet gaya Jepang, gaya barat dan toilet multi fungsi ada di sana.

Ketiga jenis toilet ini pun memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti toilet jepang pada umumnya merupakan toilet tradisional yang digunakan di rumah-rumah. Bentuknya seperti mangkuk mirip seperti toilet jongkok.

Untuk toilet multi fungsi biasanya diperuntukkan bagi mereka yang memakai kursi roda, yang membawa balita, penderita lumpuh dan yang mengalami kendala-kendala fisik lainnya.

Bagi perempuan yang butuh toilet bersih, orang Jepang juga menyediakan aplikasi bernama Koisuru Map atau Peta Cinta. Aplikasi ini berisi daftar salon kuku, kafe dan letak toilet bersih. Misalnya, apakah ada ruang dandan, stop kontak, ataupun fasilitas ganti popok bayi.

Bagi kamu yang menyaksikan langsung toilet Jepang pasti bertanya-tanya, “Kenapa negara yang satu ini sangat menjaga kebersihan dan kenyamanan toiletnya?” Selain sebagai daya tarik bagi wisatanya, alasan terbesarnya adalah bahwa orang Jepang percaya kalau ada dewa yang berjaga di toilet.

Jangan heran kalau inilah alasan kenapa pemerintah Jepang mengadakan ajang lomba toilet atau Japan Toilet Awards setiap tahunnya. Ajang ini memperlombakan toilet terbaik dan ternyaman sekaligus dijadikan sebagai kampanye untuk meningkatkan kualitas hidup lewat menjaga kebersihan toilet. Jadi, gak perlu kaget kalau toilet umum di Jepang selalu bersih dan selalu dilengkapi dengan fasilitas lain seperti tisu, westafel dan bahkan pemutar musik.

Kita patut mengakui kalau Jepang bukan hanya negara begitu berkembang secara teknologi, tapi juga negara yang begitu peduli dengan hal-hal kecil seperti urusan toilet.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami