Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
493


Prenuptial Agreement atau Janji Pranikah merupakan sebuah perjanjia yang dibuat oleh pasangan sebelum sah menjadi suami istri. Perjanjian ini mengikat kedua calon mempelai karena di dalamnya berisi soal ketetapan yang sangat jelas tentang pembagian harta masing-masing atau juga kedua belah pihak secara bersama-sama.

Ada banyak orang yang berpikir kalau mereka yang membuat janji pranikah ini seolah bertujuan untuk mempersiapkan akan adanya perceraian setelah menikah. Tapi sebenarnya, manfaat janji pranikah ini sangat menguntungkan bagi pasangan menikah loh.

Perjanjian ini juga penting dibuat sebelum menikah untuk memperjelas harta, hak dan juga kewajiban pasangan suami istri. Selain itu beberapa hal ini juga jadi keuntungannya:

1. Bisa melindungi suami istri dari beban hutang pasangan

Tak semata sebagai bukti pembagian harta kedua belah pihak, tapi janji pranikah juga penting untuk melindungi suami istri dari beban utang pasangan masing-masing. Contoh kasus lain seperti melindungi keuangan suami dari keteledoran istri dalam membelanjakan uang. Apalagi bagi suami yang punya bisnis pribadi, sangat perlu bagi istri tahu soal alokasi keuangan suami.

2. Membantu suami istri berbagi kewajiban masing-masing

Bukan hanya untuk mengatur keuangan, tapi janji pranikah juga bisa untuk membantu pasangan berbagi kewajiban rumah tangga. Misalnya, suami bertanggung jawab untuk membiayai sekolah anak sepenuhnya. Atau istri tetap boleh bekerja asalkan setelah menikah dia tidak mengabaikan tanggung jawab sebagai istri dan juga ibu rumah tangga.

Baca Juga :

Ini Alasan Kenapa Pasangan Butuh Konseling Pranikah

Terlambat! Pasutri Sesalkan Tidak Periksa Kesehatan Saat Pranikah

3. Sepakat soal urusan anak

Setelah menikah, suami istri pastinya akan dikarunia anak. Nah, soal urusan anak pasangan menikah juga perlu bersepakat. Misalnya, sepakat punya anak berapa, mampu menerima anak apapun jenis kelaminnya dan kondisinya. Atau suami istri juga perlu sepakat soal bagaimana masa depan anak ke depannya.

4. Melindungi harta pasangan jika menikah dengan warga asing

Keuntungan lainnya dari janji pranikah ini adalah untuk melindungi para wanita yang menikah dengan pria asing. Karena jika seorang wanita menikah dengan pria asing, otomatis semua aset yang dia punya akan menjadi aset bersama. Karena kepala keluarga adalah pihak laki-laki, jadi sang suamilah yang akan jadi pemilik dari seluruh aset istrinya. Jadi supaya setelah menikah pasangan tak lagi perlu mempermasalahkan soal harta, janji pranikah jelas perlu dibuat.

Nah, yang perlu kamu tahu lagi janji pranikah ini gak bisa jadi alasan buat pasangan suami istri bercerai kalau salah satu pihak melanggar. Paling gak, masalah itu bisa dibicarakan lebih dulu lewat mediasi kedua belah pihak.

Gimana? Apa kalian adalah salah satu pasangan yang membuat janji pranikah? Kamu bisa sharing loh soal keuntungan yang kamu dapat lewat perjanjian ini loh bareng Jawaban.com.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

RY 14 January 2019 - 21:25:16

Sex

0 Answer

Aditya Putra 14 January 2019 - 16:43:50

Untuk belajar sekar alit atau macapat pertama kali.. more..

0 Answer

delsinsarlin hotan 13 January 2019 - 19:24:39

LDR

0 Answer


ROTH GERENEMUS K A U 5 January 2019 - 15:20:01
Saya mohon bantuan doa ny, krna sy mengalami pergo... more..

chintya agustin sulistiani 15 December 2018 - 12:51:18
Tolong bantu doa saya. Saya mau ikut Yesus, tapi k... more..

chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Banner Mitra Week 2


7224

advertise with us