Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
336


Bagi seorang penyanyi, seperti song leader atau worship leader, suara adalah segalanya. Ketika tubuh kurang fit, otomatis suara juga jadi ikut berpengaruh. Bahkan, nggak cuma bernyanyi, saat suara hilang, kita juga jadi nggak nyaman saat bicara. Sejak kecil, kita sudah terbiasa untuk mengungkapkan ekspresi melalui suara.

Bagi sebagian orang, suara adalah segalanya. Khususnya buat kita yang berprofesi sebagai guru, dosen, MC, penyanyi, dan pekerjaan yang mengandalkan suara lainnya. Tanpa disadari, kita sering melakukan kebiasaan yang bisa membahayakan organ suara kita.

Untuk itu, yuk jaga kualitas suara, terlebih kalau kita bekerja dengan mengandalkan suara seperti MC atau penyanyi lewat beberapa cara di bawah ini.

1. Biasakan untuk penuhi kebutuhan cairan kita

Ada baiknya kalau kita meneguk air putih setiap harinya. Selain sehat, air bisa membuat vokal suara yang bergetar sangat cepat jadi tetap berpelumas. Selain lewat air putih, kita juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, pir atau melon.

2. Istirahatkan suara