Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
413


Dampak polusi udara bagi kesehatan bisa terjadi dengan cara yang berbeda kepada setiap orang. Contohnya, seseorang yang sehat secara fisik bisa mengalami dampak dari polusi udara ini dalam jangka waktu yang panjang sejak terpapar. Sementara mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti jantung atau pernafasan, akan jauh lebih rentan mengalami gejala kesehatan bahkan ketika terpapar polusi udara dalam jumlah yang sangat kecil.

Semakin lama paparan polusi udara terjadi, semakin serius pula masalah kesehatan yang dialami seseorang. Kondisi ini bahkan bisa menyebabkan kasus kematian loh. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak dan orangtua jauh lebih rentan terserang penyakit tertentu akibat polusi udara. Hal ini terjadi karena sistem imunnya jauh lebih rendah.

Nah, kalau di artikel sebelumnya sudah dipaparkan tentang beberapa efek berbahaya dari polusi udara. Maka efek-efek lain yang tak kalah berbahayanya juga akan di bahas seperti dijelaskan di bawah ini.

5. Melemahkan Tulang

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Planetary Health menemukan kalau paparan polusi udara yang cukup tinggi atau hidup di wilayah yang kerap terkepung asap bisa berdampak buruk bagi tulang. Studi ini mengungkapkan kalau gangguan tulang seperti kondisi osteoporosis bisa disebabkan oleh polusi udara. Kondisi ini terjadi karena masuknya zat racun seperti udara kotor yang mengandung karbon ke dalam tubuh. Zat inilah yang mengendap di dalam tubuh dan menyebabkan keropos tulang.

Baca Juga :

7 Penyakit Serius yang Disebabkan Oleh Polusi Udara (Bagian 1)

Kurangi Polusi Udara, Nigeria Tutup Puluhan Rumah Ibadah Ini

6. Menyebabkan Migraine

Migraine atau pusing kepala sebelah adalah kondisi kesehatan yang terbilang biasa terjadi dan bisa menyerang siapa saja. Gejala dari migrain ini sendiri bisa berupa mual, kelelahan dan sebagainya.

Namun dari hasil penelitian dari Pusat Kesehatan Hartford menemukan bahwa orang-orang yang tinggal di wilayah pabrik dimana udaranya sudah tercemar bisa mengalami masalah migraine jauh lebih sering dibandingkan dengan mereka yang tinggal di wilayah yang asri dan sejuk.

Migraine ini bisa terjadi karena racun yang terkandung dalam udara kotor ketika terhirup akan memicu ketidakseimbangan hormon dan berujung pada serangan migraine.

7. Kerusakan Pada Ginjal

Kalau polusi udara seringnya dikaitkan dengan penyebab masalah pernafasan dan kerusakan paru-paru, maka kita harus tahu tentang fakta lainnya. Bahwa polusi udara rupanya juga bisa membahayakan ginjal. Dalam studi yang dilakukan di Washington School of Medicine pada tahun 2004, ditemukan bahwa sebanyak 2.5 juta orang menderita ginjal rupanya disebabkan oleh paparan udara kotor.

Kondisi ini terjadi karena ginjal akan bekerja lebih ekstra untuk membuang semua racun yang masuk ke dalam tubuh setelah seseorang menghirup udara tercemar. Saat ginjal terus melakukan hal itu, maka perlahan-lahan kerja ginjal akan melemah dan berujung pada kerusakan yang fatal.

Apakah kamu salah satunya yang tinggal atau kerap beraktivitas di lingkungan yang terpapar polusi udara? Pertolongan pertama yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan yang lebih parah adalah dengan menggunakan alat pelindung seperti masker saat hendak keluar rumah atau beraktivitas di luar. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kondisi kebersihan di sekitarmu, termasuk memastikan benda-benda yang kamu pegang tidak terpapar oleh udara yang sudah tercemar.

Namun, jika kamu merasa mengalami gejala-gejala penyakit seperti di atas, segeralah berkonsultasi dengan dokter dan dapatkan perawatan yang tepat. Hal ini berguna untuk mencegah risiko penyakit yang lebih parah.

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

john barnes 19 November 2018 - 09:51:28

siapakah diri kita

0 Answer

john barnes 19 November 2018 - 09:48:05

kebaikan Tuhan

0 Answer

Sony Wuisang 19 November 2018 - 06:59:46

Pelayanan anak

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us