Tak Harus Jadi Pendeta, Inilah 3 Jalan Membuat Pernikahanmu Menjadi Pelayanan!

Tak Harus Jadi Pendeta, Inilah 3 Jalan Membuat Pernikahanmu Menjadi Pelayanan!

Naomii Simbolon Official Writer
1695

Untuk menjadi pelayan berarti harus melayani. Benar bukan?

Tuhan akan menempatkan kita di sebuah tempat dimana kita akan melayani dan menjadi berkat. Tuhan menempatkan saya dan kamu di rumah kamu, di kantor saat ini dan dimanapun untuk menjadi berkat. Setuju?

Adalah salah jika kita menganggap bahwa pelayan Kristen hanyalah jika kita berdiri sebagai pendeta, atau misionaris. Kebenarannya adalah kapan pun, dan dimana pun seorang Kristen melayani itu artinya dia adalah pelayan Kristen.

Pelayanan kamu nggak tebatas oleh apapun, bahkan pasanganmu sendiri tetapi tentu saja bahwa pasanganmu adalah salah satu orang yang harus kamu layani.

Tuhan nggak meninggalkan kita untuk berjuang dalam pelayanan itu sendiri. Dia bersama kita dan di dalam kita dan bekerja melalui kita. Tuhan pasti akan membantu, tapi kita harus mengijinkan Dia melakukan kehendakNya.

Membangun, mendorong pasangan kamu dan melayani dia akan membantu dirimu sendiri. Hubungan pernikahan kamu akan menjadi menyenangkan jika pasangan merasa diberkati, dicintai dan dimotivasi.

Mungkin beberapa di antara kamu mendambakan sebuah pernikahan yang baik dan menjadi inspirasi bagi banyak orang dan berkat buat pernikahan lainnya. namun kini sedang bertanya "bagaimana memulai" atau "bagaimana memperbaikinya."

Salah satu hal yang harus dilakukan oleh kalian sebagai pasangan adalah, mengikuti Yesus bukan untuk kesenangan diri sendiri tetapi benar-benar menyerahkan semua harapan akan keadaan normal sebagaimana dunia definisikan. Berdiri dan pikirkan bahwa Allah memanggil kamu berdua sebagai pasangan untuk mengalami kasih karuniaNya dan memperluas kemuliaanNya melalui pernikahanmu.

Sebuah kapal aman di pelabuhan, tapi itu bukanlah tujuan dari sebuah kapal. Jadi, kita perlu menjalankan kapal, untuk keluar ke laut lepas, meskipun badainya lebih besar tapi itulah tujuan kita.

So, gimana kita bisa melayani dan menjadi berkat melalui pernikahan kita?

Keluar dari zona aman, keluar dari rutinitas biasa!

Mulailah berdoa, minta Tuhan untuk memberi kamu visi bagi pelayanan dalam pernikahan yang selaras dengan Firman Allah.

Mintalah kepada Tuhan agar Dia mengungkapkan pasangan-pasangan lain untuk bergabung dengan kamu dan memimpin mereka.

Kembangkan visi kalian tersebut untuk pelayanan pernikahan.

Tuhan ingin menggunakan  pernikahan kamu untuk memuliakan Dia dengan banyak cara. Tentu saja, kamu dan pasanganmu perlu berdoa dan memahami apa yang Tuhan panggil untuk kalian berdua lakukan secara pribadi.

Mungkin beberapa contoh di bawah ini bisa menginspirasi :

1. Menjadi mentor bagi para single

Saat mempersiapkan pernikahan, pasangan perlu belajar prinsip-prinsip mengenai tujuan Allah untuk pernikahan dan tentang gimana mempertahankan hubungan yang solid.

Mempersiapkan orang untuk menikah nggak hanya akan fokus pada pasangan yang terlibat di gereja atau komunitas kamu, tapi juga bagi para lajang yang punya harapan untuk menikah suatu hari nanti.

2. Jadilah mentor bagi pasangan yang lebih muda

Yap, misalnya pasangan yang baru menikah. Mereka yang menikah kurang lebih 5 tahun perlu memahami rancangan Allah untuk pernikahan dan gimana hal itu mengharuskan mereka untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Jika kamu dan pasangan memimpin pasangan dengan cara yang disengaja dan konsisten membangun ke dalam pernikahan mereka, maka mereka cenderung lebih mampu untuk bertahan ketika sesuatu yang nggak begitu baik menggoncang pernikahan mereka.

3. Menjadi pemimpin untuk kelompok kecil yang berpasangan

Dalam hal ini, fokusnya adalah untuk memperkaya semua pernikahan. Selain itu, komunitas atau kelompok kecil kamu juga harus berfungsi sebagai sistem pendukung. Usahakan pasangan lain juga memperhatikan pasangan lainnya yang sedang berjuang dalam pernikahan mereka.

Ketika kamu memulai sebuah pelayanan dalam pernikahan, kamu mungkin akan menemukan diri kamu nggak mampu mendukung semua pernikahan tersebut dalam krisis, maka kamu bisa merujuk pasangan tersebut ke konselor Kristen terdekat. Jangan merasa bahwa kamu harus melakukan semuanya sendirian.

Ketika kita hidup untuk Tuhan kita  maka itu berarti kita menjadi pelayan untuk mengabarkan InjilNya.

Kamu dan pasangan nggak harus jadi pendeta berlisensi kok, kita semua adalah pendeta awam Kristus. Pelayanan adalah hasil dari pengenalan kamu dengan Allah secara intim.

Saya merindukukan semua pernikahan-pernikahan Kristen benar-benar menjadi berkat dan dampak buat banyak pernikahan lainnya bahkan anak-anaknya sendiri. Kita dipanggil untuk saling mengasihi dalam pernikahan dan mengakhiri misi dengan baik!

Mari selami panggilan kita dan hidup dalam Kristus dan mengubah dunia melalui pekerjaan yang Dia lakukan dalam hidup kita. Apakah kamu mau?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami