Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2193


Akan ada masanya bagi setiap orang merasa sedang berada di titik terendah kehidupan. Bahkan Ayub sendiri pernah mengalami kejatuhan dalam hidupnya setelah Tuhan mengijinkan si iblis mengujinya. Kondisi yang sama pastinya juga bisa kita alami, apalagi dalam kehidupan berumah tangga. Kalau bukan kamu bisa saja pasanganmu juga sedang goyah dalam iman karena satu dan lain hal.

Apakah kamu melihat adanya perubahan drastis terjadi pada pasanganmu, terutama dalam kehidupan kerohaniannya. Misalnya, sudah mulai malas ke gereja, suka minum-minuman, merokok, malas berdoa atau membaca Alkitab.

Saat pasanganmu sedang berada di titik ini, kamu mungkin sulit memposisikan diri. Di satu sisi kamu berpikir kalau dia mungkin butuh waktu sendiri. Dan di sisi lain kamu ingin sekali membantunya. Tapai caranya kamu belum tahu pasti bagaimana.

Saat kamu sedang menghadapi hal ini, ingatlah kalau fokusmu harusnya bukan pada perubahan sikap dan perilaku pasangan yang menganggumu. Tapi kamu harus tetap fokus kepada Tuhan dan meminta pertolongan kepadaNya. Tuhan memanggil kita masing-masing untuk saling membantu. Hal yang sama juga berlaku untuk pasangan kita.

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk menolong pasanganmu adalah mendoakannya. Mulailah dengan memuji Tuhan dan berdoa supaya kehendakNya terjadi atas suami/istrimu. Dengan membawanya di dalam doamu, kamu sudah mempersenjatai pernikahanmu dengan firman Tuhan dan berinvestasi di dalam alam roh.

Ada 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendukung pasanganmu di tengah guncangan iman yang dialaminya.

Langkah 1: Berdoa Bersama

Doa benar-benar berkuasa. Saat kamu dan pasanganmu berdoa bersama, kekuatan doa meningkat secara singnifikan dan hal itu bisa bermanfaat bagi hubungan kalian.

1 Yohanes 5: 14-15 meyakinkan kita kalau kapanpun kita meminta sesuatu sesuai dengan kehendakNya, Dia akan mendengar doa kita. Dan kalau kita tahu bahwa Dia mendengar permintaan kita, kita tahu kalau kita sudah mendapatkannya.

“Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepada-Nya.” 1 Yohanes 5: 14-15

Langkah 2: Doakan Sendirilah Pasanganmu

Aku sangat menyarankan kalian untuk menonton film Kristen berjudul ‘War Room’. Di film ini, kalian akan takjub dengan cara kerja doa. Seorang istri bernama Elizabeth harus berperang dalam doa-doanya di ruangan kecil miliknya setelah tahu kalau suaminya selingkuh. Setelah mendoakan suaminya selama beberapa waktu, kamu pasti gak akan begitu saja percaya. Coba tebak, suaminya mulai sadar akan tindakannya. Dia minta maaf dan sejak saat itu dia mulai rajin lagi berdoa dan ke gereja bersama istri dan anaknya.

Baca Juga :

Pernikahan Itu Harus Dibangun di Atas Doa, 25 Ayat Alkitab Ini Bisa Jadi Doa Untuk Suamimu

Nonton Film Bisa Selamatkan Pernikahanmu Loh! Nah, 5 Film Ini Wajib Suami Istri Tonton

Langkah 3: Berdoalah Dengan Membaca Firman Tuhan

Berdoa dalam diam memang tetap punya kuasa. Tapi saat kita menerakan firman Tuhan dalam doa kita, dalam artian memperkatakan firman juga, maka kekuatan doa itu akan dua kali lipat. Jadi, mulailah mengundang Roh Kudus untuk menaruh ayat firman apa yang harus kamu perkatakan dalam doamu. Setelah kamu merasa Roh Kudus menggerakkanmu memperkatakannya, ucapkanlah itu dengan keras dan deklarasikan bahwa firman itu akan terjadi pada suami/istrimu.

Langkah 4: Berdoalah Untuk Mencari Kehendak Tuhan

Kalau biasanya doa kita hanya berpusat pada apa yang kita suka saja, maka Tuhan pun akan menjawab doa sesuai dengan minat-nya dan kehendak-Nya dalam hidup kita. Alkitab adalah satu-satunya sumber yang akan memberitahu kita tentang kehendakNya.

Jadi, mintalah Tuhan mengungkapkan kehendak-Nya dan pengetahuan-Nya supaya kamu bisa tahu persis apa yang sedang dibutuhkan pasanganmu. Atau supaya kamu tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk membantu pasanganmu bangkit kembali.

“Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus...” Efesus 6: 18

Setiap kita harus terus berjaga-jaga dalam doa. Termasuk seorang istri untuk suaminya atau sebaliknya. Saat suamimu sedang berjuang, mintalah pertolongan dari Tuhan. Berdoalah dengan sungguh supaya dia kembali mengalami penyegaran baru dari Tuhan.

Doamu gak perlu panjang atau harus dengan kata-kata yang indah. Tapi utarakanlah setiap keinginanmu dengan tulus dan terbuka dihadapan Tuhan.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok