Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

believers24

Official Writer
373


Teknologi informasi sudah begitu cepat dan masuk ke dalam lingkungan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Masa sekarang, anak-anak yang berumur kurang dari tiga tahun sudah bisa menggunakan telepon pintar (smartphone) atau tablet. Beberapa pakar keluarga bahkan mengaku arus teknologi super cepat ini tidak dapat ditahan. Lalu bagaimana kita, para orang Kristen menyikapinya?

Salah satu masalah yang ditakuti dari arus deras teknologi informasi adalah sangat mudah ditemukannya konten-konten yang tidak seharusnya ditonton oleh anak-anak. Ini sangat wajar karena kita pasti ingin anak kita berkembang dengan sehat bukan hanya secara fisik, tetapi juga jiwa dan rohani.

Buat kamu para orangtua Kristen, berikut ini adalah tiga (3) tips yang bisa diterapkan kepada anak-anak kala mendidik mereka soal berinternet:

1. Ajarkan bahwa Tuhan menciptakan mata untuk melihat hal-hal yang baik dan benar.

Kita sudah sama-sama meyakini bahwa sedari anak memang perlu diajarkan soal Tuhan. Ini penting karena itu akan membangkitkan kesadarannya bahwa ada Tuhan yang Maha Besar yang adalah pencipta manusia yang melihat kita di bumi.

Walau masih berusia dini, tetapi anak sudah bisa ditanamkan pengajaran bahwa mata ini diciptakan oleh Tuhan untuk melihat hal-hal yang baik dan benar. Mata tidak diciptakan untuk melihat hal-hal yang buruk.

Jika tidak sengaja melihat hal-hal buruk di saat berinternet maka katakan bahwa untuk segera menutup situs tersebut meski tidak ada ayah-ibu.


2. Ajarkan bahwa iblis selalu ingin menghancurkan manusia dan membuat kita jauh dari Tuhan.

Saat mengajarkan soal Tuhan kepada anak maka kita perlu mengajarkan soal iblis bahwa ia sudah dikalahkan ribuan tahun lalu. Namun begitu, iblis dan teman-temannya masih terus mengganggu manusia dan ingin menghancurkan manusia dengan cara membuat kita jauh dari Tuhan.

Cara yang sekarang dilakukan oleh iblis untuk menghancurkan manusia adalah lewat konten-konten yang buruk bagi manusia yang terpampang di dunia internet. Kita jangan sampai ditipu oleh iblis karena tujuan iblis adalah memang ingin membuat kita menderita.

3. Katakan bahwa inilah situs-situs yang positif dan menyenangkan. 

Segala sesuatu pasti ada awalnya. Saat anak sudah mulai tertarik dengan dunia maya maka kita sebagai orangtua perlu memperkenalkannya dengan baik. Caranya adalah dengan menemani dan menunjukkan situs-situs positif dan menyenangkan baginya. Ada ribuan situs yang cocok bagi anak-anak. Mulai dari yang temanya permainan sampai dengan memadupadankan permainan dengan kerohanian. Perkenalkan itu kepada mereka dan tunjukkan juga betapa antusiasnya kamu dan pasangan ketika membuka situs-situs itu. Lambat laun dengan kesetiaan untuk memberitahukan dan menunjukkan maka sang buah hati kita akan otomatis membuka situs-situs itu meski tanpa kita temani.  

Baca Juga: Siaran Pers PGI: Gereja Harus Berada di Baris Terdepan Dalam Upaya Perlindungan Anak

Selain menerapkan tiga tips di atas, kita sebagai orangtua juga bisa melakukan tindakan preventif lainnya yakni dengan menyaring mesin pencari maupun memaksimalkan content advisor yang ada di browser sehingga anak tidak terpapar dengan konten-konten yang merusak diri mereka. Sambil melakukan apa yang bisa dilakukan, kita tetap terus bawa anak kita ke dalam doa. Mari perkatakan bahwa anak kita adalah anak yang sehat secara jasmani, jiwani, dan rohani; anak kita adalah anak yang takut akan Tuhan; sistem kerajaan Allah menjadi sistem di dalam dirinya.

Selamat mempraktikkan!

Sumber : Jawaban.Com; internetsehat.id

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erwin Julio 16 August 2018 - 09:19:44

Putus cinta

0 Answer

Kefas Yonas 16 August 2018 - 02:13:34

shalom , apakah tanya tentang wetong kepada orang .. more..

0 Answer

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7189

Gempa Lombok