Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
1611


Gak ada yang tahu pasti kenapa Yesus harus melakukan mujizat pertamaNya di pesta nikah di Kana (Yohanes 2: 1-11). Tapi dengan melakukan beberapa penelaahan Alkitab, kita bisa mengumpulkan data tentang apa yang sebenarnya terjadi saat peristiwa itu terjadi.

“Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.” Yohanes 2: 1-2

Dari ayat ini, kita bisa menafsirkan kalau keluarga Yesus punya hubungan dekat dengan pasangan mempelai. Fakta pertama adalah kalau ibu Yesus, Maria juga datang di pesta itu. Kedua, Maria bahkan terlibat dalam kesibukan menyediakan anggur untuk para tamu. Fakta selanjutnya membuktikan kalau semua keluarga Yesus juga turut hadir di pernikahan itu karena setelah acara selesai saudara-saudara Yesus turut ikut bersama dengan Dia ke Kapernaum (Yohanes 2: 13).

Kita bisa bilang kalau mempelai yang menikah itu adalah kerabat dekat Yesus atau keluarga dekatnya. Hubungan dekat itulah yang jadi alasan kenapa Yesus harus hadir di sana dan pada akhirnya melakukan mujizat pertamaNya di sana.

Salah satu pertimbangannya adalah karena kehormatan. Di masa itu, kehormatan keluarga sangat penting. Pernikahan biasanya berlangsung selama tujuh hari. Selama itulah, keluarga mempelai harus menyediakan makanan dan anggur untuk dihidangkan bagi para tamu yang hadir. Kebetulan, persediaan anggur di pesta nikah kali itu sudah sangat menipis. Sementara masih banyak tamu yang hadir. Kalau saja para tamu tak kebagian anggur saat itu, bisa jadi nama baik keluarga mempelailah yang akan tercoreng.

Baca Juga : Ini Arti dari Ucapan ‘Jangan Mencemari Tempat Tidurmu’ di Ibrani 13, Yang Nikah Perlu Baca

Untuk menghindari hal itu terjadi, Maria akhirnya membujuk Yesus untuk melakukan mujizatnya. Dia meyakinkan bahwa nama baik keluarga sedang dipertaruhkan dalam situasi itu dan Yesus harus segera bertindak.

Seperti kita tahu, pelayanan Yesus sudah dimulai sejak Dia sudah menerima baptisan dari Yohanes Pembaptis (Matius 3: 16-17; Markus 1: 9-12). Sementara pernikahan itu berlangsung kurang dari sebulan kemudian setelah Yesus mengumpulkan separuh dari murid-muridNya (Yohanes 1: 43). Walaupun Dia belum pernah melakukan mujizat di depan umum, tapi Maria merasa kalau putranya itu sudah siap untuk menunjukkan siapa diriNya yang sebenarnya.

Yang menarik dari mujizat Yesus yang pertama ini adalah Dia rupanya membuat anggur dengan kualitas terbaik yang pernah ada (Yohanes 2: 10). Kualitas anggur itu bahkan membuat sang tuan rumah takjub. Mujizat itu juga membuat murid-muridNya terkesan dengan kemampuan ilahi yang ada di dalam diri Yesus sehingga mereka semakin percaya untuk mau mengikut Dia (Yesaya 46: 4; Matius 6: 8).

Mujizat Yesus dengan mengubah air menjadi anggur mungkin adalah tanda yang paling signifikan dari keilahianNya. Yeremia sendiri sudah menubuatkan hal ini bahwa kehadiran Yesus akan membuat banyak orang bersukacita karena sang mesias melakukan mujizat-mujizat yang menakjubkan (Yeremia 31: 12). Amos sendiri mengatakan kalau Israel akan menanam kebun anggur dan meminum anggur mereka (Amos 9: 14).

Sementara fakta lain yang harus kita garis bawahi dari mujizat pernikahan di Kana juga gak kalah penting. Bagi pernikahan sendiri, Yesus membuktikan kalau kehadiran-Nya jadi awal sejarah dari disahkannya pernikahan. Dengan kata lain, Yesus memateraikan pernikahan untuk pertama kalinya dengan mujizat-Nya. Cinta dan sukacita yang melekat dalam sebuah pernikahan adalah karakteristik pelayanan Yesus.

Dia sendiri mencoba untuk menyampaikan bahwa Dia datang karena cinta (Yohanes 3: 16) dan membawa sukacita bagi semua orang yang percaya (Lukas 2: 10). Yesus juga memilih pernikahan di Kana sebagai tempat melakukan mujizat pertamaNya karena pernikahan adalah hal yang umum dilakukan di setiap budaya. Dia mau supaya semua pasangan suami istri percaya bahwa bersama dengan Yesus perjalanan pernikahan akan selalu diberkati, bahkan dalam situasi paling buruk sekalipun seperti kekurangan anggur, kondisi ekonomi yang mengkhawatirkan dan sebagainya.

Dengan kemampuan supranatural-Nya, Yesus mau supaya kita selalu percaya kepada Dia. Di kehidupan kita sehari-hari pun Dia mau melakukan mujizatNya buat kita.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Fir Daus 11 December 2018 - 09:14:14

sebutkan ukuran kertas yang bisa digunakan dalam m.. more..

0 Answer

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

1 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer


chintya agustin sulistiani 11 December 2018 - 05:02:40
I am a Muslim, butI believe this December I will s... more..

sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Banner Mitra Week 2


7226

Superyouth